Satelit Asterix: Pengertian dan Fungsinya

Alam raya menyimpan begitu banyak rahasia yang tidak banyak diketahui olh umat manusia. salah satu rahasia yang disimpan oleh alam adalah di luar angkasa atau sistem tata surya. Tidak banyak hal- hal yang manusia ketahui tentang luar angkasa hingga teknologi dan pemikiran para ilmuwan muncul mengeluarkan suatu argumen yang disertai dengan penjelasan ilmiah. Dari itulah manusia mengetahui sedikit demi sedikit tentang planet, komet, asteroid hingga mengapa bumi melakukan revolusi bumi dan rotasi bumi. Dari pelajaran itulah manusia juga mengetahui bahwa ada banyak sekali benda0 benda luar angkasa selain bumi, bulan dan matahari.

Satelit sebagai benda langit

Berbicara mengenai benda- benda luar angkasa, salah satu yang dapat kita temukan adalah satelit. Apa itu satelit? Satelit merupakan benda langit yang keberadaannya mengorbit pada suatu planet. Setuap planet hampir memiliki satelitnya masig- masing yang jumlahnya berbeda- beda antara satu dengan lainnya, ada palet yang memiliki lebih dari saru satelit namun ada ula yang memiliki hanya satu atau bahkan tidak memiliki. Satelit yang alami keberadaannya di langit ita sebut dengan satelit alam. Selain satelit alam, ada pula satelit buatan yang dibuat oleh manusia. satelit buatan tentu hanya ada di sekitar bumi. Satelit ini dibuat berdasarkan kepentinga tertentu seperti untuk berkomunikasi, memancarkan gelombang radio, telepon dan televisi.

Satelit Asterix

Berbicara mengenai satelit, ada salah satu satelit yang namanya cukup asing yaitu satelit asterik. Pada kesempatan kali ini kita akan berbicara lebih lanjut dan lebih dalam mengenai satelit asterix ini, yaitu mengenai pengertian dan juga fungsi- fungsinya.

Pengertian Satelit Asterix

asterixSatelit Asterix merupakan sebuah satelit buatan yang berasal dari Bumi. Satelit buatan merupakan satelit yang sengaja dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk memudahkan aktivitas manusia karena memiliki fungsi tertentu. Satelit Asterix merupakan satelit pertama buatan Perancis yang diluncurkan pada tanggal 26 November tahun 1965. Satelit buatan biasanya diluncurkan dengan pesawat jenis tertentu yaitu roket. Satelit Asterix sendiri diluncurkan dengan menggunakan roket tipa A dari Diammant Hammaguir di sebuah tempat di Aljazair, Timur Tengah (yang pada saat itu telah memperoleh kemerdekaan dari Perancis). Nama saltelit ini sendiri sebenarnya bukan Asterix. Satelit ini pada awalnya ditunjuk A-1 yakni sebagai satelit pertama Angkatan Darat Perancis, lalu berganti nama menjadi Asterix setelah populernya nama tokoh kartun asal Perancis yaitu Asterix si manusia roket.

Orbit Satelit Asterix

Siapa bilang satelit buatan tidak memiliki orbit? Satelit buatan pun memiliki orbit. Nah, satelit Asterix merupakan jenis satelit yang memiliki orbit cukup tinggi hingga tidak memasuki lapisan atmosfer Bumi lagi. Pada saat itu Perancis menjadi negara ketiga yang memiliki proyek luar angkasa. Hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan mengingat teknologi pada saat itu belum terlalu canggih apabila dibandingkan dengan sekarang.

Fungsi Satelit Asterix

Satelit buatan merupakan benda luar angkasa yang sengaja dibuat oleh manusia untuk tujuan tertentu. satelit buatan biasanya dibuat oleh manusia untuk kepentingan komunikasi dan juga hal- hal lain yang berkaitan dengan masyarakat luas. Demikian halnya dengan satelit lainnya, satelit Asterix memiliki berbagai fungsi atau manfaat. Fungsi atau manfaat yang dimiliki oleh satelit Asterix adalah untuk mengeksplorasi luar angsaka. Maksudnya adalah satelit ini bertugas untuk melakukan penjelajahan di luar angkasa dan untuk memperoleh informasi mengenai objek- objek yang ada di luar angkasa. Objek atau temuan yang dihasilkan oleh satelit eksplor luar angkasa ini akan digunakan untuk penelitian selanjutnya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya satelit- satelit buatan manusia ini memiliki berbagai tujuan. Beberapa satelit buatan beserta manfaatnya antara lain sebagai berikut:

  • Ada satelit yang gunanya untuk mengemabangkan sistem komunikasi,
  • Ada satelit pengeksplor bumi,
  • Ada satelit yang digunakan untuk melihat cuaca,
  • Ada satelit militer atau mata- mata,
  • Ada satelit pengeksplor lautan dan sebagainya.

Asterix merupakan satelit yang sangat tua, bahkan paling tua yang diluncurkan negaranya sebagai satelit pengeksplor luar angkasa. Karena merupakan satelit yang tua maka teknologi asterix ini mungkin tidak secanggih satelit yang lebih muda. Kendati demikian satelit Asterix merupakan satelit yang membanggakan pada masanya. Kemudian banyak satelit- satelit buatan lainnya yang diluncurkan berbagai negara di dunia ini yang memiliki fungsi yang sama namun dengan teknologi yang lebih canggih tentunya.

Itulah beberapa fungsi atau manfaat yang dimiliki oleh satelit Asterix. Satelit buatan satu ini memang merupakan satelit yang sangat terkenal pada masanya. Demikian pula ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai satelit Asterix dan juga satelih buatan pada umumnya, semoga apa yang dapat kami sampaikan bermanfaat dan bisa mengobati rasa keingintahuan pembaca mengenai satelit Asterix dan satelit buatan manusia.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Astronomi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!