Negara Indonesia: Karakteristik – Ekonomi dan Faktanya

Kita tentu tahu jika Indonesia merupakan salah satu negara dengan pulau terbanyak di dunia, tidak heran jika Indonesia mendapat julukan sebagai negara kepulauan. Negara Indonesia mempunyai nama lain yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Republik Indonesia yang berada di kawasan Asia Tenggara serta menjadi anggota ASEAN.

Negara Indonesia berada di garis khatulistiwa, tidak heran jika Indonesia beriklim tropis dengan dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau. Curah hujan dan kelembaban udara juga cukup tinggi hal ini disebabkan Indonesia mempunyai laut serta selat yang luas. 

Salah satu fakta unik Indonesia yang mendunia yakni mempunyai bahasa daerah, suku, budaya, agama terbanyak di dunia dan dapat ditemukan dari Sabang hingga Merauke. Meskipun mempunyai banyak perbedaan, bangsa Indonesia mempunyai semboyan nasional yakni “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda – beda tetap satu juga.

Karakteristik Negara Indonesia

Negara Indonesia mempunyai luas wilayah daratan yakni 1.922.570 km persegi dan luas perairan sekitar 3.257.483 km persegi. Sedangkan jumlah pulau yang dimilikinya ada sekitar 17.504 pulau dengan 6.000 pulau adalah pulau tidak berpenghuni.

Secara astronomis Indonesia berada di antara 6o LU – 11o08 LS dan berada di antara 95oBT – 141o45 BT. Selain itu Indonesia berbatasan dengan beberapa negara dan wilayah perairan seperti:

Penduduk Negara Indonesia

Jika dilihat dari asal usulnya, penduduk Indonesia sebagian besar berasal dari bangsa Austronesia (95%), namun ada juga yang berasal dari suku Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia khusus di bagian Indonesia timur. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap diri mereka sebagai kelompok suku yang lebih spesifik seperti suku Jawa, Sunda, Dayak, Minangkabau dan lain sebagainya.

Indonesia juga termasuk sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia yakni 270.054.853 jiwa di tahun 2018. Sekitar lebih dari 50% atau 130 juta penduduk berada di pulau Jawa.

Dalam kehidupan sehari – hari sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan bahasa daerah atau bahasa ibu untuk berkomunikasi. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan bahasa yang bisa dikuasai oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam yakni sekitar 87% dan menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Pemerintah Indonesia juga mengakui 5 agama selain Islam antara lain:

  • Protestan: 7%
  • Katolik: 3%
  • Hindu: 1,7%
  • Buddha: 0,7%
  • Konghucu dan lainnya: 0,5

Kekayaan Alam Negara Indonesia

Hampir setiap pulau merupakan daerah pertambangan di Indonesia dengan hasil tambang berupa minyak bumi, batu bara, emas, gas alam, perak, besi dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu saja, kekayaan alam yang lain berasal dari pertanian, perkebunan, padang rumput, hutan, bahkan dengan jumlah perairan yang luas juga memiliki daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia.

Keanekaragaman makhluk hidup yang dimiliki Indonesia juga beragam, dengan hasil penelitian ditemukan bahwa 12% mamalia, 10% tumbuhan, 17% burung, 16% reptil, dan 25% ikan hidup dan berkembang biak di Indonesia.

Dengan jumlah keragaman makhluk hidup tersebut, menempatkan Indonesia sebagai urutan ketiga setelah hutan Amazon di Brazil dan Republik Demokratik Kongo.

Ekonomi Negara Indonesia

  • Di bidang ekonomi, Indonesia telah mengekspor hasil tambang berupa gas alam ke beberapa negara dan menjadikan Indonesia sebagai pengekspor terbesar kelima di dunia.
  • Tidak hanya itu saja, Indonesia juga melakukan ekspor terhadap hasil pertanian seperti beras, kopi, rempah-rempah dan karet.
  • Pendapatan negara terbesar berasal dari sektor jasa dengan menyumbang sebesar 45,3%, kemudian disusul oleh sektor industri (40,7%) dan pertanian sebanyak 14%.
  • Bahkan Indonesia telah menjadi kerja sama dengan beberapa negara terkait perdagangan dan negera tersebut yakni Malaysia, Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia.

Kondisi ekonomi nasional sangat bergantung terhadap kekuatan sektor konsumsi rumah tangga, hal ini disebabkan karena sektor investasi dan pedagangan internasional belum dapat berperan penuh terhadap pendapatan negara.

Fakta – Fakta Negara Indonesia

1. Asal Nama Indonesia

Kata Indonesia berasal dari bahasa Yunani kuno yakni indus (salah satu sungai di India) dan nesos yang mempuyai arti pulau. Jika diartikan berarti sebuah wilayah kepulauan India atau kepulauan yang ada di Hindia.

2. Angklung Salah Satu Alat Musik Tradisional Indonesia

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan alat musik angklung ini. Angklung terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan, bahkan angklung telah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawai Manusia dari UNESCO di tahun 2010.

3. Rendang Menjadi Makanan Terlezat di Dunia

Rendang merupakan salah satu masakan olahan daging yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Memasak rendang dibutuhkan waktu yang cukup lama demi mendapatkan cita rasa yang enak, tidak heran jika rendang mendapat predikat pertama sebagai World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN tahun 2011.

4. Satu – Satunya Negara Yang Sempat Keluar Dari PBB

Indonesia bergabung menjadi anggota PBB ke-60 pada 28 September 1950, namun pernah keluar pada tanggal 7 Januari 1965. Akan tetapi Indonesia bergabung kembali pada tanggal 28 September 1966 dan tetap menjadi anggota ke-60.

5. Berada Di Pertemuan Dua Rangkaian Pegunungan Muda

Indonesia mempunyai gunung api yang cukup banyak yang menyebabkan sering terjadi gempa bumi. Rangkaian pegunungan muda tersebut yakni Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.