Negara Taiwan: Penduduk – Kekayaan Alam dan Ekonomi

Banyak yang berpikir mengenai status dari Taiwan, apakah bagian dari Republik Rakyat Tiongkok atau sebuah negara merdeka? Sebab PBB sendiri mengakui Taiwan sebagai bagian dari Cina, bukan sebuah negara merdeka. Bahkan hanya sekitar 25 negara saja yang mengakui Taiwan sebagai negara merdeka.

Hingga saat ini status negara Taiwan masih menjadi bagian dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT), meskipun RRT sendiri tidak pernah menguasai Taiwan atau bagian kecil lainnya milik Taiwan.

Berdasarkan pendapat Republik Rakyat Tiongkok sendiri bahwa mereka adalah penerus RRT sejak tahun 1949 dan RRT memerintah Taiwan selama 4 tahun saja yakni di tahun 1945 hingga 1949.

Karakteristik Negara Taiwan

Negara Taiwan merupakan sebuah pulau yang dikenal dengan sebutan Ilha Formosa (bahasa Prancis) dan mempunyai arti pulau yang indah. Taiwan berada di Asia Timur, tidak jauh dari pantai Tiongkok Dalam tersebut mempunyai panjang wilayah sekitar 398 km dan lebar 144 km.

Beribu kota di Taipei negara ini menganut sistem pemerintahan semi presidensial dengan kepala pemerintahan Republik Tiongkok (Taiwan) adalah presiden bermasa jabatan selama 4 tahun. Dalam hal ini presiden memiliki kekuasaan sebanyak 4 cabang (yuan) yakni Yuan Eksekutif, Yuan Perwakilan, Yuan Kehakiman, dan Yuan Pengawasan.

Secara geografis Negara Taiwan mempunyai batasan wilayah berupa:

  • Sisi barat berbatasan dengan: Pantai Tiongkok Daratan, Republik Rakyat Tiongkok dan Selat Taiwan.
  • Sisi utara berbatasan dengan: Laut Cina Timur.
  • Sisi timur laut berbatasan dengan: Negara Jepang.
  • Sisi timur berbatasan dengan: Kepulauan Ryukyu (Jepang) dan Samudera Pasifik.
  • Sisi tenggara berbatasan dengan: Negara Filipina.
  • Sisi selatan berbatasan dengan: Laut Cina Selatan dan Selat Luzon.

Negara yang memiliki luas wilayah sekitar 36.192 km persegi tersebut, secara yuridikasi meluas hingga ke Matsu, Kinmen, Pulau Penghu dan lain sebagainya.

Bahkan Taiwan terbagi menjadi 5 wilayah antara lain wilayah timur, selatan, tengah, utara dan luar pulau, serta terdapat 5 kota besar di Taiwan yakni:

  • Taipei (ibu kota)
  • Taichung
  • Kaohsiung
  • Tainan
  • Taoyuan

Penduduk Negara Taiwan

Bisa dikatakan kepadatan penduduk di Taiwan cukup tinggi, dengan jumlah penduduk Taiwan saat ini sekitar 23 juta jiwa. Sebagian besar masyarakat Taiwan berasal dari etnis Tionghoa dengan budaya Cina yang kental. Meskipun begitu, terdapat beberapa etnis negara lain yang tinggal di Taiwan seperti Filipina, India, dan Indonesia.

Dalam kehidupan sehari – hari, masyarakat Taiwan menggunakan bahasa Mandarin, bahkan bahasa ini juga ditetapkan sebagai bahasa resmi negara tersebut. Di bidang agama kebanyakan masyarakat Taiwan beragama Kristen, Budha, Konghuchu, dan Islam.

Sistem Ekonomi Negara Taiwan

Untuk di bidang ekonomi dahulu Negara Taiwan mengadalkan sektor pertanian, namun saat ini sudah berpindah kepada sektor industri.

Hampir sebagian besar sektor industri bergerak di bidang jasa konstruksi, komputer, perbankan, industri elektronika hingga semikonduktor yang telah mendapat pengakuan internasional, kapal, transportasi, dan jasa penerbangan.

Selain itu, Taiwan juga mengandalkan sektor jasa utama lainnya yakni di bidang pelayaran, kargo, dan penerbangan dengan reputasi terbaik dan kuat.

Saat terjadi krisis Asia di tahun 1997, perekonomian Taiwan tidak terlalu berpengaruh jika dibandingkan dengan negara – negara yang ada di Asia.

Kekayaan Alam Negara Taiwan

Taiwan mempunyai kekayaan alam yang berlimpah, hal ini terlihat dari kontur daratannya dikelilingi barisan gunung dengan Gunung Yushan (Giok) sebagai gunung tertinggi di Asia Timur (tinggi 3. meter).

Selain itu, Taiwan juga memiliki bukit, lembah, ngarai, dataran tinggi, dataran rendah serta pantai berombak, bahkan terdapat trumbu karang yang indah di bagian selatan pulau (Pintung Country).

Jenis flora dan fauna di Taiwan juga sangat beragam, hal ini disebabkan wilayah ini berada di iklim tropis dan subtropis. Tercatat ada sekitar:

  • 670 jenis burung
  • 120 jenis mamalia
  • 65 amfibi
  • 141 reptil
  • 3.100 jenis ikan

Untuk menjaga kelestarian alamnya, sekitar 20% lahan Taiwan dijadikan sebagai kawasan dilindungi yang terdiri atas:

  • 1 taman nasional
  • 22 cagar alam
  • 6 cagar hutan
  • 37 habitat satwa liar
  • 20 penangkaran satwa liar

Bahkan kekayaan alam tersebut berpadu dengan keberagaman adat istiadat masyarakat Taiwan sehingga menjadi objek wisata yang menarik bagi turis internasional.

Salah satunya wisata budaya berupa kuil seperti Candi Bangka Longshan di Guangzhou, Taipei yang merupakan situs warisan kota tempat dewa – dewa penting Buddhisme, Doisme dan Konfuncianisme ditempatkan.

Fakta Unik Negara Taiwan

1. Warna putih lambang kematian

Jika di Indonesia warna putih adalah simbol kesucian, lain halnya di Taiwan justru warna putih adalah warna yang digunakan saat pemakaman. Bagi masyarakat Taiwan warna putih melambangkan kematian tidak heran jika saat pemakaman banyak orang mengenakan pakaian berwarna putih.

2. Membutuhkan waktu 8 jam untuk berkeliling

Taiwan termasuk negara kecil, sehingga hanya dibutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk berkendara mengelilingi Taiwan. Untuk mencapai sisi selatan Taiwan bisa ditempuh selama 2 jam menggunakan kereta cepat.

3. Ibu kota sekrup dunia

Sekitar seperenam dari total sekrup yang ada di dunia berasal dari Taiwan, bahkan 50% sekrup di Amerika Serikat berasal dari Taiwan. Pusat pembuatan sekrup di Taiwan berada di distrik Gangshan, Kaohsiung dengan lebih dari 700 pabrik.

4. Truk sampah menggunakan musik

Di Taiwan truk sampah dilengkapi dengan musik keras untuk mengundang warga membawa sampah yang mereka miliki ke truk. Bahkan pada saat hari Natal truk sampah akan memutarkan lagi bertema natal.

5. Penggunaan internet gratis

Saat ini pemerintah Taiwan memberikan pelayanan berupa internet gratis bagi semua orang di tempat – tempat umum. Wi-fi gratis tersebut bisa diakses di seluruh kota seperti pertokoan, rumah sakit, alat transportasi hingga perpustakaan.

Demikian penjelasan mengenai negara Taiwan, semoga bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn