Karakteristik Negara Finlandia – Penduduk – Budaya – Fakta Uniknya

Negara FinlandiaNegara yang termasuk ke dalam benua Eropa ini berada di bagian paling utara bumi serta terletak di antara dua negara yakni Negara Swedia dan Negara Rusia dengan ibu kota Helsinki. Untuk bahasa resmi negara Finlandia terdapat dua bahasa yaitu bahasa Finlandia dan Swedia. Luas negara Finlandia sekitar 338.424 km2, tidak heran jika Finlandia berada diurutan kedelapan sebagai negara terbesar di Benua Eropa. Keunikan yang dimiliki oleh Finlandia yaitu terdapat ribuan danau atau tepatnya 187.888 buah danau , salah satu danau terbesar di sini bernama Danau Saimaa yang masuk urutan kelima sebagai danau terluas di Eropa.

Hampir sebagian besar tanah yang berada di Finlandia berbentuk datar dan bukit di beberapa bagian, serta terdapat puncak tertinggi bernama Haltitunturi dengan tinggi mencapai 1.328 meter di atas permukaan luat. Tidak hanya itu saja, hampir sebagian besar kenampakan alam Finlandia berupa hutan pinus (sekitar 68%) dan hanya sedikit tanah subur. Tidak hanya itu saja ternyata Finlandia juga sama seperti Indonesia, memiliki beberapa pulau yang jika dihitung berjumlah 179.584 pulau. Sebagian besar pulau ini berada di barat daya yang merupakan bagian dari Kepulauan Åland hingga sepanjang tepi pantai sebelah selatan Teluk Finlandia.

Iklim di negara Finlandia terbagi menjadi dua jenis yaitu iklim menengah utara di bagian selatan dan iklim subarktik yang mendominasi untuk Finlandia bagian utara di mana iklim ini memiliki ciri khas yakni sangat dingin saat musim dingin dan terasa hangat saat musim panas. Tidak hanya itu saja, seperempat negara Finlandia berada di lingkaran Arktik sehingga negara ini mengalami fenomena alam yaitu fenomena midnight sun di mana matahari tidak terbenam meskipun telah berada di tengah malam terutama saat musim panas tiba.

Penduduk dan Budaya Negara Finlandia

Penduduk di negara Finlandia terkenal sebagai orang paling bahagia di dunia di tahun 2019. Dengan jumlah penduduk mencapai 5,513 juta di tahun 2018 dan luas wilayah mencapai 338.145 km persegi, ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa masyarakat Finladia memiliki tingkat kebahagian teratas di dunia yaitu:

  1. Mempunyai Ekonomi Yang Kuat

Negara terkaya bukan menjadi jaminan masyarakatnya merasa bahagia, yang terpenting adalah tentang bagaimana negara tersebut dapat menjaga kestabilan ekonomi global. Finlandia mengalami kemerosotan ekonomi beberapa kali, namun berhasil bangkit dengan cepat. Tercatat hanya sekitar 6% dari populasi Finlandia yang hidup dalam kemiskinan serta jumlah pekerja miskin terendah di UE. Untuk mengatasi kemerosotan tersebut pemerintah menaikkan pajak tinggi kepada warganya. Uang pajak tersebut benar – benar dimanfaatkan untuk diinvestasikan dalam menjalankan seluruh program sosial seperti layanan kesehatan gratis, pendidikan tinggi gratis, pengangguran hingga kotak bayi gratis untuk setiap bayi yang baru lahir di Finlandia.

  1. Korupsi Rendah

Untuk tingkat korupsi di pemerintahan termasuk terendah bahkan di tingkat kepolisian. Tidak heran jika polisi di Finlandia terkenal sebagai polisi yang paling terpercaya di dunia. Bahkan berdasarkan hasil survei tidak ada tindakan korupsi serta kekerasan di lembaga kepolisian. Korupsi, penipuan, penyalahgunaan jabatan hingga pengelapan sangat jarang terjadi di Finlandia.

  1. Kebebasan Berpendapat

Masyarakat Finlandia bebas melakukan apapun termasuk dalam hal memilih pemimpinnya. Bahkan bagi para imigran yang datang ke Finlandia, mereka mendapat kebebasan secara fisik hal ini didukung dari banyaknya ruang terbuka, kebebasan secara sosial berdasarkan undang – undang. Maka tidak heran jika Finlandia menjadi tempat yang aman untuk didatangi oleh para imigran dari berbagai negara di seluruh dunia.

Meskipun termasuk negara paling bahagia di dunia, tidak serta merta membuat negara ini terbebas dari masalah salah satunya tingkat populasi. Tingkat kelahiran di Finlandia mengalami penurunan dari 1,87 di tahun 2010 menjadi 1,43 pada tahun 2018. Hal ini tentunya akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan dari sistem negara, sebab sangat berpengaruh pada pembayaran pajak di masa yang akan datang untuk menanggung generasi berusia lanjut. Bisa jadi ke depannya jumlah orang yang bekerja akan menanggung beban yang lebih besar dari orang yang tidak bekerja.

Di balik itu semua ada beberapa kebudayaan khas yang hanya dilakukan oleh hampir sebagian besar masyarakat Finlandia antara lain:

  1. Melakukan Sauna

Bagi masyarakat Finlandia, sauna adalah salah satu kegiatan sakral dan sangat penting. Sauna menjadi tempat paling baik untuk bercerita terutama masalah pribadi karena dianggap tempat paling aman dan privat. Masyarakat Finlandia melakukan sauna setidaknya seminggu sekali, maka tidak heran jika setiap rumah ataupun apartemen yang terdapat di sana memiliki ruang sauna. Di dalam ruang sauna juga bisa menjadi tempat negosiasi bisnis, tidak heran jika di gedung parlemen Finlandia terdapat fasilitas ruang sauna.

  1. Hobi Membaca

Meskipun teknologi telah maju serta kemudahan dalam mengakses internet tidak perlu diragukan lagi kecepatannya, sebagian besar penduduk Finlandia masih menjaga tradisi terutama dalam hal membaca. Mereka akan pergi ke perpustakaan di sekitar tempat tinggal mereka hanya untuk membaca buku di sana. Perpustakaan jutru terlihat ramai didatangi oleh pengunjung baik muda maupun tua saat akhir pekan tiba. Hal ini didukung dari tingkat kesadaran masyarakatnya yang tinggi akan membaca, tidak heran jika Finlandia menjadi negara dengan tingkat bebas buta huruf hampir 100%.

  1. Terorganisir

Mayoritas masyarakat Finlandia tergabung dalam asosiasi baik itu formal maupun informal. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam menyalurkan hobi mereka seperti olahraga, memancing dan lain sebagainya. Meskipun pada awalnya asosiasi tersebut hanya terdiri dari dua hingga tiga orang saja yang melakukan pertemuan santai, mereka tidak ragu untuk mendaftarkan perkumpulan tersebut kepada dinas setempat. Hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Finlandia yang gemar keteraturan dan terorganisir.

Fakta – Fakta Negara Finlandia

  1. Terkenal Dengan Ketepatan Waktu (On Time)

Jika sedang membuat janji, masyarakat Finlandia akan datang sesuai dengan waktu perjanjian. Jika mengalami keterlambatan mereka akan memberi tahu terlebih dahulu dengan memberikan estimasi waktu keterlambatannya. Bagi masyarakat Finlandia waktu adalah segalanya dan mereka tidak akan membuang waktu untuk hal yang tidak penting. Sebab waktu yang terbuang tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

  1. Tempat Melihat Aurora Borealis

Untuk menyaksikan The Magical Lantern atau Aurora Borealis bisa dilakukan di Finlandia bagian utara saat musim gugur dan musim dingin. Aurora di sini terlihat sangat cantik dengan perpaduan warna merah, hijau, violet, jingga bahkan putih. Setiap tahun, negara ini akan banyak dikunjungi oleh turis mancanegara untuk melihat fenomena alam yang hanya terjadi saat musim gugur dan musim dingin saja.

  1. Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik

Sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai sistem pendidikan di negara ini. Anak – anak di Finlandia mulai duduk di bangku sekolah sejak berumur 7 tahun. Waktu belajar anak sekolah dimulai dari berangkat pukul 8 dan pulang pada pukul 1 atau 2 siang, sedangkan pekerjaan rumah (PR) atau ujian sangat jarang diberikan terutama bagi yang masih anak – anak. Sehingga anak – anak tidak mengalami kelelahan hanya untuk belajar saja. Sedangkan pada sore hari anak – anak akan melanjutkan kegiatannya dengan aktivitas fisik seperti berkuda, bermain bola dan lain sebagainya. Tidak heran jika sebagian besar masyarakat Finlandia gemar berolahraga.

  1. Penggemar Kopi

Hampir sebagian besar masyarakat di seluruh dunia gemar mengkonsumsi kopi terutama saat melakukan pembicaraan santai dengan kerabat, begitupun dengan masyarakat di Finlandia. Berdasarkan penelitian masyarakat Finlandia mengkonsumsi kopi lebih dari satu cangkir sehari atau dapat menghabiskan berkilo – kilo kopi tepatnya 12 kilo kopi dalam satu tahun.

  1. Tempat Lomba Terunik

Di Finlandia terkenal akan kompetisi terunik dan aneh di dunia seperti lomba melempar handphone, lomba melempar sepatu boots hingga lomba menggendong istri. Lomba menggendong istri inilah yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya. Para suami akan berlomba – lomba menggendong istrinya untuk melewati berbagai medan yang sudah disediakan hingga mencapai garis finish dalam waktu tercepat. Pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa bir seberat istri pemenang.

Itulah beberapa hal mengenai negara Finlandia. Semoga informasi ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial