Karakteristik Kepulauan Galapagos Hingga Faktanya

Alam memberikan pesona keindahan yang tidak ada habisnya. Dari mulai bawah laut hingga puncak tertinggi di pegunungan, dari pesisir pantai hingga pedalaman hutan yang tidak dapat dijangkau apapun. Setiap tempat yang ada dunia memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri dan belum tentu bisa ditemukan di tempat lain. Maka tidak heran jika makhluk hidup yang tinggal dan hidup di tempat tersebut menjadi penghuni tetap dan endemik tempat tersebut. Sebut saja Pulau Ular atau Ilha da Queimada yang terletak di Brazil merupakan salah satu pulau paling berbahaya di dunia.

Berbicara mengenai pulau, pasti tidak akan jauh dengan istilah kepulauan. Seperti Indonesia, kepulauan merupakan kumpulan dari pulau – pulau yang membentuk sebuah gugus pulau. Selain Indonesia, negara Filipina dan Fiji juga termasuk negara kepulauan. Ada satu lagi kepulauan yang juga sangat terkenal di dunia karena dihuni dengan hewan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain, yaitu Kepulauan Galapagos. Mungkin beberapa dari kita belum pernah mendengar nama Galapagos atau belum mengetahui secara terperinci. Nah, yuk kita cari tahu lebih mendalam mengenai Kepulauan Galapagos!

Karakteristik Kepulauan Galapagos

Seperti namanya Kepulauan Galapagos merupakan kumpulan dari setidaknya 13 pulau yang termasuk ke dalam pulau berbatu dan berapi. Lokasi Kepulauan Galapagos terletak di Samudera Pasifik atau sekitar 1.000 km dari sebelah barat pesisir Amerika Selatan. Jika dirinci, Galapagos terdiri atas 18 pulau besar dari total keseluruhan 19 pulau. Luas dari Galapagos sendiri mencapai 8.010 km2 dan mempunyai titik tertinggi yang terletak pada Gunung Volcan Wolf yaitu 1.707 m.

Jika dilihat dari sisi hukum, Kepulauan Galapagos termasuk ke dalam bagian dari Ekuador. Salah satu pulaunya berusia sekitar 4 juta tahun sedangkan pulau – pulau mudanya masih terus berkembang. Seperti yang disinggung di atas, Galapagos termasuk kepulauan yang memiliki gunung berapi aktif di dunia. Karena itu pada tahun 2007 – 2010, Kepulauan Galapagos pernah masuk dalam katagori berbahaya.

Seorang peneliti yang bernama Charles Darwin mengatakan bahwa di Galapagos telah terjadi seleksi alam, sehingga hanya tersisa hewan – hewan tertentu yang tinggal di kepulauan ini. Hewan – hewan tersebut yaitu kura – kura galapagos yang berukuran raksasa dan iguana. Sama seperti Indonesia, Galapagos juga terbagi dua oleh garis khatulistiwa dan garis tersebut terletak di bagian utara Galapagos tepatnya di Pulau Isabela. Meskipun termasuk pulau dengan gunung berapi yang paling aktif, Galapagos juga dihuni oleh sekitar 10.000 hingga 25.000 populasi manusia yang terus bertambah setiap tahunnya.

Pada tahun 1959, sekitar 95% dari Kepulauan Galapagos ditetapkan sebagai cagar alam. Dan pada tahun 1978, UNESCO menjadikan Galapagos sebagai situs warisan dunia lalu diperpanjang pada Desember 2001 dengan memasukkan wilayah cadangan kelautan. Sebagai bentuk penghargaan Charles Darwin yang meneliti Kepulauan Galapagos, pada tahun 1959 dibuatlah Yayasan Charles Darwin dengan tujuan melindungi dan memelihara Galapagos di Belgia.

Fakta Kepulauan Galapagos

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Kepulauan Galapagos menyimpan keunikan tersediri di dalamnya, termasuk hewan yang tinggal di sana. Inilah fakta yang hanya dimiliki Kepulauan Galapagos, antara lain:

1. Iguana Galapagos

Jika di Indonesia terdapat kadal raksasa yaitu Komodo yang terdapat di Nusa Tenggara Timur, Galapagos mempunyai reptil purba yang dikenal dengan nama Iguana. Berbeda dengan jenis iguana pada umumnya, iguana di Galapagos terbagi menjadi dua jenis yaitu iguana tanah dan iguana laut. Iguana tanah mempunyai panjang sekitar 3 hingga 5 meter dengan berat bisa mencapai 25 pon.

Iguana tanah banyak ditemukan di Pulau South Plaza yang sedang berjemur atau makan buah-buahan. Di Pulau South Plaza juga sebagai tempat tinggal dari singa laut, anjing dan sapi, sedangkan flora yang ada di pulau ini kebanyakan berupa kaktus.

Sesuai dengan namanya iguana laut banyak ditemukan sedang berendam di laut. Selain itu, iguana laut juga dapat berenang hingga kedalaman 9 meter dan memakan makanan yang berasal dari laut. Untuk menemukan iguana laut, bisa ditemukan di Pulau Humedales yang memiliki kontur pantai bebatuan.

2. Kura-Kura Raksasa

Tidak hanya iguana saja, di Kepulauan Galapagos terdapat kura-kura yang berukuran raksasa. Bahkan di Galapagos juga terdapat tempat konservasi yang khusus menangani kura-kura, tepatnya di Puerto Ayora dan itu merupakan tempat penelitian bagi Charlis Darwin. Sekarang tempat itu dijadikan sebagai tempat penelitian dan konservasi bagi kura-kura raksasa.

Jika para wisatawan mengunjungi tempat ini, maka mereka akan disuguhkan bayi kura-kura yang sedang ditetaskan di dalam inkubator ataupun melihat kura-kura dewasa. Ada hal yang perlu diketahui, jika kura – kura raksasa Galapagos termasuk hewan yang langka, di tempat penelitian ini saja hanya tersisa kurang lebih 11 ekor kura – kura. Kura – kura raksasa yang paling tua bernama Lonesome George dan sudah berada di tempat tersebut sejak tahun 1972.

3. Sejarah Kepulauan Galapagos dapat dilihat di Interpretation Center yang terletak di San Cristobal

Di sini terdapat berbagai macam informasi yang menarik berhubungan dengan asal usul Kepulauan Galapagos serta sejarah – sejarahnya. Berdasarkan infomasi yang terdapat di Interpretation Center ini, di dalam Kepulauan Galapagos terdapat pulau paling tua berusia 4 juta tahun. Tidak hanya itu saja, di sana juga dijelaskan mengenai kawasan pulau dari benua, iklim khusus, arus laut hingga spesies yang tinggal di Galapagos.

4. Terdapat Penguin

Ternyata di Kepulauan Galapagos juga terdapat penguin. Kita tahu jika sebagian besar penguin hanya hidup di daerah yang beriklim dingin, namun di penguin Galapagos dapat hidup di daerah beriklim panas atau yang terletak di garis khatulistiwa.

Penguin Galapagos termasuk spesies penguin bertubuh kecil di dunia dan banyak ditemukan di area pulau yang lebih dingin di Galapagos. Namun, penguin ini sudah terancam punah akibat adanya badai El Nino yang melanda Galapagos.

5. Iklim Galapagos

Kepulauan Galapagos memiliki iklim yang unik yaitu suhu sedang berada di daratan, sedangkan perairannya cukup dingin karena tempat pertemuan Samudra Antartika dan Samudra Pasifik. Sehingga Galapagos terdiri atas 80% berupa burung darat, 30% tanaman, 97% reptil dan mamalia sedangkan laut endemik mencapai 20%.

Nah, itulah tadi informasi mengenai Kepulauan Galapagos. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kepulauan
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!