Sponsors Link

Samudera Hindia: Pengertian, Letak dan Karakteristik

Sponsors Link

Planet bumi adalah salah satu planet di tata surya yang mengorbit pada matahari. Bumi yang kita huni mempunyai wilayah perairan yang lebih luas daripada daratan. Wilayah perairan bumi terdiri dari laut dan samudera. Kita perlu mengetahui samudera di dunia seperti samudera Pasifik, samudera Atlantik, samudera Arktik dan samudera Hindia. Tahukah kamu dimana letak samudera Hindia dan bagaimana karakteristiknya? Artikel kali ini akan mebahas mengenai Samudera Hindia: pengertian, letak dan karakteristiknya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian, letak dan karakteristik samudera Hindia:

Pengertian Samudera Hindia

Samudera Hindia adalah samudera terbesar ketiga di dunia. Nama Hindia diambil dari nama negara yaitu India. Samudera Hindia dalam bahasa Sansekerta disebut Ratnakara yang berarti mine of gems (ladang permata). Samudera ini memiliki 20% permukaan air bumi atau sekitar 68.556 juta km². Samudera Hindia mempunyai garis pantai sepanjang 66.526 km dengan kedalaman rata- rata mencapai 3.890 m. Titik terdalam dari samudera Hindia terletak di Palung Jawa yaitu sebelah selatan pulau Jawa dengan kedalaman mencapai 7.725 m. Samudera Hindia juga mempunyai volume air yang diperkirakan sekitar 292.131.000 km³. Terdapat lima punggung laut besar di samudera Hindia yang berpusat di satu titik, yaitu punggung laut Hindia barat daya, Hindia tenggara, Sicilia, Nikety timur, dan Chagos-Lachandive.

Samudera Hindia yang menjadi sarana transportasi dunia ini merupakan muara bagi beberapa sungai, seperti sungai Gangga, sungai Zambezi, sungai Shatt al- Arab, sungai Brahmaputra, sungai Ayeyarwady dan sungai Indus. Beberapa pelabuhan internasional juga berada di wilayah Samudera Hindia, seperti Calcutta di India, Chennai di Madras, India, Colombo di Sri Lanka, Durban di Afrika Selatan, Jakarta di Indonesia, Karachi di Pakistan, Fremantle di Australia, Mumbai di Bombay, India dan Teluk Richards di Afrika Selatan.

Letak Samudera Hindia

Secara astronomis, letak samudera Hindia dipisahkan dengan Samudera Atlantik oleh 20ᵒ garis bujur timur, dan dengan Samudera Pasifik oleh 147ᵒ garis bujur timur. Samudera merupakan laut terpanas di dunia ini terdiri dari beberapa kumpulan wilayah perairan, seperti laut Andaman, Great Australian Bight, laut Arab, teluk Bengal, teluk Aden, teluk Persia, teluk Oman, saluran Mozambique, selat Malaka dan laut Merah. Adapun batas-batas wilayah samudera Hindia antara lain:

  • Sebelah utara: kawasan Asia Selatan
  • sebelah selatan adalah benua Antartika.
  • Sebelah barat adalah Jazirah Arab dan benua Afrika,
  • Sebelah timur adalah Semenanjung Malaya, Pulau Sumatera, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil, dan Benua Australia

Terdapat beberapa negara yang memiliki garis pantai yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Benua yang paling banyak dilalui adalah benua Asia yang merupakan benua terbesar di dunia. Berikut ini adalah beberapa negara yang berbatasan dengan samudera Hindia:

Benua Afrika

  1. Afrika Selatan
  2. Djibouti
  3. Eritrea
  4. Kenya
  5. Komoro
  6. Madagaskar
  7. Mauritius
  8. Mesir
  9. Mozambik
  10. Seychelles
  11. Somalia
  12. Sudan
  13. Tanzania

Benua Asia

  1. Arab Saudi
  2. Bahrain
  3. Bangladesh
  4. India
  5. Indonesia
  6. Irak
  7. Iran
  8. Israel
  9. Kuwait
  10. Maladewa
  11. Malaysia
  12. Myanmar
  13. Oman
  14. Pakistan
  15. Qatar
  16. Singapura
  17. Thailand
  18. Timor Leste
  19. Uni Emirat Arab
  20. Yaman
  21. Yordania

Benua Eropa

  1. Britania Raya ( Wilayah Samudra Hindia Britania)
  2. Perancis ( Daratan Selatan dan Antarktika Perancis, Mayotte, dan Réunion)

Oseania

  1. Australia

Karakteristik Samudera Hindia

Samudera di dunia masing-masing mempunyai karakteristik tersendiri yang menjadi ciri khas dari samudera tersebut. Seperti samudera Pasifik yang memiliki beberapa karakteristik, samudera Hindia juga memiliki beberapa karakteristik tersendiri yang membedakan dengan samudera lain. Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang dimilki oleh samudera Hindia:

  • Samudera Hindia merupakan satu-satunya samudera yang wilayahnya terletak di belahan bumi bagian timur.
  • Samudera Hindia diapit oleh tiga benua, yaitu benua Afrika, benua Asia, benua Australia serta kutub selatan.
  • Kedalamanan laut di wilayah samudera Hindia diperkirakan mencapai ±3.960 m dan kadar garam rata-rata 34,72%.
  • Samudera Hindia mempunyai arus yang besar dan gelombang yang tinggi.
  • Samudera Hindia mempunyai sedikit pulau, di bagian barat pulau Madagaskar, di timur terdapat pulau Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara dan di utara terdapat Pulau Ceylon (Sri Lanka) dan Maladewa.
  • Jarang terjadi badai besar di samudera Hindia, berbeda dengan samudera Pasifik dan samudera Atlantik yang sering dilanda badai besar
  • Samudera Hindia merupakan satu-satunya samudera yang batas utaranya tidak menyentuh garis lingkaran kutub utara yang disebabkan terhalang oleh Benua Asia
  • Lempeng Indo-Australia yang merupakan pusat tunjaman lempeng dari benua Asia terletak di dasar samudera Hindia bagian utara, sehingga menyebabkan wilayah ini menjadi daerah labil
  • Tiupan angin muson di samudera Hindia bermanfaat bagi pelaut dalam pelayarannya, sehingga jarak tempuh bisa lebih jauh.
  • Banyak dijumpai lubuk laut atau cekungan di samudera Hindia, seperti cekungan Madagaskar, cekungan Mascarena, dan cekungan Croze.
  • Gelombang besar yang terdapat di samudera Hindia seringkali memunculkan bencana banjir di negara Sri Lanka dan Maladewa.

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengenai samudera Hindia:

  1. Laut Terpanas

Samudera Hindia merupakan lautan terpanas di dunia, karena mempunyai temperatur air yang tinggi. Kondisi ini menyebabkan kehidupan hewan laut terbatas karena fitoplankton yang dibutuhkan sebagai sumber makanan sangat sulit untuk tumbuh.

  1. Sifat Kimia dan Fisika Air yang Aneh

Air di samudera Hindia mempunyai sifat kimia dan fisika yang tidak lazim karena memiliki konsentrasi hidrokarbon tertinggi, tingkatan salinitas terendah sekaligus tertinggi dan keseimbangan air paling negatif .

  1. Berbatasan dengan 3 Lempeng Tektonik

Wilayah samudera Hindia berbatasan dengan sejumlah lempeng tektonik, yaitu lempeng Afrika, Indo-Australia, dan Antartika. Lempeng-lempeng tersebut membentuk satu titik pertemuan atau triple junction bernama Rodrigues Triple Point.

  1. Menyimpan Cadangan Minyak

Samudera Hindia memiliki kontribusi dalam perdagangan dunia, karena menyimpan cadangan minyak sekitar 40 persen produksi total minyak dunia.

  1. Temuan benua yang sudah tenggelam

Terdapat benua yang tenggelam di samudera Hindia yang bernama Kerguelen Plateau. Benua ini tenggelam secara bertahap sekitar 20 juta tahun lalu.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 17th, November 2017 / 14:05 Oleh :
Kategori : Samudera