Inilah 7 Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar Di Indonesia

Hampir setiap negara yang ada di seluruh dunia mempunyai produk unggulan tersendiri dan menjadi ciri khas dari negara tersebut. Sebagian besar produk tersebut berasal dari alam, namun untuk mendapatkan nilai jual yang tinggi biasanya harus melewati berbagai macam tahapan hingga menghasilkan suatu produk dengan daya jual tinggi. Indonesia menjadi salah satu negara yang memanfaatkan kekayaan alam yang dimilikinya. Lokasinya yang cukup strategis yaitu berada di antara 2 samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dan 2 benua (Asia dan Australia) serta beriklim tropis, menjadikan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah. Ditambah Indonesia menjadi tempat yang cocok bagi beberapa tumbuhan tropis seperti kelapa sawit.

Hampir sebagian besar masyarakat pasti sudah mengetahui jika kelapa sawit merupakan bahan baku utama dari minyak goreng. Padahal kelapa sawit tidak hanya diolah menjadi minyak goreng saja, namun juga dapat diolah menjadi produk lain salah satunya sabun. Tidak heran jika sebagian besar masyarakat secara tidak langsung sangat bergantung pada kelapa sawit. Hal ini juga menjadikan kelapa sawit sebagai komoditas terpenting di Indonesia. Saat ini sudah banyak dilakukan budidaya kelapa sawit di beberapa tempat di Indonesia. Konsep budidaya kelapa sawit sebagian besar berupa perkebunan yang jumlahnya sangat luas. Bahkan beberapa perkebunan kelapa sawit yang ada di Indonesia dikelola oleh pihak swasta dan perkebunan rakyat, namun tidak sedikit pula berasal dari pemerintah dengan rincian perkebunan rakyat sekitar 6,77 juta hektar, perkebunan swasta 8,56 juta hektar dan miliki negara atau pemerintah mencapai 1,05 juta hektar.

Permintaan dari olahan kelapa sawit mengalami peningkatan setiap tahunnya, dan hal ini juga berdampak pada perluasan area perkebunan khusus kelapa sawit. Hingga pada bulan Oktober 2019, luas lahan untuk kelapa sawit yang berada di Indonesia kurang lebih sekitar 16,38 juta hektar. Meskipun begitu tidak semua daratan Indonesia sesuai untuk budidaya tumbuhan kelapa sawit. Pulau Sumatra dan Kalimantan menjadi tempat yang tepat untuk melakukan kegiatan pengolahan kelapa sawit. Dan berikut ini adalah beberapa daerah penghasil kelapa sawit terbesar yang terdapat di Indonesia.

  1. Riau

Jika kita mendengar provinsi ini, pasti identik dengan kabut asap yang cukup sering mengganggu Riau. Hampir sebagian besar lahan di Riau termasuk lahan gambut yang sangat mudah terbakar. Meskipun begitu, Riau termasuk provinsi dengan luas area perkebunan kelapa sawit paling luas di Indonesia.Tercatat di tahun 2017 luas perkebunan kelapa sawit sekitar 2.703.199 hektar dan terus mengalami peningkatan hingga mencapai kurang lebih 2.806.349 hektar di tahun 2019. Artinya luas areal perkebunan kelapa sawit ini lebih dari seperempat luas Provinsi Riau sendiri yaitu lebih dari 8,7 juta hektar.

  1. Sumatra Utara

Urutan selanjutnya berada di Sumatra Utara dengan luas perkebunan kelapa sawit mencapai 1.773.049 hektar di tahun 2019, di mana pada tahun 2016 hanya sekitar 1.342.523 hektar. Luas pekebunan kelapa sawit di Sumatra Utara terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Hal ini terbukti dari permintaan ekspor lemak dan minyak nabati yang berasal dari CPO (Crude Palm Oil) terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tidak heran jika perkebunan kelapa sawit menjadi komoditas paling menguntungkan hingga beberapa tahun kedepan.

  1. Kalimantan Barat

Kebun kelapa sawit yang terdapat di Kalimantan Barat sudah ada seak tahun 1980-an dan pertama kali dikelola oleh perusahan milik pemerintah, PTPN XIII dengan melakukan kerja sama dengan masyarakat setempat melalui PIR (Pekebunan Inti Rakyat). Namun pada perkembangannya, perkebunan di Kalimantan Barat mengalami banyak permasalahan. Dengan luas area perkebunan mencapai kurang lebih 1.570.675 hektar di tahun 2019, tidak membuat Kalimantan Barat sebagai provinsi yang kaya. Menurut BPS tingkat kemiskinan di Kalimantan Barat mencapai 7,49 persen artinya masih kurang tingkat kesejahteraan masyarakat di sana.

  1. Kalimantan Tengah

Perkebunan kelapa sawit yang berada di Kalimantan Tengah terus mengalami peningkatan. Tidak heran jika di Kalimantan Tengah banyak terdapat beberapa perusahaan kelapa sawit baik itu milik pemerintah maupun swasta yaitu ada sekitar 183 perusahaan. Luas perkebunan kelapa sawit yang berada di Kalimantan Tengah mencapai 1.480.988 hektar di tahun 2017 dan mengalami peningkatan di tahun 2019 menjadi sekitar 1.532.734 hektar. Hal ini didukung dengan pengiriman CPO untuk ke luar negeri berjalan dengan cukup baik. Meskipun begitu perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah masih tetap menjadi penyumbang 9 juta ton CPO dari total seluruh produksi CPO di Indonesia.

  1. Sumatra Selatan

Provinsi Sumatra Selatan menjadi salah satu provinsi yang terdaftar pada program peremajaan atau replanting untuk tanaman kelapa sawit. Kabupaten Musi adalah daerah terluas di Indonesia yang mendapat program tersebut di tahun 2017. Di tahun 2019 sendiri pemerintah menargetkan untuk menambah sekitar 5.000 hektarm dan jika direalisasikan ada sekitar 12.000 hektar lahan kelapa sawit yang mengalami replanting. Diketahui jika luas perkebunan kelapa sawit pada tahun 2015 hanya sekitar 952.082 hektar dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya hingga mencapai sekitar 1.220.468 hektar di tahun 2019.

  1. Kalimantan Timur

Perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Timur sudah ada sejak tahun 1983 di Kabupaten Paser kemudian terus berkembang hingga di Kabupaten Kutai Timur dan Kutai Kartanegara. Luas area pekebunan kelapa sawit yang terdapat di Kalimantan Timur terus mengalami peningkatan hingga sekitar 1.107.437 hektar tahun 2019 yang di tahun sebelumnya hanya sekitar 1.083.286 hektar. Perusahaan kelapa sawit baik yang berasal dari pemerintah maupun swasta turut memperdayakan masyarakat yang memiliki lahan perkebunan tidak terpakai untuk ditanami tanaman kelapa sawit melalui kerja sama pola perkebunan inti atau plasma.

  1. Jambi

Salah satu provinsi di Pulau Sumatra ini juga menjadi tempat penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Pada tahun 2019 jumlah produksi kelapa sawit yang diperoleh mencapai 1,03 juta hektar dan terus mengalami peningkatan dari tahun – tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan banyaknya pengalihan lahan sawah menjadi perkebunan kelapa sawit yang dianggap sangat menguntungkan. Tidak heran jika sebagian besar perkebunan kelapa sawit yang berada di Provinsi Jambi merupakan milik masyarakat.

Itulah tadi beberapa daerah di Indonesia yang terkenal akan produksi kelapa sawitnya. Semoga Informasi di atas bisa menambah pengetahuan Anda. Jika ada informasi tambahan bisa ditulis pada kolom komentar di bawah.