Negara Bulgaria: Karakteristik – Kekayaan Alam – Faktanya

Negara Bulgaria merupakan salah satu negara di Eropa Tenggara dan termasuk negara tertua di benua Eropa yang tidak mengalami perubahan nama sejak dibentuk pada tahun 681 M. Saat itu, Khan Asparukh membentuk negara Bulgaria bersama dengan beberapa suku Slavis.

Sedangkan ibu kotanya yang bernama Sofia sempat mengalami perubahan nama dari masa ke masa, mulai dari Serdica atau Sardica. Kemudian orang Slav awal menyebutnya sebagai Sredets dan bangsa Bizantium memanggilnya dengan Triaditsa, hingga pada abad ke-14 nama Sofia sudah mulai digunakan hingga saat ini.

Karakteristik Negara Bulgaria

Negara Bulgaria secara astronomis berada di antara 41o – 45oLU dan 22o – 29oBT, serta berbatasan dengan beberapa negara antara lain:

  • Pada sisi utara berbatasan: Negara Rumania
  • Pada sisi timur berbatasan: Laut Hitam
  • Pada sisi selatan berbatasan: Negara Yunani dan Negara Turki
  • Pada sisi barat berbatasan: Negara Serbia dan Republik Makedonia

Dengan luas wilayah mencapai 110.994 km persegi membuat negara Bulgaria menjadi negara terluas ke-16 di Eropa. Negara ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan mulai dari Pegunungan Balkan, Pegunungan Rodopi dan Pegunungan Rila yang menjadi tempat titik tertinggi negara Bulgaria bernama Puncak Musala.

Tidak hanya itu saja, Bulgaria juga memiliki sebuah danau yakni Danau Donau yang terletak di bagian utara dan juga Dataran Trakia Atas di bagian selatan sekaligun menjadi titik terendah negara Bulgaria. Meskipun begitu dataran tersebut menjadi tempat paling subur di Bulgaria.

Dilihat dari telak astronomisnya, iklim negara Bulgaria termasuk cukup beragam mulai dari iklim bersalju di puncak topi salju Alpen hingga iklim sedang dengan cukup sinar matahari di bagian pesisir Laut Hitam. Terdapat juga iklim kontinental yang berada di Dataran Danubia di bagian utara, iklim Mediterania di bagian lembah Makedonia dan dataran rendah di bagian selatan.

Kekayaan Alam Negara Bulgaria

Kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Bulgaria sangat melimpah terutama yang berasal dari hasil tambang. Cadangan hasil tambang yang dimiliki bervariasi jumlahnya dengan paling banyak berupa tembaga, bauksit, timbal, bismut, seng dan mangan.

Ada pula hasil tambang yang lainnya namun dalam jumlah yang tidak banyak antara lain, besi, emas, perak, kromium oksida, uranium, nikel dan lainnya. Selain itu, negara Bulgaria juga menghasilkan beberapa mineral yang tidak mengandung logam seperti gipsum, kaolin, garam batu dan marmer.

Ekonomi Negara Bulgaria

Negara Bulgaria termasuk negara yang terbuka terhadap ekonomi pasar, tidak heran jika negara ini memberi kebebasan terhadap sektor swasta dan juga Badan Usaha Milik Negara. Bahkan Bank Dunia mengkatagorikan Bulgaria sebagai negara berpendapatan menengah-atas, sebab pertumbuhan ekonominya cukup cepat meskipun tingkat pendapatannya termasuk yang terkecil di Uni Eropa.

Pendapatan negara diperoleh dari sektor industri dan diikuti oleh sektor pertanian. Bahan mentah juga menjadi andalan negara ini seperti besi, bismut, batu bara, emas, tambaga, elektronika, kilang minyak, senjata api, komponen kendaraan dan bahan bangunan.

Sektor pariwisata juga turut menyumbang pendapatan negara Bulgaria. Setiap tahunnya negara ini mendapat kunjungan dari wisatawan asing yang berasal dari beberapa negara di Eropa seperti Inggris, Belanda, Rusia, Serbia, Polandia, dan Denmark dengan kota tujuan wisata yakni Sofia, resor pantai (Nesebar, Golden Sands, Albena), resor musim dingin (Chepelare, Borovets, Pamporovo), desa wisata (Bozhentsi dan Arbanasi).

Penduduk Negara Bulgaria

Laju pertumbuhan penduduk Bulgaria termasuk terendah di dunia karena angka kelahiran yang rendah serta emigrasi yang tinggi. Hampir sebagian besar penduduk Bulgaria merupakan etnis Bulgaria serta terdapat etnis minoritas penting yakni etnis Turki dan Romani, namun juga terdapat beberapa etnis-etnis kecil lainnya sebanyak 40 etnis dan sisanya tidak dapat diketahui etnisnya dengan pasti.

Dalam kehidupan sehari-hari, penduduk Bulgaria menggunakan bahasa  Bulgaria yakni bagian dari bahasa Slavia Selatan dan menjadi satu-satunya bahasa resmi negara ini. Mayoritas penduduk Bulgaria merupakan jamaat Gereja Ortodoks Bulgaria, adapun agama lainnya yakni Islam, Protestan, Katolik Roma, dan denominasi Kristen lainnya sebab negara ini adalah negara sekuler dengan konstitusi menjamin agama.

Fakta Menarik Negara Bulgaria

  1. Sofia, ibu kota negara Bulgaria menjadi kota tertua kedua di Eropa, sudah berdiri sejak 7000 tahun yang lalu. Selain itu, Sofia menjadi kota terbesar di Eropa yang lokasinya 15 menit dari Gunung Vitosha.
  2. Negara Bulgaria berada di posisi ketiga sebagai negara dengan situs arkeologi paling berharga setelah Yunani dan Italia.
  3. Bulgaria terkenal akan penghasil minyak bunga mawar dengan Kazanlak sebagai daerah produksi. Bahkan minyak bunga mawar dari tempat ini telah digunakan sebagai bahan parfum terkenal dan paling mahal di dunia.
  4. Yogurt Bulgaria adalah yogurt terbaik di dunia, hal ini dikarenakan bakteri Lactobacillus Bulgaricus yang menghasilkan yogurt terenak hanya terdapat di Bulgaria.
  5. Air terjun tertinggi di negara Bulgaria bernama Raiskoto Praskalo dengan tinggi mencapai 124 m. Lokasinya tidak jauh dari puncak Botev, Pegunungan Balkan.