Negara San Marino: Karakteristik – Kekayaan Alam – Faktanya

Negara San Marino merupakan sebuah negara terkecil kelima di dunia yang berada di Benua Eropa. Negara yang menganut sistem pemerintahan Republik Kesatuan Presidensial Parlementer ini termasuk salah satu negara tertua di dunia, didirikan pada 3 September 301 oleh Santo Marinus yang berasal dari Rab (Kroasia), yakni seorang tukang batu Kristiani yang kabur ketika terjadi penganiayaan agama oleh Kekaisaran Romawi Diokletianus.

Di tahun 1631, negara San Marino diakui kemerdekaannya oleh Negara Gereja, yakni kumpulan daerah yang terletak di Semenanjung Italia. San Marino bergabung menjadi anggota Majelis Eropa di tahun 1988 dan anggota PBB pada tahun 1992, namun tidak menjadi anggota Uni Eropa.

Karakteristik Negara San Marino

Negara San Marino memiliki luas wilayah sekitar 61 km persegi, tidak heran jika negara ini berada di urutan ketiga sebagai negara terkecil di Eropa setelah negara Vatikan dan Monako. Lokasi negara San Marino sendiri dikelilingi oleh negara Italia tepatnya pada sisi utara berbatasan dengan Provinsi Rimini (Emilia-Romagna) dan sisi selatan berdekatan dengan Provinsi Pesaro dan Urbino (Marche).

Negara San Marino merupakan negara pedalaman, dikelilingi oleh Italia di Eropa Selatan. Kontur tanah negara ini berbukit yang merupakan bagian dari Pegunungan Apennine dan tidak memiliki tanah datar. Dengan kata lain, San Marino 100% merupakan wilayah pegunungan. Titik tertinggi berada di puncak Monte Titano dengan tinggi 749 meter di atas permukaan laut.

Penduduk Negara San Marino

Sebagai negara terkecil di dunia, jumlah penduduk negara San Marino juga tidak banyak hanya sekitar 35 ribu jiwa. Sebagian besar penduduk di San Marino merupakan bangsa Italia dan sisanya berasal dari luar daerah.

Meskipun begitu, ada sekitar 5.000 penduduknya memilih tinggal di luar San Marino seperti di Italia. Etnis yang tinggal di San Marino biasanya disebut dengan nama etnis Sammarinese. Hampir sebagian besar penduduk San Mariono beragama Katolik Roma dan menggunakan bahasa Italia sebagai bahasa resmi negara ini.

Perlu diketahui jika di San Marino tidak terdapat agama resmi, sehingga beberapa penduduknya ada juga menganut agama lain seperti Kristen, Baha’i bahkan ada yang tidak beragama.

Kekayaan Alam Dan Kondisi Ekonomi Negara San Marino

Meskipun negara San Marino tergolong negara yang kecil, namun siapa sangka jika pendapatan negara ini cukup tinggi yakni mencapai US$55.449 per kapita atau sekitar Rp818 juta per tahun. Pendapatan negara tersebut berasal dari berbagai sektor mulai dari perbankan, elektronik, pakaian, perabotan, cat hingga keramik.

Bahkan hasil pengolahan produk pertaniannnya tidak boleh diragukan. Negara San Marino terkenal akan penghasil anggur dan keju terbaiknya. Pendapatan terbesar berasal dari sektor pariwisata karena negara ini terkenal akan keindahan serta terdapat beberapa bangunan bersejarah yang sangat menarik untuk didatangi oleh para wisatawan asing.

Tercatat setiap tahunnya San Marino dikunjungi oleh sekitar 2 juta wisatawan yang menyumbang 22% dari total GDB negara. Sedangkan dari sektor keuangan dan manufaktur menyumbang pendapatan negara sebesar 50%.

Fakta Menarik Negara San Marino

  1. San Marino menjadi negara pertama di dunia yang mempunyai pelayanan pos di tahun 1607. Dan perangko pertama negara ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 1877 dan telah menjadi salah satu warisan budaya dan sejarah bagi San Marino.
  2. Meskipun negara San Marino termasuk negara kecil, namun negara ini banyak memiliki patung yang unik. Ada sekitar lebih dari 100 patung dan salah satu yang terkenal bernama patung Lady of Liberty di depan balai kota.
  3. Negara ini tidak memiliki bandara dan hanya terdapat sebuah landasan helikopter yang berada di Borgo Maggiore. Jika ingin mengunjungi San Marino, bandara terdekat bernama Internasional Federico Fellini yang terletak di Rimini, Italia.
  4. Gunung tertinggi di San Marino, Gunung Titano telah terdaftar sebagai World Heritage Site oleh UNESCO. Gunung Titano berada di timur ibu kota, San Marino yang memiliki tinggi sekitar 749 meter.
  5. Negara San Marino semakin terkenal di dunia setelah menjadi tempat ajang motor balap dunia, MotoGP dan mobil balap Formula 1 (F1).
  6. Konstitusi San Marino sudah berlaku sejak tahun 1.718 dan tetap berlaku hingga sekarang. Hal yang menarik yakni pajak tidak berlaku untuk warganya atau dengan kata lain San Marino adalah negara bebas pajak.
  7. San Marino dipimpin oleh 2 pemimpin dalam satu tahun. Pemilihan kepala negara dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Istilah presiden tidak berlaku untuk negara ini, sebagai gantinya menggunakan “Capitani Reggenti” atau Wali Kapten.