Karakteristik Korea Selatan – Geografis – Kependudukan

Korea merupakan sebuah negara yang ada di Benua Asia. Korea adalah negara yang terkenal di wilayah Asia. Korea dibagi menjadi dua negara yakni Korea Utara dan Korea Selatan. Kedua Korea ini merupakan negara yang unggul dan terkemuka. Korea Utara adalah negara yang kuat dan memiliki sejata nuklir yang terkemuka di dunia. Sementara Korea Selatan adalah negara yang unggul di bidang industri dan juga hiburan.

Begitu banyak dan begitu panjangnya apabila kita bercerita mengenai sejarah negara Korea, karena ini akan berkaitan dengan perang dunia yang terjadi di masa lampau. Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas mengenai sejarah kedua negara tersebut, karena kali ini yang akan kita bahas adalah fokus pada Korea Selatan, setelah sebelumnya lebih dalam mengenai Korea Utara. Yang akan kita bahas mengenai negara ini antara lain mengenai karakteristiknya, sistem pemerintahan, penduduk, serta fakta- fakta menarik seputar negara ini. Hal ini sangat bermanfaat untuk kita supaya kita lebih mengenai Korea Selatan sebagai bagian dari negara di Benua Asia.

Karakteristik Geografis

Karakteristik geografis dari negara Korea Selatan yang dimaksudkan adalah keadaan geografis atau keadaan alam dari negara Korea Selatan itu sendiri. Adapun kondisi geografis Korea Selatan masih mirip dengan negara- negara lain yang berada di Benua Asia. Korea Selatan merupakan negara yang menempati sebelah selatan dari semenanjung Korea. Luas negara ini mencapai 99.274 kilometer persegi. Batas- batas negara ini meliputi wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara: Korea Utara
  • Sebelah Selatan: Laut Kuning
  • Sebelah Timur: laut Jepang
  • Sebelah Barat: Negara China dipisahkan oleh Laut Kuning

Nah itulah beberapa batas- batas negara Korea Selatan. Di Korea Selatan ini titik tertinggi ada di puncak Gunung Halla yang terdapat di Pulau Jeju. Korea Selatan memang merupakan negara yang terdiri atas banyak pulau. Setidaknya pulau yang dimiliki negara ini mencapai 3.000 pulau dan sebagian besar tidak berpenghuni. Sebagian besar wilayah Korea Utara diselimuti oleh perbukitan dan juga gunung- gunung. Gunung- gunung di sebelah timur pada umumnya menjadi hulu dari sungai- sungai besar yang ada di Korea Selatan seperti Sungai Hang dan Sungai Naktong. Sementara itu di sebelah barat adalah dataran rendah pantai yang berlumpur. Sementara di sebelah utara dan selatan banyak terdapat teluk dan pelabuhan seperti Incheon, Yeosu, dll.

Sistem Pemerintahan dan Kependudukan

Korea Utara adalah negara yang berbentuk republik, dimana negara ini dipimpin oleh seorang presiden. Korea Selatan menjalin hubungan diplomatis dengan lebih dari 188 negara. Pada tanggal 1 Januari 2007, Menteri Luar Negeri Korea Selatan, yakni Ban Ki-moon resmi menjadi Sekretaris Jenderal PBB menggantikan Kofi Annan. Korea Selatan juga merupakan negara mitra strategis ASEAN sebagai anggota ASEAN plus 3.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Korea Selatan adalah gudangnya manusia berwajah indah, baik perempuan maupun laki-lakinya, sebagian besar memiliki wajah rupawan. Disamping itu bentuk tubuh yang dimiliki penduduk Korea Selatan bisa diacungi jempol dimana kulit putih, postur tubuh yang tinggi dan langsing, bibir yang merah menawan. Tidak heran bahwa banyak selebritis Korea Selatan merupakan selebritis yang diidolakan banyak masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Namun kecantikan maupun ketampanan yang dimiliki oleh warga Korea Selatan ini tidak semuanya alami.

Pasalnya, di negara ini banyak sekali rakyatnya yang melakukan operasi pada wajah maupun bentuk tubuh mereka guna memperoleh bentuk yang diinginkan. Tidak heran bahwa raut muka antara satu orang dengan orang lain terkadang sangat mirip dan seperti sama. Bahkan operasi pada wajah sudah menjadi trendsetter di negara ini. Namun dibalik itu semua, rakyat Korea Selatan merupakan rakyat yang memiliki jiwa nasionalis yang tinggi. di Korea Selatan setiap pemuda diwajibkan mengikuti program wajib militer  yang diselenggarakan pemerintah dalam waktu beberapa tahun. Hal

Fakta-Fakta Menarik

Negara Korea Selatan merupakan negara yang memiliki beberapa informasi menarik, antara lain sebagai berikut:

  • Operasi plastik sangat populer di negara ini
  • Perawatan gigi sangat mahal
  • Sebagian masyarakatnya memiliki penglihatan yang buruk
  • Masyarakatnya sangat tergila-gila dengan makanan
  • Bersentuhan fisik sesama jenis merupakan hal yang wajar
  • Hampir semua orang menggunakan kosmetik
  • Hampir semua orang menggunakan gadget
  • Memiliki program wajib militer

Nah itulah beberapa informasi mengenai Korea Utara. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!