Penyebab Rotasi Bumi dan Dampaknya

Planet Bumi dan planet di tata surya lainnya memiliki banyak aktivitas yang sama. Ciri planet di tata surya memang berbeda- beda antara satu dengan yang lainnya, namun aktivitas yang dimiliki planet- planet tersebut sama. Tata surya memiliki sebuah pusat yang dikelilingi oleh planet- planet di sekitarnya. Sebagai contoh adalah jenis galaksi yang kita tempati, yaitu galaksi Bimasakti. Galaksi kita memiliki pusat yaitu matahari. Matarahi sebagai pusat yang kemudian dikeliingi oleh benda- benda langit di sekitarny, seperti planet dan asteroid. Kegiatan perputaran planet mengelilingi matahari ini disebut dengan revolusi. Sementara waktu yang diperlukan bagi planet untuk satu perputaran disebut dengan kala revolusi. Setiap planet tentunya memiliki kala revolusi yang berbeda. Dan dapat kita nalar bahwa letak planet yang paling jauh dari matahari itulah yang memiliki kala revolusi terlama.

Selain revolusi, palnet juga melakukan gerakan berputar pada porosnya. Gerakan planet berputar pada porosnya ini disebut dengan rotasi. Sementara waktu yang dibutuhkn planet untuk sekali perputaran pada porosnya diseut dengan kala rotasi. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda- beda dalam melakukan satu kali rotasi. Hal ini karena kecepatan yang dimilikinya pun juga berbeda- beda.

Penyebab Rotasi Bumi

Tanpa kita sadari,plante bumi yang kita tempati ini sebenarnya berputar. Karena waktu berputarnya ini yang pelan-pelan, maka kita tidak menyadarinya. Salah satu hal yang bisa menyadarkan kita bahwa bumi kita berputar adalah dengan adanya pergantian siang dan malam. Hal ini sebagai akibat dari rotasi bumi. Begitu banyak bacaan yang membahas mengenai akibat rotasi bumi, namun sangat sedikit yang menjelaskan tentang penyebab rotasi bumi. Maka dari itulah alangkah baiknya apabila kita juga mengetahui tetang penyebab rotasi bumi itu sendiri.

Sebenarnya mengenai penyebab rotasi bumi ini belum banyak dibahas oleh berbagai kalangan. Biasanya yang dibahas hanya dampak atau akibat dari rotasi Bumi ini. Namun ada yang menyebutkan bahwa terjadinya rotasi bumi ini karena sisa momentum gerakan yang dihasilkan dari solar nebula. Solar nebula adalah sebuah tempat dimana semua planet dan Matahari terbentuk di dalamnya. Jadi, terjadinya rotasi bumi ini tidak lepas dari asal muasal terjadinya benda- benda langit seperti matahari, bintang dan juga planet- planet. Tentunya kita pernah mendengar tentang teori- teori terkenal itu bukan? Seperti teori ledakan besar, teori nebula dan lain sebagainya. Sebagian besar teori pembentukan tata surya ini selalu disertai gerakan memutar- mutar sehingga lama kelamaan akan menngumpal dan terbentuklah sebuah benda padat. Nah putaran- putaran itulah yang selalu berlaku di benda- benda langit yang pada akhirnya akan dibut sebagai rotasi.

Nah, itulah hal atau peristiwa yang pada akhirnya menyebabkan bumi berputar pada porosnya atau berotasi.  Peristiwa seperti yang disebutkan diatas memang terlampau abstrak apabila dibayangkan, maka dari itulah lebih jelas apabila kita melihat gambar dan tahapan atau prosesnya. Pada gambar disamping terlihat tahapan (yang ditunjukkan oleh tanda panah) merupakan gerakan yang memutar hingga akhirnya menjadi planet tetap memutar. Selanjutnya perlu juga untuk kita sampaikan mengenai akibat dari rotasi bumi.

Akibat Rotasi Bumi

Rotasi bumi menyebabkan berbagai peristiwa yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari- hari sebagai sebuah fenomena  atau peristiwa. Beberapa akibat dari ritasi bumi antara lain sebagai berikut:

  • Terjadinya peristiwa siang dan malam

Dampak dari rotasi Bumi yang paling jelas kita rasakan adalah adanya siang dan malam serta pergantiannya. Mengapa kita bertemu siang? Hal ini karena satu belahan bumi menghadap matahari, maka belahan bumi tersebut akan mengalami siang. Lalu, belahan bumi satunya yang membelakangi cahaya matahari akan mengalami malam. Karena bumi berputar pada porosnya maka sisi- sisi tersebut akan bergantian sehingga kita merasakan adanya siang dan malam.

  • Terjadinya perubahan waktu

Dampak lainnya dari rotasi bumi adalah adanya perubahan waktu. Seperti siang dan malam tadi, satu wilayah mengalami siang dan satunya mengalami malam. Inilah perbedaan waktu.

  • Bentuk planet Bumi menjadi bulat dengan pepat di kedua kutubnya

Dengan selalu berputar, maka bentuk bumi menjadi bulat dengan kedua tutupnya yang pepat. Kepepatan ini terjadi karena bumi berputar terus  menerus. Kita bisa pula mempaktekkan dengan sesuatu yang bulat namun bentuknya masih bisa berubah. Ketika perputaran terus berlangsung maka ujung- ujung bulatan tersebut akan pepat.

  • Terjadinya pembelokan arah angin

Rotasi bumi juga akan menyebabkan terjadinya pembelokan arah angin. Pembelokan arahan angi ini berarti arah angin yang dibelokkan sehingga tidak hanya satu wilayah saja yang terkena angin. Dengan adanya pembelokan arah angin ini maka kualitas angin juga lebih baik, dan tentunya dampak baik juga bagi manusia.

  • Terjadinya gerak semu harian matahari

Gerak semu harian matahari merupakan gerakan seolah- olah matahari berjalan dari timur ke barat. Hal ini masih berhubungan erat dengan pergantian waktu seperti yang telah dijelaskan diatas. Jadi gerak semu harian matahari yang menyebabkan matahari seolah- olah bergerak dari timur ke barat ini terjadi akibat rotasi bumi.

  • Adanya penanggalan Masehi

Penanggalam masehi, khususnya pergantian bulan dan fase- fase bulan ini ada akibat dari rotasi bumi.

  • Pembagian waktu di berbagai belahan dunia

Pembagian waktu antara negara di satu belahan bumi dan belahan bumi lainnya ada karena adanya rotasi bumi. perbedaan waktu itulah yang mendasari adanya pembagian waktu di wilayah- wilayah seluruh dunia.

  • Adanya perbedaan ketebalan atmosfer

Rotasi bumi ternyata juga berpengaruh terhadap atmosfer khususnya ketebalan atmosfer yang menyelimuti bumi. ketebalan atmosfer di satu wilayah dengan wilayah lainnya berbeda karena adanya rotasi bumi.

  • Berfungsinya satelit- satelit buatan

Satelait- satelit buatan dibuat untuk kepentingan komunikasi dan juga penyiaran di Bumi sehingga berita bisa disampaikan melalui gelombang dan akan dipantulkan, akibatnya banyak orang akan menerima siaran tersebut. Satelit ini dapat berfungsi larena andanya rotasi bumi.

  • Terdapat jetlag ketika kita naik pesawat

Jetlag juga akan terlihat ketika kita naik pesawat. Hal ini juga teradi karena adaya rotasi bumi.

Itu dia beberapa dampak atau akibat dari peristiwa rotasi bumi dalam kehidupan kita sehari- hari. Nah, demikian pula ulasan mengenai rotasi bumi baik penyebab dan juga dampak yang ditimbulkannya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

fbWhatsappTwitterLinkedIn