Negara Kroasia: Karakteristik, Ekonomi, Dan Kekayaan Alam

Negara Kroasia atau Republik Kroasia (Republik Hrvatska) merupakan sebuah negara yang berbentuk mirip bulan sabit dan berada di Eropa Selatan. Menurut sejarah, negara Kroasia adalah negara republik untuk Republik Sosialis Federal Yugoslavia untuk kemudian melepaskan diri dan menjadi sebuah negara merdeka pada tahun 1991.

Karakteristik Negara Kroasia

Secara geografis negara Kroasia berada di antara Eropa Selatan dan Eropa Timur, hal ini disebabkan karena bentuk negara ini terlihat seperti bulan sabit atau ladam jika dilihat dari atas. Negara Kroasia berada di antara garis lintang 42o – 47oLU dan berada di garis bujur 13o – 20oBT.

Negara ini diapit oleh beberapa negara antara lain:

Beribu kota di Zagreb, Kroasia memiliki beragam kenampakan alam, yakni:

  1. Kawasan hutan dengan pepohonan yang berada di Gunung Lika dan Gorski Kotar. Kedua gunung tersebut membentuk kawasan pegunungan di Kroasia. Titik tertinggi Kroasia berada di Dinaric Alps yang memiliki tinggi mencapai 1.831 meter di atas permukaan laut.
  2. Daratan, danau serta beberapa perbukitan yang berada di bagian utara dan timur laut kontinental (Central Kroasia dan Slavonia yang merupakan bagian timur Kroasia).
  3. Wilayah pantai yang berada di Rocky dekat Laut Adriatik (Istria dan Dalmatia yang terletak di pesisir timur dari Laut Adriatik).

Negara Kroasia memiliki lebih dari seribu pulau yang berada di lepas pantai. Dari ribuan pulau yang dimilikinya, terdapat dua pulau terbesar yang dimiliki Kroasia yakni Pulau Cres dan Pulau Krk, terletak di Laut Adriatik.

Penduduk Negara Kroasia

Luas wilayah negara Kroasia mencapai 56.594 km persegi yang menjadi tempat tinggal untuk sekitar 4 juta jiwa penduduk Kroasia. Negara ini menjadi salah satu negara yang mengalami penurunan jumlah populasi, bahkan di tahun 2017 pertumubuhan penduduk mencapai -0,5%.

Mayoritas penduduknya berasal dari etnis Kroasia yakni sekitar 90,4% dan juga etnis Serbia (4,4%). Meskipun saat ini penduduk Krosia ada juga yang berasal dari etnis minoritas seperti Bosnia dan lain sebagainya.

Sebagian besar penduduk Korasia beragama Katolik Roma yakni sekitar 87,8%. Tidak hanya it saja, terdapat pula penganut agama lainnya antara lain:

  • Ortodoks (4,4%)
  • Atheis (5,2%)
  • Islam (1,3%)
  • Kristen (0,4%)
  • Lain-lain (0,9%)

Bahasa Kroasia menjadi bahasa resmi negara ini. Meskipun begitu, beberapa penduduk Kroasia dapat menggunakan bahasa lainnya seperti Serbia, Italia, Hungaria, Ceska, Slovakia, dan Jerman.

Ekonomi Negara Kroasia

Negara Kroasia termasuk negara terkaya di kawasan Semenanjung Balkan dan negara-negara bekas Yugoslavia. Bahkan PDB Kroasia mencapai US$ 54,8 milyar dan besarnya PDB per kapita yakni US$24,100 di tahun 2018 menurut Bank Dunia.

Pendapatan negara Kroasia berasal dari berbagai sektor yakni pertanian, industri, jasa, dan pariwisata. Sektor industri dan pariwisata menjadi sektor andalan negara ini.

Beberapa produk dari Kroasia telah berhasil diekspor ke sejumlah negara seperti beberapa negara di Uni Eropa, negara ASEAN termasuk negara Indonesia dengan produk ekspor utama yakni peralatan transportasi, mesin, tekstil, bahan kimia, obat-obatan, bahan bakar, besi dan baja, serta kayu,

Tidak hanya itu saja, Kroasia juga melakukan kerja sama dalam kegiatan impor barang seperti mesin, listrik, bahan kimia, minyak dan pelumas, bahan makanan, mesin dan alat listrik, kendaraan, dan obat-obatan farmasi.

Kekayaan Alam Negara Kroasia

Secara geografis Kroasia berada di persimpangan daratan Balkan, Pannonian, dan Laut Adriatik. Tidak heran jika negara ini memiliki keberagaman sumber daya alam bahkan warisan sejarah yang telah ada selama ribuan tahun lalu.

Iklim yang sejuk terutama di kawasan pesisir pantai membuat keanekaragaman hayatinya cukup beragam. Bahkan negara yang berbatasan dengan Laut Adriatik ini menjadi penghasil biota laut dengan jutaan spesies ikan, terutama di bagian Dalmatia tepatnya pada Kota Zadar, Split, dan Dubrovnik.

Hampir sekitar 10 persen dari luas negara Kroasia terdiri atas 11 Nature Parks, 8 National Parks, dan 2 Nature Reserves. Terdapat pula pantai Zlatni Rat yang dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di dunia. Selain pantai terdapat danau Plitvice Lakes National Park yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing karena keindahannya.

Fakta-Fakta Menarik Negara Kroasia

  1. Kroasia memiliki sebuah kota terkecil di dunia bernama Hum yang dihuni oleh 17 – 23 orang saja.
  2. Anjing Dalmatian berasal dari sebuah wilayah bernama Dalmatia, yakni kawasan pesisir Kroasia. Dahulu anjing dalmatian dijadikan sebagai anjing pemburu dan penjaga. Akan tetapi sejak abad ke-19 anjing dalmatian dijadikan sebagai anjing rumahan bahkan beberapa kali tampil untuk peragaan busana.
  3. Salah satu pulau milik Kroasia yakni Pulau Baljenac disebut sebagai pulau terunik. Jika dilihat dari atas pulau ini mirip sidik jari yang berukuran besar. Garis-garis yang ada di pulau tersebut merupakan tembok batu dan tidak terlalu tinggi, berfungsi sebagai penanda batas tiap lahan perkebunan.
  4. Kroasia merupakan negara dengan jumlah Barang Tak Berwujud UNESCO terbanyak di Benua Eropa.
  5. Kroasia mempunyai alfabet tersendiri yang disebut sebagai Alfabet Glagolitic.
  6. Kota Zadar yang berada di tepi pantai Dalmatia mendapat julukan sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat sunset. Bahkan keindahannya mengalahkan Key West yang berada di Florida.
  7. Bunga Iris menjadi bunga nasional negara Kroasia.
fbWhatsappTwitterLinkedIn