Negara Hungaria: Karakterisik – Penduduk – Fakta Menarik

Negara Hungaria atau Hongaria termasuk salah satu negara pedalaman yang berada di Eropa Tengah. Dalam bahasa Hongaria, negara ini dikenal dengan nama Magyarország yang memiliki arti daerah Magyar.

Negara yang memiliki luas wilayah sekitar 93.028 km persegi danberibu kota di Budapest tersebut menganut sistem pemerintahan dengan kepalanegara dijabat oleh seorang Presiden dan kepala negaranya yakni PerdanaMenteri.

Karakteristik Negara Hungaria

Hampir sebagian besar dari kita sudah tahu jika beberapa negara di benua Eropa dibatasi atau dikelilingi oleh beberapa negara, tak terkecuali negara Hungaria. Secara geografis negara Hungaria berbatasan dengan beberapa negara, antar lain:

  • Sisi barat: Negara Austria
  • Sisi utara: Negara Slowakia
  • Sisi timur: Negara Ukraina
  • Sisi tenggara: Negara Rumania
  • Sisi selatan: Negara Kroasia dan Negara Serbia
  • Sisi barat daya: Negara Slovenia

Kondisi negara Hungaria berupa dataran rata yang terbentang dari Basin Karpat dan juga terdapat jejeran bukit dan pegunungan rendah terletak di bagian utara, perbatasan Slowakia, bahkan titik tertingginya berada di Kekes pada ketinggian 1.014 m.

Negara Hungaria juga terbagi oleh 2 aliran sungai dengansalah satu sungai utamanya yakni Sungai Danube (Duna) dan Sungai Tisza. Selainsungai, Hungaria juga mempunyai danau terbesar bernama Danau Balaton yangterletak di bagian barat.

Dengan posisi berada di antara garis lintang 45oLU– 49oLU dan 16oBT– 23oBT, Hungariamempunyai iklim benua dengan kondisi saat musim dingin terasa dingin, lembab,dan berawan sedangkan saat musim panas suhu udara akan terasa panas. Rata-ratadalam setahun suhu udara Hungaria yakni sekitar 9,7oC dengan suhutertinggi mencapai 38oC dan suhu terendah -29oC.

Curah hujan di negara ini termasuk rendah, yakni berkisar 600 mm. Bahkan terdapat sebuah wilayah bernama Basin Karpatia yang cukup terisolasi sering mengalami kekeringan semakin diperparah setelah adanya pengaruh pemanasan global.

Beberapa tahun terakhir ini para ahli mengatakan bahwanegara Hungaria menjadi semakin kering dengan kondisi musim panas semakin panasdan pada musim dingin beberapa daerah sudah jarang turun salju. Banyak orangberpendapat bahwa negara Hungaria hanya memiliki 2 musim saja yakni musim semidan musim gugur.

Penduduk Negara Hungaria

Pengaruh imigrasi dan juga perubahan luas wilayah turutmempengaruhi kondisi kependudukan negara Hungaria. Saat ini diketahui bahwapenduduk Hungaria berasal dari etnis yang homogen yakni sekitar 98% merupakanetnik Hungaria.

Tidak heran jika sebagian besar penduduknya menggunakanbahasa Hungaria sebagai bahasa resmi sehari-hari, meskipun begitu terdapat kaumminoritas yang menggunakan bahasa Hungaria sebagai bahasa kedua. Diketahui jikabahasa Hungaria termasuk ke dalam rumpun bahasa Uralik yakni tidak memilikiketerkaitan dengan bahasa tetangga dan berkerabat jauh dengan bahasa Finlandiadan bahasa Estonia.

Terdapat juga bahasa asing yang paling banyak dituturkan yaknibahasa Inggris dan bahasa Jerman. Sisanya berupa bahasa Romania, Romani,Kroasia, Serbia, Slowakia, Ukraina, dan Slovenia. Meskipun begitu negara inisedang mengalami krisis kependudukan yaitu mengalami penurunan jumlah penduduk.

Kondisi Perkonomian Dan Kekayaan Alam Negara Hungaria

Dahulu sistem perekonomian negara Hungaria menggunakansistem ekonomi terpusat (ekonomi komunis), namun saat ini sudah berubah menjadisistem ekonomi pasar dan dampaknya perekonomian Hungaria mengalami kemajuanyang signifikan bahkan mengubah negara ini menjadi salah satu negara maju didunia.

Pada tahun 2017 saja negara Hungaria memperolah PendapatanDomestik Bruto sebesar US$283,6 milyar dengan pendapatan per kapita mencapai US$28.900.Ditambah dengan pertumbuhan ekonominya sekitar 3,2% di tahun 2017.

Pendapatan negara Hungaria berasal dari berbagai sektoryakni pertambangan, metalurgi, pengolahan makanan, bahan bangunan, tekstil,bahan kimia, pariwisata hingga kendaraan bermotor.

Kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Hungaria berada dibagian barat dan tengah di mana kondisi tanah kedua wilayah tersebut termasuksubur karena deka dengan sumber air yakni Danau Balaton.

Pertambangan menjadi sumber daya alam utama negara Hungariadengan hasil tambang berupa batu bara yang ditambang di sekitar PegununganUtara dan Transdanubia. Batu bara sempat menjadi kebutuhan utama negara ini,namun saat ini telah berkurang hingga seperlima dari total produksi energi.

Fakta – Fakta Menarik Negara Hungaria

  1. Di Hungaria terdapat beberapa program studi popular yakni kedokteran, kedokteran gigi, dan kedokteran hewan. Bahkan gelar dari studi tersebut telah diakui oleh World Health Organization dan beberapa universitas di Uni Eropa.
  2. Asal usul kota Budapest berasal dari suatu wilayah bernama Buda dan Obuda (Buda Kuno) yang berada di pinggir barat Sungai Danube. Kemudian wilayah tersebut bersatu dengan Pest yang ada di sebelah timur sungai.
  3. Kota Budapest menjadi kota dengan sumber air panas terbanyak di dunia. Setidaknya ada sekitar 70 juta liter air yang keluar ke permukaan setiap harinya. Tidak heran jika sumber air panas tersebut banyak dimanfaatkan untuk pemandian sejak zaman Romawi.
  4. Salah satu bangunan ikonik negara Hungaria yakni gedung parleman yang memiliki luas mencapai 18.000 km persegi dengan 691 kamar, 20 km tangga dan tinggi 96 meter. Bahkan terdapat 90 patung di bagian depan gedung yang memiliki berat 40 kg terbuat dari 23 karat emas.
  5. Negara Hungaria mempunyai sinagog terbesar di dunia bernama Sinagog Dohany Street yang dapat menampung sekitar 6.000 jamaah, dengan tinggi gedung 44 meter dan luas 2.000 meter persegi.
fbWhatsappTwitterLinkedIn