Karakteristik Korea Utara – Geografis – Sistem Pemerintahan

Korea Utara merupakan salah satu negara yang terkenal di Benua Asia. Korea Utara menjadi salah satu negara yang kuat di dunia juga, hal ini karena salah satu fkator yang mendukungnya adalah Korea Utara memiliki nuklir sebagai senjata yang sangat ampuh di planet Bumi. Wilayah negara Korea memang dibagi menjadi dua, yakni Korea Utara dan Korea Selatan. Pembagian wilayah ini tidak terlepas dari sejarah konflik yang terjadi di masa lalu. Bahkan dari sejarah masa lalu, dua wilayah korea ini saling bermusuhan antara satu dengan yang lainnya.

Begitu banyak dan begitu panjangnya apabila kita bercerita mengenai sejarah negara Korea, karena ini akan berkaitan dengan perang dunia yang terjadi di masa lampau. Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas mengenai sejarah kedua negara tersebut, karena kali ini yang akan kita bahas adalah fokus pada Korea Utara. Yang akan kita bahas mengenai negara ini antara lain mengenai karakteristiknya, sistem pemerintahan, penduduk, serta fakta- fakta menarik seputar negara ini. hal ini sangat bermanfaat untuk kita supaya kita lebih mengenai Korea Utara sebagai bagian dari negara di Benua Asia.

Sejarah Singkat

Sebelum masuk membahas mengenai karakteristiknya, kita akan ulas bersama mengenai sejarah singkat negara ini. wilayah Korea dibagi menjadi dua wilayah yang dikuasai oleh dua negara yang berbeda. Kedua negara yang menguasai wilayah ini adalah negara adikuasa yang berjaya di masa perang dunia, yakni Uni Soviet atau Rusia dan Amerika Serikat. Dimana wilayah Korea bagian utara dikuasai oleh Uni Soviet dan Korea bagian selatan dikuasai oleh Amerika Serikat.

Menurut sejarah yang beredar, kedua negara terlibat konflik yang hebat hingga melakukan peperangan antara dua kubu. Perang saudara ini berlangsung cukup lama dan sengit. Namun untuk sekarang ini kedua negara sudah tidak bermusuhan lagi. Hal ini selaras dengan tujuan lembaga PBB yang memelihara perdamaian dunia. Sehingga saat ini akan kita dapati negara Korea Utara dan Korea Selatan menjadi negara yang bersaudara dan hidup damai berdampingan.

Karakteristik Geografis

Karakteristik geografis dari negara Korea Utara yang dimaksudkan adalah keadaan geografis atau keadaan alam dari negara Korea Utara sendiri. Adapun kondisi geografis Korea Utara masih mirip dengan negara- negara lain yang berada di Benua Asia. Korea Utara menguasai sebagian utara semenanjung Korea. Luas negara ini mencapai 120.540 kilometer persegi.batas- batas negara ini meliputi wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara: Republik Rakyat Tiongkok dan Rusia
  • Sebelah Selatan: Korea Selatan
  • Sebelah Timur: Jepang
  • Sebelah Barat: Sungai Kuning dan Teluk Korea

Nah itulah beberapa batas- batas negara Korea Utara. Di Korea Utara ini titik tertinggi ada di puncak Gunung Paektu-san dengan ketinggian 2.744 meter. Sementara sungai terpanjang di negara ini adalah Sungai Amnok yang mengalir sepanjang 790 km. sebagian besar wilayah Korea Utara diselimuti oleh perbukitan dan juga gunung- gunung. Bahkan sekitar 80% negara ini merupakan gunung dan juga perbukitan yang dipisahkan oleh lembah- lembah sempit. Ada daratan pesisir yang luas di bagian barat, serta sebagian besar penduduk tinggal di wilayah dataran rendah. Oleh karena keadaan geografisnya banyak yang berupa pegunungan maka iklim di Korea Utara merupakan iklim pegunungan juga.

Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan di Korea Utara menganut sistem Satu Partai atau Partai Tunggal. Negara ini dipimpin oleh seorang presiden. Negara Korea Utara merupakan negara yang secara sepihak menyatakan sebagai negara Juche yakni percaya dengan kekuatan sendiri. Rakyat Korea Utara melakukan pemujaan kepribadian terhadap Kim II-sung dan Kim Jong-il.

Setelah mangkatnya Kim II-sung pada tahun 1994, dia memperoleh gelar “Presiden Abadi” dan dikuburkan di Istana Memorial Kumsusan di Pyongyang pusat. Meskipun telah meningal, Kim II-sung ini tetap dianggap sebagai presiden, namun secara de facto kepala negara Korea Utara adalah Kim Jong-un yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara. Sementara itu Badan Legislatif tertinggi di Korea Utara adalah Majelis Tertinggi Rakyat yang diketuai oleh Kim Yong-nam.

Kependudukan

Kependudukan di Korea Utara memiliki keadaan Hak Asasi Manusia yang sedikit berbeda dengan negara- negara lain. Beberapa organisasi hak asasi manusia internasional menilai bahwa Korea Utara sebagai salah satu negara yang memiliki catatan hak asasi manusia terburuk. Penduduk Korea Utara sering disebut sebagai “orang yang paling diperlakukan brutal di dunia karena batasan- batasan yang ketat yang diletakkan di atas kebebasan politik dan juga ekonomi mereka.

Fakta-Fakta Menarik

Negara Korea Utara merupakan negara yang memiliki beberapa informasi menarik, antara lain sebagai berikut:

  • Tidak merayakan Natal
  • Penduduknya menyembah Kim Jong II
  • Tidak memperbolehkan mengambil foto tanpa izin
  • Ada aturan mengenai model rambut
  • Memiliki terowongan rahasia
  • Memiliki senjata nuklir yang di klaim menjadi senjata terkuat di dunia

Nah itulah beberapa informasi mengenai Korea Utara. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial