Inilah 10 Negara Dengan Pulau Terbanyak Di Dunia, Indonesia Bukan Urutan Pertama

Setiap negara yang terdapat di seluruh dunia memiliki kekhasan tersendiri. Beberapa di antaranya memiliki batasan wilayah berupa daratan dengan negara lain atau lebih dikenal dengan nama negara pedalaman. Negara – negara tersebut banyak ditemukan di Benua Afrika seperti negara Chad dan Zambia di mana kedua negara tersebut dikelilingi oleh beberapa negara dalam batas daratannya. Selain negara pedalaman terdapat juga negara pesisir atau negara yang mempunyai batasan berupa daerah perairan atau laut. Negara – negara ini biasanya lebih berkembang dibandingkan dengan negara pedalaman. Sebab laut atau negara yang dialiri oleh sungai biasanya banyak digunakan sebagai tempat berlabuhnya beberapa kapal yang berasal dari berbagai negara untuk kegiatan bongkar muat kapal dagang ataupun industri. Seperti halnya negara Djibouti yang berada di Afrika Timur dekat dengan Teluk Aden di mana negara tersebut memiliki banyak pelabuhan internasional sebab lokasinya sangat strategis untuk kapal – kapal dari dan ke Terusan Suez di Laut Merah.

Sebagian besar negara yang sudah disebutkan di atas hanya memiliki satu daratan saja. Padahal di dunia ini ada banyak negara yang memiliki banyak pulau atau lebih dikenal sebagai negara kepulauan. Negara kepulauan yaitu negara yang mempunyai banyak pulau serta keragaman suku, budaya hingga adat istiadatnya. Istilah negara kepulauan sendiri telah ditegaskan dalam konvensi Perserikatan Bangsa – Bangsa yang artinya negara yang keseluruhannya terdiri atas satu gugus besar atau mempunyai lebih dari kepulauan mencangkup pulau – pulau lainnya. Lalu negara mana saja di dunia ini yang memiliki pulau terbanyak? Berikut daftarnya.

  1. Swedia – 267.570 pulau

Negara Swedia menjadi negara yang memiliki jumlah pulau paling banyak di dunia. Bahkan ibukotanya, Stockholm merupakan kumpulan dari beberapa pulau kecil yang dihubungkan oleh jembatan. Meskipun begitu, tidak banyak pulau yang berpenghuni di Swedia. Pulau – pulau yang paling banyak dihuni penduduk Swedia serta menjadi tempat destinasi oleh wisatawan asing yakni Blido, Orno, Moja, Uto dan Sando sedangkan sisanya hanya ditempati oleh satu atau dua keluarga, bahkan tidak berpenghuni sama sekali.  Tidak heran jika pemerintah setempat memberikan kesempatan bagi siapapun untuk membeli salah satu pulau di Swedia.

  1. Finlandia – 179.584 pulau

Negara kedua dengan jumlah pulau terbanyak di dunia yaitu negara Finlandia. Negara ini juga tidak hanya memiliki pulau yang banyak saja, tetapi juga jumlah danau yang mencapai 187.888 buah. Hampir sebagian besar pulau yang berada di negara Finlandia merupakan pulau karang yang cukup terjal, sehingga jarang untuk dijadikan tempat tinggal. Untuk pulau – pulau yang berada tidak jauh dari daratan utama dimanfaatkan untuk bangunan seperti kastil atau bangunan berarsitektur kuno. Terdapat salah satu pulau yang dikhususkan untuk dikunjungi oleh wanita saja bernama SuperShe Island.

  1. Norwegia (lebih dari 50.000 pulau)

Negara yang terletak di bagian paling utara bumi ini ternyata masuk ke dalam daftar sebagai negara dengan jumlah pulau terbayak di dunia. Negara yang memiliki luas wilayah mencapai 385.525 km persegi ini setidaknya terdapat lebih dari 50 ribu pulau dan terbentang dari Pulau Bouvet hingga Svalbard. Bahkan ada salah satu pulau yang akan memberlakukan zona bebas waktu yaitu Pulau Sommaroy atau saat musim panas tiba dikenal dengan nama Summer Island. Hal ini bukan tanpa sebab, saat musim panas tiba pulau ini tidak akan mengalami matahari terbenam selama lebih dari 2 bulan (Baca: Midnight Sun), begitupun sebaliknya saat musim dingin, Pulau Sommaroy tidak akan mendapatkan sinar matahari.

  1. Kanada (lebih dari 36.000 pulau)

Tidak hanya terkenal sebagai negara terbesar kedua di dunia, negara Kanada juga memiliki jumlah pulau lebih dari 30 ribu. Pulau – pulau ini tersebar dari Amerika Utara sampai dengan Kutub Utara atau Artik. Hampir sebagian besar pulau – pulau yang berada di Kanada terutama di bagian dekat dengan Kutub Utara bisa dikatakan sangat liar dan selalu tertutup oleh lapisan es yang tebal. Semakin ke arah selatan, beberapa pulau dipenuhi oleh hutan tebal dan banyak dihuni oleh penduduk lokal.

  1. Indonesia – 18.307 pulau

Seperti yang kita ketahui, Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Bahkan beberapa pulau banyak dikunjungi oleh wisatawan asing untuk menikmati keindahan alam yang dimilikinya seperti Bali dan Raja Ampat di Papua. Dengan jumlah pulau mencapai lebih dari 18.000 ribu namun hanya sekitar 13.644 pulau saja yang sudah terdaftar di PBB. Namun hanya sekitar 9 ribu pulau yang dihuni oleh penduduk Indonesia sedangkan sisanya hanya berupa pulau tak berpenghuni.

  1. Australia – 8.222 pulau

Negara yang berada tidak jauh dari Indonesia ini ternyata masuk ke dalam daftar negara dengan pulau terbanyak. Tercatat ada sekitar lebih dari 8.000 pulau yang dimiliki negeri kanguru ini. Salah satu pulau yang terkenal yaitu Pulau Norfolk yang berada di lepas Teluk Byron. Pulau ini mempunyai suasana yang tenang serta pemandangan alam yang indah. Keunikan pulau ini yaitu tidak terdapat lampu merah serta jika ingin tinggal di pulau ini penghuni hanya boleh tinggal selama 3 bulan saja. Pilihan lain yaitu jika menjalankan bisnis di Pulau Norfolk selama 5 tahun, penghuni bisa tinggal secara permanen.

  1. Filipina – 7.641 pulau

Setidaknya terdapat lebih dari 7.000 pulau yang dimiliki oleh negara Filipina. Negara Filipina sendiri terbagi atas tiga zona atau grup pulau besar yakni Luzon, Mindanao dan Visayas. Bahkan salah pulau di Filipina yaitu Pulau Siargao mendapat predikat pulau terbaik, mengalahkan Pulau Bali di Indonesia versi Conde Nast Traveler. Pulau Siargao memiliki 15 titik selancar karena ombak di laut cukup tinggi serta berpasir putih. Tidak heran jika di Siargao terdapat sekolah selancar untuk pemula dan juga banyak penyewaan papan selancar.

  1. Jepang – 6.852 pulau

Jumlah pulau yang dimiliki oleh negara Jepang termasuk terbesar di kawasan Asia Timur. Beberapa pulau di antaranya termasuk kelompok pulau besar seperti Hokkaido, Honshu, Kyushu dan Shikoku. Tidak heran jika sebagian besar wilayah daratan yang terdapat di Jepang berada di keempat pulau tersebut. Dari total keseluruhan pulau yang ada hanya sekitar 430 pulau yang dihuni.

  1. Inggris – 6.806 pulau

Inggris atau Kerajaan Inggris termasuk negara kepulauan yang terdiri atas negara Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales. Dengan luas wilayah mencapai 1.728.000 km persegi tidak heran jika pulau yang terdapat di Inggris bisa mencapai lebih dari 6 ribu pulau dengan 6.289 pulau berada di Skotlandia. Ada salah satu pulau yang terletak di bagian paling ujung barat yakni pulau Foula yang dihuni oleh 30 orang saja. Menurut sejarah, pulau Foula sudah dihuni sejak 5.000 tahun yang lalu dan telah dimiliki secara pribadi oleh keluarga Holbourn.

  1. Kepulauan Maladewa – 1.200 pulau

Banyak orang setuju jika Kepulauan Maladewa adalah salah satu surga yang berada di Samudra Hindia. Tidak heran jika hampir setiap tahun Maladewa menjadi tempat pilihan favorit oleh para turus dari berbagai negara di dunia. Pulau – pulau yang terdapat di Maladewa sendiri merupakan pulau karang yang saling berjejer membentuk dua garis atol dengan luas mencapai 90.000 meter persegi.

Itulah tadi beberapa negara yang memiliki jumlah pulau terbanyak di dunia. Tentunya masih banyak lagi negara lain yang juga mempunyai jumlah pulau terbanyak. Anda bisa menambahkannya pada kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat.