10 Pulau di Galapagos dan Ekuador yang Terkenal

Ekuador merupakan sebuah negara yang memiliki letak di benua Amerika, lebih tepatnya merupakan bagian dari Amerika Selatan. Republik Ekuador sangat mirip dengan Indonesia dalam hal masalah iklim dan cuaca karena merupakan salah satu negara yang dilewati dengan garis khatulistiwa. Negara ini berbatasan secara langsung dengan negara Kolombia dan negara Peru.

Di sebelah utara, ekuador adalah negara Kolombia, sedangkan perbatasan selatan dan timur berbatasan dengan negara peru, sementara untuk bagian barat sendiri langsung berbatasan dengan Samudra Pasifik. Ekuador dikenal sebagai negara kecil yang memiliki total luas wilayah sebesar 283.560 km persegi. Ekuador merupakan negara terkecil ke empat di Amerika Selatan.

Ekuador memiliki kepulauan yang bernama Kepulauan Galapagos, yang cukup terkenal karena destinasi wisatanya. Kepulauan Galapagos memiliki total luas wilayah sebesar 8010 km persegi. Kepulauan ini terletak kurang lebih 1329 km dari ibu kota Ekuador, Quito.

Kurang lebih ada 13 sampai 15 pulau yang ada di kepulauan Galapagos. Apa saja nama – nama pulau yang cukup populer di kepulauan Galapagos? Berikut adalah nama – nama pulau di Galapagos.

1. Pulau Isabela

Pulau Isabela adalah salah satu pulau utama di kepulauan Galapagos yang terletak di negara Ekuador. Pulau ini merupakan pulau terbesar yang ada di kepulauan Galapagos, Ekuador, dan jika pulau lainnya digabungkan masih lebih besar pulau Isabela ini. Pulau Isabela dilewati langsung oleh garis khatulistiwa sehingga memiliki iklim tropis seperti mirip dengan iklim Indonesia.

Luas pulau Isabela diperkirakan 4640 km persegi, dengan daratan tertinggi merupakan sebuah gunung yang bernama Wolf dengan ketinggian 1707 meter di atas permukaan laut. Di pulau terbesar ini terdapat berbagai binatang liar yang bisa ditemukan. Penguin Galapagos, Iguana berjenis Marine Iguana, Burung sejenis burung laut (Cormorant Sea Bird), Booby Birds (species burung yang memiliki kaki berwarna biru), dan burung Pelikan. Tidak heran 90% area kepulauan Galapagos ini memang dijadikan tempat untuk cagar alam.

Kota terbesar di Pulau Isabela ini adalah Puerto Vilamil, yang banyak dijadikan destinasi wisata jika ingin berkunjung di pulau Isabela. Akses ke pulau ini memerlukan perjalanan laut karena tidak adanya akses jalur udara di pulau Isabela. Adapun beberapa tujuan atau destinasi wisata yang cukup populer di pulau Isabela adalah,

  • Giant Turtoise Breeding Centre, Merupakan tempat yang digunakan untuk mengembang biak kan dan membesarkan Giant Turtoise atau penyu sebelum dilepas ke alam bebas.
  • Sierra Negra, Melihat pemandangan indah dari gunung dan juga berkesempatan untuk melihat kaldera terbesar kedua di dunia.
  • Las Tintoteras, Sebuah habitat dari hiu putih yang bisa anda nikmati. Tapi disini dilarang untuk berenang.
  • Wall of Tears, Merupakan tempat yang biasa digunakan untuk hiking dan menikmati pemandangan alam pulau Isabela.

2. Pulau San Cristobal

Pulau kedua yang cukup populer di kepulauan Ekuador (Galapagos) adalah pulau yang bernama San Cristobal. Pulau Sang Cristobal memiliki sejarah yang cukup unik dimana, pulau ini adalah tempat Charles Darwin pertama kali mendarat. Luas wilayah pulau ini adalah 558 km persegi, dengan titik tertinggi mencapai 730 meter di atas permukaan laut.

Ibukota provinsi Galapagos terletak di pulau San Cristobal ini, ibu kota provinsi itu bernama Puerto Baquerizo Moreno. Beberapa ahli berpendapat bahwa pulau San Cristobal ini mempunyai penduduk cukup besar, dengan populasi penduduk sekitar 6000 populasi, dan juga pulau ini merupakan pulau tersubur. Penduduk setempat banyak yang bekerja sebagai petani, nelayan, pejabat publik, dan juga bekerja di industri wisata.

Banyak juga species hewan yang ditemukan di pulau ini, seperti Frigate Birds(burung pemakan ikan), Singa Laut Galapagos, Giant Turtoise (Penyu Laut Raksasa), Booby birds, dan ada juga lumba – lumba. Untuk destinasi wisata terdapat beberapa destinasi yang cukup menarik di Pulau San Cristobal ini, seperti:

  • Cerro Brujo, Merupakan sebuah pantai yang indah, biasanya digunakan untuk snorkeling, dan juga berenang. Jika anda beruntung akan menemui beberapa hewan laut yang cantik, seperti kuda laut, dan karang – karang yang indah.
  • Leon Dormido, Tempat wisata untuk para penyelam yang bisa dikunjungi selagi ada di pualu San Cristobal, dengan pemandangan bawah laut yang sangat indah.
  • Ochoa Beach, Puerto Chino, dan Sapho Cove, merupakan jajaran pantai yang memiliki keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

3. Pulau Santa Cruz

Pulau ketiga yang cukup populer di kepulauan Ekuador atau Galapagos ini, adalah Pulau Santa Cruz. Pulau ini merupakan pulau terbesar kedua setelah pulau Isabela. Luas wilayah dari pulau Santa Cruz mencapai 986 km persegi, dengan titik tertingginya adalah 864 meter di atas permukaan laut.

Pulau ini memiliki penduduk terbanyak diantara pulau – pulau yang ada di kepulauan Galapagos yang terletak di Ekuador, dengan jumlah populasi kurang lebih 12,000 orang. Selain itu penduduk setempat tercatat memiliki beberapa pekerjaan seperti bertani, dan beternak. Kota yang memiliki penduduk terbanyak terletak di kota Puerto Ayora.

Tidak heran Puerto Ayora menjadi salah satu tempat yang memiliki penduduk terbanyak, karena di kota ini terdapat berbagai macam fasilitas yang terbaik daripada kota – kota lainnya di kepulauan Galapagos. Terdapat koneksi Internet, cafe, dan berbagai fasilitas lainnya.

Terdapat beberapa tujuan wisata yang cukup populer di sini, seperti:

  • Hiking
  • Kayaking
  • Diving dan Snorkeling

Tortuga, juga merupakan daftar pantai yang harus dikunjungi dengan berbagai kekayaan alam dan juga masih banyak species liar yang ada. Giant Turtoise (Penyu laut), Iguana, dan Hiu Putih, bisa anda lihat di pantai Tortuga ini. Sekitar 1 km dari pusat kota Puerto Aroya ini juga terdapat tempat bernama Charles Darwin Station yang di dalamnya terdapat sejarah dan berbagai jenis flora dan fauna yang ada di kepulauan Galapagos.

4. Pulau Fernandina

Pulau Fernandina terletak di sebelah barat pulau Isabela, merupakan sebuah pulau di kepulauan Galapagos yang memiliki luas wilayah terbesar ketiga di seluruh kepulauan Galapagos. Luas wilayah pulau Fernandina 642 km persegi, dengan titik tertinggnya adalah 1494 meter di atas permukaan laut. Pulau ini dikenal sebagai pulau yang tidak memiliki species seperti tikus, dan species hewan lain yang tidak berasal dari galapagos.

Pulau Fernandina juga terkenal dengan pulau dengan gunung api yang aktif. Jika berkunjung ke pulau ini, peluang besar untuk melihat erupsi gunung berapi. Salah satu gunung berapi yang bernama Shield Volcano, terakhir meletus dan bererupsi pada tahun 2009 yang lalu.

Seperti pada pulau lainnya yang ada di kepulauan Galapagos, pulau Fernandina juga memiliki beberapa tujuan wisata populer. Tujuan wisata itu terdiri dari tempat snorkeling dan diving, melihat kekayaan fauna yang ada di pulau Fernandina, dan juga melihat keindahan gunung berapi dari dekat.

Marine Iguana, yang merupakan species iguana yang umum ditemukan di kepulauan Galapagos sangat mudah ditemukan di pulau ini. Punta Ezpinoza, merupakan sebuah destinasi wisata dimana kita bisa melihat keindahan marine iguana dari dekat. Pulau Fernandina ini juga merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni di kepulauan Galapagos dan Ekuador. Pulau ini hanya digunakan sebagai tempat wisata yang ingin berkunjung sebentar untuk melihat keindahan pulau Fernandina dari dekat.

5. Pulau Santiago

Salah satu pulau lagi yang tidak berpenghuni di kepulauan Galapagos lainnya adalah pulau Santiago. Luas total daratan yang mencapai 586 km persegi dan titik tertinggi 907 meter di atas permukaan laut. Pulau ini juga merupakan pulau yang memiliki gunung berapi yang sangat aktif.

Salah satu daya tarik dari pulau ini adalah pemandangan lava dari gunung berapi yang ada di pulau ini. Puerto Egas, yang merupakan sebuah daerah di sisi barat pulau ini, menawarkan pemandangan lava yang bisa anda nikmati. Tujuan wisata lainnya adalah snorkeling dan juga diving, dimana bisa ditemui banyak species bawah laut yang sangat indah.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa beberapa tahun yang lalu dikembang biakkan babi, dan kambing di pulau ini oleh warga dan penduduk. Tapi ternyata berdampak buruk bagi populasi hewan yang ada di pulau Santiago, sehingga pemerintah Ekuador memutuskan untuk memindahkan kembali babi dan juga kambing tersebut keluar dari pulau.

6. Pulau Espanola

Pulau Espanola merupakan pulau tertua yang ada di seluruh kepulauan galapagos, dan diberi nama espanola yang merupakan penghormatan untuk spanyol. Pulau ini terletak di paling selatan kepulauan galapagos. Membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 12 jam untuk melakukan perjalanan laut dari Pulau Santa Cruz.

Pulau ini cukup populer di kalangan touris dan wisatawan. Beberapa hal yang menarik dari pulau ini adalah species unik yang memang hanya bisa ditemui di pulau Espanola ini. Mocking Bird, dan Albatross merupakan dua species burung unik yang mungkin tidak bisa ditemui di lain tempat. Selain itu Pulau Espanola ini sangat cocok untuk para wisatawan yang memiliki hobi dan sangat tertarik dengan burung. Ada beberapa pertujukan alami yang jika beruntung bisa ditemui yaitu tarian dari Booby birds yang indah.

7. Pulau Santa Fe

Pulau Santa Fe ini juga memiliki nama lain yaitu Pulau Barrington. Pulau Santa Fe sendiri merupakan sebuah pulau kecil dengan luas hanya sekitar 24 km persegi dengan titik tertingginya 259 meter di atas permukaan laut. Pulau Santa Fe ini biasanya dijadikan sebagai alternatif one-day trip destination, atau perjalanan wisata sehari dari pulau Santa Cruz.

Dari segi species hewan sendiri, sebenarnya Pulau Santa Fe ini memiliki berbagai species yang cukup unik seperti Land Iguana (Conolophus Pallidus) dan Santa Fe Rice Rat (Oryzomys Brauni). Keduanya merupakan species endemic di Pulau Santa Fe ini.

Pulau ini juga merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni di kepulauan galapagos. Sekitar tahun 1971 kambing di hilangkan dari Pulau Fe ini, sehingga sekarang Pulau Fe merupakan rumah bagi species endemic seperti Galapagos HawkGalapagos SnakeRice Rats, dan Galapagos Mockingbird. Keberadaan kambing hutan tersebut mengganggu species yang dilindungi ini, sehingga perlu adanya pemindahan species.

8. Pulau Genovesa

Pulau Genovesa juga merupakan salah satu pulau di kepulauan Galapagos, Ekuador yang tidak berpenghuni. Pulau ini dijuluki dengan julukan “The Bird Island” yang dalam bahasa indonesia juga berarti pulau burung. Sesuai dengan namanya terdapat banyak species burung langka yang tersebar di pulau ini. Di pulau ini terdapat banyak species burung seperti Galapagos Mockingbird, dan menariknya ada juga beberapa species burung nocturnal, seperti frigaterbirdsstorm petrels, dan swallow-tailed gulls. Pulau ini merupakan pulau yang wajib dikunjungi oleh orang yang memiliki hobi dan tertarik dengan species burung.

9. Pulau Marchena

Pualu Marchena merupakan salah satu pulau yang sangat jarang ada kegiatan manusia disini. Pulau ini selain tidak berpenghuni juga merupakan pulau yang sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan. Walaupun begitu ada beberapa kesempatan anda bisa berkunjung di sekitar pulau ini untuk melakukan kegiatan diving.

10. Pulau Floreana

Pada masa lalu pulau Floreana merupakan tempat beristirahat para pelaut dan penjelajah yang melewati lautan. Pulau ini dijadikan tempat untuk memenuhi berbagai keperluan seperti air, dan bahan makanan pada abad ke 16 dan 17. Pulau ini juga merupakan pulau yang terlama yang berpenghuni.

Beberapa species bawaan atau endemic di pulau ini sudah punah karena memang pulau ini sudah dihuni sejak dahulu, dan beberapa yang menyebabkan punahnya species bawaan adalah pengenalan dari hewan peliharaan menyebabkan fauna dan flora di pulau Floreana ini rusak.

Hal paling menarik di pulau ini adalah Post Office Bay, dimana 350 tahun yang lalu digunakan oleh para penjelajah laut dan bajak laut untuk mengirim surat, bahkan sampai sekarang wisatawan masih menggunakannya. Pulau ini juga memiliki kota yang kecil untuk menampung turis bernama Puerto Velasco yang mampu menampung 100 orang.

Masih ada beberapa pulau lainnya di kepulauan ekuador dan galapagos, namun kebanyakan dari pulau itu tidak berpenghuni dan jarang dikunjungi oleh manusia, bahkan para peneliti dan juga penjaga fauna dan flora. Berikut ini adalah nama – nama pulau kecil itu:

  • Pulau Baltra
  • Pulau Pinzan (Ducan)
  • Pulau Pinta

Jadi itu dia pulau di yang ada di kepulauan Galapagos dan Ekuador, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

fbWhatsappTwitterLinkedIn