Musim Gugur : Pengertian – Karakteristik – Waktu Terjadinya

Tidak setiap tempat di planet bumi ini memiliki iklim yang sama. Tidak seperti di Indonesia, ada beberapa negara yang mempunyai 4 musim berbeda di sepanjang tahunnya. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pergerakan bumi mengelilingi matahari atau bisa dikenal dengan sebutan revolusi bumi. Bumi juga berputar pada porosnya akan tetapi lebih miring sekitar 23,5 derajat dari sumbu pusatnya. Akibatnya ada saat di mana bumi bagian selatan lebih banyak mendapatkan sinar matahari dibandingkan dengan belahan bumi di bagian utara, serta sebaliknya bumi bagian utara lebih banyak menerima sinar matahari dari pada bumi di bagian selatan.

Akibat dari perbedaan penyinaran matahari tersebut, bumi memiliki 4 musim. Terutama wilayah – wilayah yang berada di iklim sedang hingga dingin. Sedangkan wilayah yang berada di kawasan khatulistiwa hanya memiliki 2 musim saja yaitu musim hujan dan musim kemarau. Dan 4 musim yang dimaksud antara lain musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Setiap musim memiliki ciri atau karakteristik yang berbeda – beda, seperti musim semi yang memunculkan berbagai macam bunga dan tunas daun baru, tidak hanya musim semi saja terdapat musim gugur yang tidak kalah indah dan cantik. Untuk lebih mengetahui berbagai jenis musim yang ada di dunia ini, kali ini akan dibahas dan dijelaskan secara terperinci mengenai apa itu musim gugur. Yuk kita simak!

Pengertian Musim Gugur

Musim gugur hanya terjadi di belahan bumi bagian utara dan selatan saja, atau di wilayah yang mempunyai 4 musim. Musim gugur terjadi di setiap tahun tepatnya antara musim panas dan musim dingin. Di saat yang sama, suhu perlahan – lahan akan mengalami penurunan. Dalam bahasa Inggris musim gugur dikenal dengan nama Autumn sedangkan di Amerika Serikat lebih dikenal dengan sebutan fall sebab saat musim ini sebagian besar daun – daun di pohon akan jatuh atau gugur.

Pada bumi bagian utara, musim gugur terjadi antara equinox musim gugur yaitu tanggal 22 atau 23 September dan titik balik matahari pada musim dingin yaitu tanggal 21 atau 22 Desember. Sedangkan pada bumi bagian selatan, musim gugur terjadi pada tanggal 20 atau 21 Maret hingga 21 atau 22 Juni. Bagi masyarakat yang tinggal di benua Eropa, musim gugur erat kaitannya dengan kegiatan panen. Banyak hewan juga mengumpulkan makanan pada musim ini sebagai cadangan makanan selama musim dingin berlangsung.

Karakteristik Musim Gugur

  1. Sama seperti musim semi, saat terjadi equinox musim gugur di hari pertama, durasi siang hari akan sama lamanya saat malam hari. Sebab, pada hari itu, posisi matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa atau di antara bumi bagian utara dan bumi bagian selatan.
  2. Selama musim gugur berlangsung, waktu di siang hari akan lebih cepat dibandingkan dengan waktu di malam hari.
  3. Banyak tumbuhan yang mulai layu dan rontok.
  4. Saat musim gugur, daun – daun akan berubah warna menjadi kuning, orange, merah dan lain sebagainya. Saat musim semi dan musim panas, sebagian besar daun berwarna hijau karena adanya klorofil di dalamnya. Namun, saat tiba musim gugur di mana sinar matahari lebih lemah dan tidak bersinar lama, perlahan klorofil pada daun berkurang dan akhirnya mengubah warna daun menjadi warna lain.
  5. Suhu saat musim gugur berkisar 60% dingin dan 40% terasa panas, sebab sinar matahari tidak berlangsung lama dan cuaca cenderung terkesan gelap.
  6. Sering terjadi hujan namun tidak deras, saat di awal musim gugur banyak kabut yang muncul di pagi hari.
  7. Musim gugur menjadi waktunya bagi burung – burung untuk bermigrasi. Kebanyakan burung akan pergi menuju tempat yang lebih hangat untuk menghindari cuaca dingin.
  8. Banyak hewan seperti tupai akan mengumpulkan makanan selama musim gugur untuk persiapan menghadapi musim dingin. Jika terlihat tupai muncul saat musim dingin, mereka sedang mengambil makanan yang sudah mereka kumpulkan dari tumpukan salju.
  9. Beberapa hewan akan makan lebih banyak untuk persiapan hibernasi saat musim dingin tiba seperti beruang.

Waktu Terjadinya Musim Gugur

Waktu terjadinya musim gugur berbeda – beda di setiap tempat, hal ini tergantung dari fenomena equinox. Di Eropa atau belahan bumi bagian utara, musim gugur mulai terjadi sejak tanggal 23 September dan berakhir pada tanggal 21 Desember. Meskipun begitu, ada beberapa negara yang berakhir lebih awal dengan ditandainya turun hujan salju pertama.

Mengapa bisa demikian? Jadi sama halnya dengan musim semi, perhitungan waktu untuk musim gugur juga terbagi menjadi 2 macam yaitu berdasarkan kalender astronomi yaitu dengan perhitungan benda – benda langit, musim gugur terjadi sejak tanggal 23 September hingga 23 Desember. Serta musim gugur dihitung berdasarkan meteorologi ini dikaitkan dengan temperatur, uap air dan tekanan udara, musim gugur dimulai sejak tanggal 1 September sampai dengan 1 Desember. Sedangkan pada belahan bumi bagian selatan, musim gugur dimulai dari tanggal 21 Maret sampai dengan tanggal 21 Juni atau 1 Maret hingga 31 Maret jika berdasarkan pada perhitungan meteorologi.

Negara – Negara Yang Mengalami Musim Gugur

  1. Siapa yang tidak kenal dengan negara yang memakai daun maple di benderanya. Kanada akan menjadi tempat yang indah untuk dikunjungi saat musim gugur. Daun – daun maple berubah warna menjadi kuning, merah hingga keemasan yang cantik, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk menikmati musim gugur di negara ini.
  2. Tempat yang tepat untuk menikmati musim gugur di kota Paris yaitu dengan menyelusuri Jardin du Luxembourg dan Parc des Buttes Chaumount. Saat musim gugur tiba, Paris tergolong kota yang sepi penggunjung, sehingga lebih leluasa untuk menikmati musim gugur di negara ini.
  3. Negara yang terkenal dengan bunga sakuranya ini ternyata juga terlihat cantik saat musim gugur tiba. Pohon momijigari menjadi salah satu pohon yang akan berubah warna daunnya menjadi berwarna kuning hingga merah saat musim gugur. Dan tempat yang tepat untuk bisa menikmati keindahan musim gugur yaitu di Kyoto.
  4. Selandia Baru. Belahan bumi bagian selatan tidak kalah indahnya saat musim gugur tiba. Musim gugur dapat dinikmati di Selandia Baru saat bulan April dan tempat yang tepat untuk bisa menikmatinya antara lain berada di Lembah Waitaki, Tekapo dan Otago Tengah.

Itulah tadi informasi mengenai musim gugur. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Iklim
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!