Negara Vietnam: Karakteristik – Sistem Ekonomi dan Faktanya

Membicarakan Negara Vietnam maka tidak bisa terlepas dari istilah dalam dunia perkopian, vietnamese drip salah satu cara penyeduhan kopi yang cukup populer di dunia.

Vietnam memang populer dengan biji kopinya yang berkualitas dan penyeduhan kopinya, hingga mampu menekan kepopuleran salah satu chain kedai kopi paling diminati di dunia.

Karakteristik Negara Vietnam

Vietnam terletak di semenanjung Indochina yang merupakan wilayah di Asia Tenggara dan mendapat pengaruh kebudayaan dari Tiongkok dan India. Seperti nama Vietnam yang terpengaruh dengan budaya Tiongkok.

Negara Vietnam merupakan bentuk geografis Elongated berdasarkan morfologinya. Sehingga Vietnam memiliki garis pantai yang panjang sekitar 3.260 kilometer dan mencakup ribuan pulau, termasuk Ha Long Bay yakni dikenal sebagai salah satu warisan dunia.

Luas Vietnam sekitar 331.211,6 kilometer persegi, terdiri atas daratan 310.070 kilometer persegi dan lautan 21.140 kilometer persegi. Negara Vietnam mempunyai batasan wilayah dengan:

Secara geografis Vietnam terdiri dari lima wilayah yaitu:

  • Daerah pegunungan utara
  • Delta Sungai Merah
  • Barisan Pegunungan Annam yang berhubungan dengan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan
  • Garis pesisir pantai yang sempit antara Barisan Pegunungan Annamite dan Laut Cina Selatan
  • Delta Sungai Mekong di sebelah selatan Vietnam

Penduduk Vietnam

Pada tahun 2019, Vietnam memiliki populasi sekitar 96.208.984 juta jiwa dan menjadikan Vietnam sebagai Negara ke-15 dengan penduduk terbanyak di dunia sekaligus menjadikan Negara yang multietnik. Terdapat 54 etnis di Vietnam dengan suku terbanyak di Vietnam adalah suku Kinh (Viet) sekitar 85,70%.

Mayoritas masyarakat Vietnam memeluk agama atau meyakini aliran kepercayaan Vietnam. Kemudian ada Buddha dan Kristen serta agama lain menjadi minoritas di negeri ini. Sementara bahasa resminya adalah bahasa Vietnam.

Berdasarkan sejarah, penulisan huruf Vietnam sendiri menggunakan tulisan dengan gaya bahasa Tiongkok. Hingga pada abad ke-13, masyarakatnya membuat karakter tulisan sendiri yang disebut Chữ nôm yang kita kenal sampai saat ini.

Sistem Ekonomi di Vietnam

Negara Vietnam juga populer dikenal dengan julukan Nguyen dan Negara Naga Biru. Ternyata karena bentuk geografis Vietnam yang menyerupai naga.

Vietnam saat ini dianggap sebagai salah satu Negara di Asia tenggara yang perekonomiannya terkuat oleh Bank Dunia, dibanding Negara Asia Tenggara lainnya setelah beberapa Negara lainnya dengan julukan macan asia, yaitu Jepang, Korea Selatan, Singapura, Republik Rakyat Tiongkok dan Taiwan.

Di masa lalu, Vietnam yang merupakan daerah yang dikuasai Cina selama kurang lebih 1000 tahun menjadikan Vietnam mengadopsi sistem pemerintahan komunis, pemerintah mengendalikan sektor ekonomi, bisnis dan peraturan lainnya. Hal itu mengakibatkan perdagangan luar negeri terbatas karena produksi yang diatur oleh pemerintah.

Namun, setelah liberalisasi pasar Vietnam, pemerintah mengubah bentuk pemerintahannya menjadi republik sosialis dengan sistem pemerintahan parlemen. Dan hal inilah yang membuat perekonomian Vietnam meningkat pesat.

Selain itu Vietnam menjadi Negara pengekspor kacang mede dan kopi yang cukup berpengaruh di dunia. Vietnam menguasai sekitar 58 persen ekspor global degan 4 pasar utama adalah Amerika Serikat, RRT, Belanda dan Australia. Sementara itu pada bagian biji kopi, Vietnam menjadi negara ke-2 pengekspor kopi terbesar di dunia setelah Brazil.

Kekayaan alam Vietnam:

  • Vietnam memiliki cadangan minyak mentah di wilayah lepas pantai di Laut Cina Selatan sekitar 270 juta ton dan akan mengalami peningkatan karena adanya eksplorasi lanjutan.
  • Selain itu terdapat cadangan gas alam lebih dari 360 milyar meter kubik.
  • Sumber daya alam lainnya adalah Batubara dengan jenis antrasit dengan potensi cadangan sekitar 8 milyar ton dan mineral lainnya yaitu kromat, apatit, grafit, biji besi, tembaga, bauksit, emas, batu mulia, dan timah.

Fakta-Fakta Negara Vietnam

  • Ha Long Bay

Ha Long Bay, sebuah gugusan pulau terdiri dari 1.600 pulau besar dan beberapa pulau kecil yang membentuk gundukan batuan kapur putih yang menakjubkan. Pulau tersebut tidak bisa dihuni karena terjal dan tandus sehingga hanya bisa dinikmati keindahannya saja menggunakan perahu di sekitar pulau.

Ha Long Bay yang terletak di teluk Tonkin tepatnya di Vietnam utara dan berbatasan dengan Cina, berjarak kurang lebih 165 kilometer dari kota Hanoi memberikan pengalaman menjelajah yang menakjubkan terdapat bebatuan kapur menjulang dan membentuk pilar serta gua akibat erosi dan abrasi laut. Tidak mengherankan jika tempat ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994.

  • Makanan Eksotis dari Vietnam

Di Vietnam terdapat makanan eksotis yaitu TIet Canh, hidangan tradisional Vietnam yang terbuat dari darah segar angsa, bebek dan babi sebagai bahan dasarnya. Hidangan ini dipercaya dapat mengatasi kondisi kesehatan anemia.

Namun, makanan kontroversial ini tengah dilarang oleh pemerintah Vietnam karena adanya kandungan bakteri dalam darah babi yang berbahaya bagi manusia. Bakteri streptococcus dalam darah babi dapat menyebabkan gejala gangguan pernapasan jika sampai mengkontaminasi darah pemakannya.

  • Bentuk Rumah di Vietnam

Rumah di Vietnam dibuat menjulang tinggi keatas, terutama yang berada di perkotaan, karena harga tanah di daerah itu tinggi sehingga jika ada warisan tanah sebisa mungkin rumah dibuat menjadi tinggi agar bisa menampung 2-3 keluarga.

  • Sungai Parfum

Sungai ini membentang sepanjang 80 kilometer di kota Hue, pemberian nama Sungai Parfum sudah dinamai demikian sejak 100 tahun yang lalu. Disebut demikian karena saat musim gugur, bunga-bunga yang gugur memenuhi sungai dan membuat harum di sepanjang aliran sungai.

  •  Gua Vertikal terbesar di Dunia

Vietnam memiliki gua vertical terbesar di dunia berdasarkan volume dan luasan jelajahnya dengan nama Gua Sơn Đoòng yang berlokasi di Taman Nasional Phong Nha-Kẻ Bàng. Diketahui bahwa gua ini sudah ada sejak 2-5 juta tahun sehingga menciptakan stalagmit tertinggi di dunia dan karena luasnya area dalam gua hingga terdapat sungai yang berarus deras.

fbWhatsappTwitterLinkedIn