Hujan Salju: Pengertian, Proses Terjadinya, Manfaat dan Akibatnya

Iklim merupakan keadaan rata- rata suhu muka bumi yang berlangsung pada waktu lama dan meliputi wilayah yang sangat luas. Wilayah yang sangat luas ini biasanya meliputi suatu negara atau bahkan regional dari suatu benua di dunia. Seperti iklim di Indonesia yang sama dengan iklim di Malaysia dan juga beberapa negara tetangga lainnya. Iklim ini merupakan salah satu penentu adanya cuaca atau musim yang berganti- ganti di daerah tersebut. Berdasarkan jenisnya iklim ini dibedakan menjadi dua yaitu iklim matahari dan iklim fisis.

Iklim matahari merupkan iklim yang didasarkan [ada letak suatu tempat pada garis lintang. Ilim ini dibagi menjadi empat yaitu iklim tropis, sub tropis, sedang dan dingin. Sementara iklim fisis merupakan iklim yang didasarkan pada aktivitas angin darat dan angin laut. Iklim fisis ini terdiri dari iklim laut, iklim gurun, iklim kontinental dan lain sebagainya. Masing- masing iklim ini memiliki keistimewaannya masing- masing. Bagi negara yang memiliki iklim tropis, maka ia hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Sementara bagi wilayah yang memiliki iklim sub tropis dan sedang maka akan memiliki empat musim, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi.

Empat Musim

Empat musim banyak dialami negara- negara di dunia kecuali yang beriklim tropis. Empat musim ini  memiliki keistimewaannya masing- masing karena pemandangan dan juga keadaan yang ditimbulkannya cukup berdampak bagi aktivitas manusia. Musim panas adalah suatu musim dimana pada saat itu matahari bersinar cukup terik di negara beriklim non tropis. Musim gugur merupakan keadaan dimana daun- daun di pohon akan berubah menjadi kuning, merah kemudian coklat dan akan berguguran sehingga pohon- pohon akan meranggas. Musim dingin adalah musim dimana hujan akan turun dan bahkan salju yang turun. Dan musim semi merupakan musim dimana daun- daun akan bersemi di pohon dan bunga- bunga akan bermekaran. Pada kesempatan kali ini kita akan berbicara ebih lanjut mengenai sebiah musim dan aktivitas yang ditimbulkannya, yakni musim dingin dengan hujan saljunya.

Hujan Salju

saljuSalju merupakan benda padat yang terbuat dari air yang membeku sehingga bisa kita sebut sebagai es. Biasanya salju akan turun ketika musim dingin tiba. hujan salju berarti hujan yang terjadi bukan menurunkan air namun menurunkan salju. Hujan salju adalah fenomena yang jarang terjadi pada waktu satu tahun di wilayah non tropis tentunya. Hujan salju tidak datang setiap waktu, namun hanya datang ketika musim dingin tiba. hujan salju bisa berlangsung lama maupun sebentar. Suhu ketika hujan salju pun juga beragam.

 

Proses Terjadinya Hujan Salju

Hujan salju merupakan fenomena alam yang bisa terjadi karena sesuatu hal. Hujan salju bisa terjadi karena sesuatu hal dan ini membutuhkan suatu proses hingga terjadi hujan salju yang sesungguhnya. Hujan salju diawali dengan adanya pembentukan salju karena salju merupakan komponen utama yang menyebabkan adanya hujan salju. Oke, supaya lebih kronologis kita akan jelaskan dalam poin- point berikut ini:

  • Sumber air yang ada di bumi terkena sinar matahari sehingga menguap
  • Uap air tersebut berkumpul ke atmosfer Bumi
  • Kumpulan uap air tersebut mendingin hingga mencapai titik kondsensasi (temperatur dimana gas berubah wujud menjadi cair atau padat) dan membentuk awan
  • Ketika pembentukan awan, massanya jauh lebih kecil dari massa udara sehingga awan tersebut mengaoung di udara
  • Uap air terus bertambah sehingga massanya pun juga bertambah, sehingga ketika udara tidak kuat lagi maka awan tersebut akan pecah dengan menyebarkan partikel- partikel air yang sifatnya murni (belum terkontaminasi oleh partikel lain)
  • Air murni tidak langsung membeku pada suhu 0 derajat Celcius. Untuk membuat asir murni beku dibutuhkan temperatur lebih rendah dari 0 derajat Celcius yang berada tepat di bawah awan
  • Untuk membentuk salju, ternyata tidak hanya diperlukan temperatur rendah saja, ketika partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara maka air tersebut akan terkotori oleh partikel- partikel lain yang berfungsi mempercepat pembekuan dan perekat antar uap air sehingga partikel air yang sudah tidak murni akan bergabung dengan partikel lainnya membentuk es yang lebih besar
  • Apabila temperatur udara tidak sampai melelehkan kristal es tersebut maka kristal es akan jauh ke tanah, dan inilah yang kita sebut dengan salju.

Nah itulah proses terjadinya hujan salju. Hujan salju selalu dimulai dengan terbentuknya kristal es. Untuk hujan kristal es yang lebih besar kita menamakannya hujan es, hal ini terjadi ketika temperatur sangat rendah. Kristal salju memiliki keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan kristal es. Keunikan salju terletak pada bentuknya yang selalu beda antara satu dengan lainnya, seperti halnya sidik jari manusia. Bahkan kita tidak bisa membayangkan berapa jumlah salju yang turun semenjak bumi tercipta hingga saat ini dan masing- masing memiliki struktur yang berbeda. Luar biasa. Selain dari bentuknya, salju pun unik bila dilihat dari warnanya yang putih bersih dan seakan- akan menimbulkan cahaya yang menebar ke segala arah.

Manfaat Hujan Salju

Hujan salju merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di kawasan yang memiliki musim dingin. Hujan salju memberikan berbagai dampak baik dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positif dari hujan salju ini kita anggap sebagai manfaat hujan salju. Tentu saja salju memiliki manfaat karena ketika salju turun banyak orang yang merasa bahagia. Salju berbeda dengan es, sehingga hujan salju dan hujan es pun juga berbeda. Keping salju lebih ringan daripada butiran es dan mengandung lebih bnyak udara yang terjaring di dalamnya, sementara es sendiri lebih berat karena kandungan air nya yang banyak. Selain itu, salju juga berbeda dengan embun beku yang biasa t eAdapun beberapa manfaat yang dapat ditimbulkan dari hujan salju antara lain sebagai berikut:

  1. Membantu tanaman

Salah satu manfaat yang ditimbulkan oleh salju adalah dapat melindungi tanaman. Salju dapat melindungi tanaman dari embun beku yang sering menyerang tanaman dan juga tanah. Tanaman yang biasa terserang adalah gandum (karena di negara bermusim dingin biasanya menanam gandum). Dengan adalanya salju maka tanaman bisa terlindungi dari embun beku.


  1. Sebagai tempat bermain

Manfaat lain dari salju yang tidak terelakkan lagi adalah sebagai tempat bermain. Biasanya anak- anak akan sangat menyukai salju karena mereka akan mendapatkan permainan baru dari salju. Hujan salju akan menghasilkan banyak salju yang bertumpuk- tumpuk. Salju yang bertumbuk merupakan bantalan yang empuk seperti kasur sehingga aman untuk digunakan berguling- guling, selain itu terkena salju juga tidak akan langsung basah seperti terkena es. Kasur yang terbuat dari salju ini merupakan tempat bermain yang nyaman dan luas. Selain itu salju biasanya digunakan untuk permainan bola salju, membuat manusia salju, membuat rumah- rumahan dari salju dan lain sebagainya.

  1. Tempat wisata musiman

Ketka terjadi hujan salju maka akan banyak tempat wisata baru yang dibuka. Tempat wisata ini bisa saja kesehariannnya merupakan tempat umum atau tempat yang biasa saja, dan tidak digunakan apa- apa. Namun ketika salju turun tempat ini mendadak jadi tempat wisata yang ramai. Sebagai contoh adalah bukit atau gudukan yang tertutup salju bisa digunakan sebagai arena ski. Selain itu danau yang membeku bisa digunaan sebagai arena ice skating.

Nah itulah beberapa manfaat dari adanya salju yang diturunkan dari hujan salju. Selain memiliki manfaat, hujan salju juga akan mendatangkan dampak negatif yang akan kita bahas berikut ini.

Akibat Hujan Salju

Hujan salju selain memberikan manfaat ternyata juga memberikan beberapa dampak yang bersifat negatif. Beberapa dampak negatif tersebut mungkin tidak langsung terasa dan mungkin saja hanya dirasakan oleh beberapa orang saja. Beberapa dampak negatif atau akibat dari adanya hujan salju antara lain sebagai berikut:

  • Menghambat perjalanan

Salah satu dampak negatif dari hujan salju adalah dapat menghambat perjalanan masyarakat. Hal ini terjadi apabila salju yang turun sangat banyak dan membuat gundukan salju yang menutupi jalanan. Untuk dapat dilewati maka salju harus dibersihkan terlebih dahulu.

  • Menyebabkan longsor

Gundukan salju terkadang akan menimbulkan longsor. Longsor ini akan terjadi ketika banyak salju yang bergundukan. Saat salju yang banyak dan tidak kuat lagi yang menampungnya maka hal ini akan menimbulkan longsor.

  • Mengisolasi suatu tempat

Salju yang terlalu tebal juga akan menimbulkan kendala dalam mengakses suatu tempat. Hal ini membuat suatu tempat menjadi terisolasi dan sulit dijangkau oleh banyak orang.


  • Menyebabkan berbagai kerusakan fasilitas umum

Hujan salju yang besar juga bisa merobohkan fasilitas umum, seperti tiang listrik dan sebagainya.

  • Terkadang menimbulkan badai

Hujan salju terkadang juga akan menimbulkan badai. Badai ini akan menyebabkan kerusakan berbagai fasilitas dan terkadang menimbulkan korban jiwa.

Nah itulah beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh hujan salju. Salju ternyata juga bisa menimbulkan manfaat dan juga bencana. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Fenomena Alam