Komet: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Fenomena Komet yang Pernah Terjadi

Saya selalu tertarik jika membicarakan mengenai luar angkasa beserta fenomena dan juga rahasianya. Mengapa? Karena bagi saya di luar angkasa itu banyak sekali misteri yang tidak diketahui oleh manusia sehingga membuat rasa penasaran sekaligus takjub muncul. Ketertarikan mulai dari benda- benda langit, planet di tata surya, pusat tata surya, galaksi, kumpulan asteroid hingga sesuatu yang jarang sekali muncul dan selalu menakjubkan, yaitu komet. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar lebih dalam mengenai komet yang pastinya akan membuat pembaca lebih penasaran dan tertarik untuk mempelajari komet karena menakjubkannya benda ini. Yuk, mari kita simak baik- baik isi artikel dibawah ini.

Pengertian Komet

kometKomet merupakan salah satu benda langit. Benda ini juga sering disebut sebagai bintang berekor. Komet adalah bintang berekor yang bergerak bebas di luar angkasa, sesekali peredaran komet ini melintas di sebelah planet Bumi sehingga dilihat oleh manusia dalam kurun waktu tertentu. Nama Komet sendiri berasal dari kata bahasa Yunani yaitu “kometes” yang berarti rambut panjang. Suku Jawa menyebut komet sebagai “lintang kemukus” karena memiliki ekor seperti kukusan. Komet sendiri juga mengelilingi matahari, sama seperti Bumi dengan orbitnya yang berbentuk lonjong.

Komet sendiri terbentuk dari es dan debu. Komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku ketika berada jauh dari matahari. Material- material penyusun komet ini hampir seluruhnya terbentuk dari gas karbondioksida, metana dan juga air. Namun ketika mendekati matahari, material- material penyusun komet ini sebagian menguap sehingga membentuk kepala dan juga ekor komet. Ekor komet sangat panjang, bahkan panjangnya bisa mencapai jutaan km. Komet ini dapat kita lihat ketika keberadaannya masih jauh dari matahari. Orbit komet berbeda- beda dan ada pula komet yang menghabiskan masa hingga jutaan tahun lamanya hanya untuk satu kali megorbit pada matahari. Waw, sungguh luar biasa. Namun karena komet ini mengeliling matahari, maka komet masih dikategorikan sebagai benda langit anggota tata surya.

Ciri- ciri Komet

Komet merupakan benda langit yang mirip dengan asteroid. Jadi, julukan bintang berekor untuk komet ini sebenarnya kurang pas karena komet dan bintang benar- benar berbeda. Apabila dilihat dari dekat mungkin kita bisa tahu betul mengenai perbedaan benda- benda langit ini. Namun apabila dilihat dari kerak bumi, tempat dimana manusia dan mata telanjangnya berada maka akan sangat sulit membedakan yang mana komet. Oleh karena itulah perlu kiranya kita mengetahui tentang ciri- ciri yang dimiliki oleh komet. Adapun beberapa ciri dari komet antara lain sebagai berikut:

  • Tersusun atas partikel debu dan es yang telah membeku
  • Memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk lonjong atau elips
  • Sangat mudah terbakar, terlebih di bagian ekornya

Nah itulah beberapa ciri dari komet yang merupakan benda langit yang ada di sekitar Bumi. komet juga memiliki bagian- bagian yang perlu untuk kita pelajari bersama. Adapun bagian- bagian komet ada di bawah ini.

Bagian- bagian Komet

Tidak sesimple planet yang bentuknya cenderung bulat pepat di kedua kutubnya, komet memiliki beberapa bagian yang tersekat- sekat seperti bagian inti, ekor dan lain sebagainya. Lalu apa saja keterangan bagian- bagian komet tersebut? Berikut ini merupakan bagian- bagian komet yang perlu kita ketahui:

  1. Inti komet

Inti komet merupakan bagian yang paling terlihat dari bumi ketika posisi komet masih jauh dari matahari. Bagian inti ini juga merupakan bagian yang paling padat. Diamater dari inti ini mencapai beberapa kilometer  berbeda- beda antara satu komet dengan lainnya. Inti komet ini terbentuk dari penguapan bahan- bahan es yang sangat mudah menguap menjadi gas- gas yang terlihat berpijar.

  1. Koma

Bagian kedua dari komet adalah koma. Koma merupakan daerah yang penuh kabut atau daerah yang mirip dengan tabir yang menyelimuti inti komet. Daerah ini sebagai daerah yang pekat karena terkena uap dari inti komet yang semakin mengepul apabila dekat dengan matahari.

  1. Lapisan hidrogen

Lapisan hidrogen juga merupakan salah satu bagian dari komet. Lapisan hidrogen ini adalah lapisan yang menyelubungi koma sehingga tidak tampak olehmata manusia. Awan di lapisan ini sangat tebal hingga diamaternya bisa bisa mencapai 20 juta kilometer.

  1. Ekor

Ekor komet adalah bagian yang paling menakjubkan dari komet. Bagian ini yang paling banyak menyita perhatian dan sekaligus sebagai sebab nama komet ini. Ekor komet merupakan gas bercahaya yang terjadi ketika komet lewat di dekat matahari. Ekor ini adalah bagian yang terbakar oleh matahari. Ketika terbakar maka bagian ini akan membentuk sebuah ekor dan ukurannya bsa sangat panjang hingga berpuluh- puluh kilometer.

Nah itulah beberapa bagian- bagian dari komet yang perlu kita ketahui bersama. Bagian- bagian dari komet ini saling berkkaitan satu dengan lainnya sehingga terkadang bisa kita lihat dari Bumi. meskipun terlihat sama, namun komet ini ternyata ada perbedaan antara satu dengan lainnya. Maka dari itulah ada beberapa jenis komet. Adapun jenis- jenis komet ini akan kita bahas di bawah ini.

Jenis- jenis Komet

Jenis- jenis komet dikategorikan berdasarkan bentuk komet tersebut, khususnya ekor komet itu sendiri. Adapun ekor komet yang dimaksudkan ini panjang atau pendek. Komet memang dibedakan menjadi dua jenis. Jenis-  jenis komet antara lain yaitu:

  • Komet berekor panjang

Komet berekor panjang tentu saja adalah komet yang ekornya panjang. Maksudnya, komet berekor panjang adalah komet yang memiliki garis lintasan sangat jauh melalui daerah- daerah yang sangat dingin di luar angkasa sana. Dengan melewati banyak daerah yang dingin maka komet ini memiliki banyak kesempatan untuk menyerap gas- gas yang ada di sekitarnya. Kemudian ketika mendekati matahari, komet ini melepaskan gas sehingga akan membentuk koma serta ekor komet yang ukurannya sangat panjang.

  • Komet berekor pendek

Jenis komet yang kedua adalah komet berekor pendek. Komet berekor pendek merupakan komet yang ekornya tidak terlalu panjang. Komet ini memiliki garis lintas yang sangat pendek sehingga kesempatan untuk menyerap gas di sekitar hanya sedikit. Dengan demikian ekor yang terbentuk pada komet pun tidak terlalu panjang.

Komet yang Pernah Terlihat

Komet merupakan benda langit yang pernah juga terlihat dari Bumi. ada beberapa fenomena alam yang menakjubkan dimana komet ini melintas dan membuat pemandangan menjadi menakjubkan. Adapun beberapa komet yang pernah terlihat antara lain sebagai berikut:

  1. Komet Halley, merupakan komet yang paling terkenal. Komet ini melintas dekat Bumi secara periodik, yakni terlihat pada setiap 75 – 76 tahun sekali. Diantaranya pernah terlihat pada tahun 1986.
  2. Komet De Kock- Paraskevopoulos, terlihat pada tahun 1941
  3. Komet Hale Bopp, terlihat pada tahun 1997
  4. Komet Ikeya Seki, terlihat pada tahun 1965
  5. Komet West, terlihat pada tahun 1976
  6. Komet McNaught, terlihat pada tahun 2007
  7. Komet Eclipse, terlihat pada tahun 1948
  8. Komet Kohoutek, terlihat pada tahun 1973
  9. Komet Bennet, terlihat pada tahun 1970
  10. Komet Lovejoy C/2011 W3, terlihat pada tahun 2011
  11. Komet Mellish, terlihat pada tahun 1917

Nah itulah beberapa komet yang pernah melintas dan terlihat dari Bumi. Dan demikian pula informasi yang dapat kami sampaikan mengenai komet, tentang pengertian, jenis- jenis komet, ciri- ciri komet dan lain sebagainya mengenai komet, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian khususnya yang ingin belajar banyak tentang tata surya.

Video Pengertian Komet Beserta Fakta-Fakta Uniknya (Animasi)

,
Oleh :
Kategori : Astronomi