Negara Zambia: Karakteristik – Kependudukan – Fakta Menarik

Negara Zambia termasuk salah satu negara yang berada di bagian selatan Benua Afrika. Seperti beberapa negara yang juga berada di Benua Afrika seperti Chad, Zambia termasuk negara yang berbatasan atau terkurung oleh daratan atau dengan kata lain termasuk ke dalam negara pedalaman. Dahulu Zambia bernama Zambezia Utara lalu berubah menjadi Rhodesia Utara dan sekarang menjadi Zambia yang berasal dari nama sungai di negara ini yaitu Sungai Zambezi.

Secara geografis negara Zambia berbatasan dengan Republik Demokratik Kongo dan Tanzania di bagian utara, Malawi di bagian timur, pada bagian selatan terdapat Zimbabwe, Botswana, Mozambik dan Namibia serta Angola pada bagian barat. Dapat dikatakan jika Zambia merupakan negara yang terkurung daratan di Afrika Selatan. Luas negara Zambia sekitar 752.614 km persegi atau lebih kecil jika dibandingan dengan negara Chili dan mempunyai iklim tropis.

Karakteristik Negara Zambia

Sebagian besar daratan Zambia terdiri atas dataran tinggi yang memiliki ketinggian rata – rata mencapai 3.000 – 5.000 kaki atau sekitar 900 – 1.500 m di atas permukaan laut. Pada bagian timur laut terdapat Pegunungan Muchinga yang memiliki ketinggian lebih dari 7.000 kaki atau sekitar 2.100 meter. Kedua sisi pegunungan tersebut terdapat wilayah yang rendah berupa rawa yang dinamakan dengan rawa Bangweulu dan juga Lembah Chambezi Valley di sebelah barat dan di sebelah timur terdapat Lembah Luangwa Valley.

Negara Zambia juga terdapat dialiri sebuah sungai yang terdapat di sebelah selatan Zambia yang bernama Sungai Zambezi tepatnya dekat dengan perbatasan bagian barat atau lebih dikenal dengan nama Barotseland. Barotseland sangat datar sehingga saat musim hujan tiba akan berubah menjadi kawasan rawa – rawa. Sungai Zambezi terus mengalir lalu berbelok ke arah timur, selain itu juga sungai ini menjadi pembatas alam alami di bagian selatan negara Zambia.

Wilayah perairan Zambia tidak sampai di sungai saja, Zambia memiliki sebuah air terjun terbesar bernama Air Terjun Victoria. Sesuai namanya air terjun tersebut berasal dari nama Ratu Inggris, Victoria dan terletak di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Selain itu, terdapat pula sebuah danau buatan terbesar di dunia yaitu Danau Kariba juga terletak di perbatasan Zimbabwe. Pembuatan danau ini sebagai sumber pengahasil listrik untuk pertambangan di Zambia dan danau tersebut diberi nama sesuai dengan pembuatnya yaitu Kariba Dam.

Sesuai ketinggian tempat, iklim di negara Zambia terbagi menjadi 3 musim, yaitu panas dan kering, basah dan hangat serta dingin dan kering. Suhu udara berkisar antara 16 derajat celcius (titik terendah) pada musim dingin dan 32 derajat celcius (titik tertinggi) saat musim panas. Curah hujan di negara ini berkisar 813 milimeter setiap tahunnya.

Kependudukan Negara Zambia

Jumlah penduduk Zambia setidak terdapat lebih dari 10 juta jiwa yang tersusun atas 70 kelompok etnis berbeda. Sebagian besar dari penduduknya merupakan bagian dari keluarga besar Bantu Afrika Selatan. Salah satu keluarga Bantu bernama Lozi atau Barotse berada atau tinggal di Zambia sebelah barat daya. Sebagian besar orang Lozi berternak sapi, bercocok tanam hingga mencari ikan di Sungai Zambia. Selain keluarga Lozi terdapat juga Bamba yang tinggal di sebelah utara. Sebagian besar masyarakatnya bercocok tanam dengan sistem berpindah tempat dengan metode yang masih tradisional. Pertama mereka akan membersihkan tanah dengan cara membabat semak belukar kemudian membakarnya. Sedangkan di bagian timur terdapat keluarga Chewa yang bermata pencaharian sebagai petani serta peternak.

Penduduk Zambia juga terdiri dari bangsa Eropa terutama dari Inggris, beberapa Asia atau sebagian besar merupakan keturunan India. Tidak heran jika bahasa resmi negara Zambia yaitu bahasa Inggris. Meskipun begitu masih terdapat bahasa daerah yang berlaku seperti bahasa Kaonda, Lozi, Bemva dan Lunda. Keempat bahasa tersebut merupakan bahasa yang paling banyak digunakan. Untuk agama sebagian besar rakyat Zambia beragama Kristen Protestan dan Katolik Roma. Agama minoritas juga ditemukan di sini seperti Islam dan Hindu.

Fakta – Fakta Menarik Negara Zambia

  1. Orang Eropa pertama yang berhasil mencapai negara Zambia bernama David Livingstone, seorang misionaris yang berasal dari Skotlandia. David melakukan penjelajahan Zambia dari tahun 1851 hingga 1873.
  2. Meskipun sumber daya alamnya sangat melimpah, tetapi sebagian besar warganya termasuk ke dalam golongan sangat miskin. Sehingga tidak heran jika negara Zambia banyak ditemukan pengangguran, penghasilan rendah, rendahnya tingkat gizi, minimnya fasilitas kesehatan dan masih banyak lagi.
  3. Harapan hidup rakyat Zambia hanya mencapai 35 tahun. Hal ini disebabkan oleh tingkat AIDS di negara ini sangat tinggi.
  4. Jumlah populasi penduduk Zambia terus mengalami peningkatan bahkan mencapai 941% di akhir abad ke 20.
  5. Sebagian besar rakyat Zimbia kesulitan air bersih, meskipun terdapat sungai dan danau namun kondisi sumber air tersebut sudah tercemar dengan berbagai macam kotoran. Tidak heran jika banyak warganya terkena diare dan kolera.
  6. Mata pencaharian rakyat Zambia sebagian besar yaitu petani dengan hasil pertanian terbesar berupa jagung, sorgum, singkong (makanan pokok). Mereka juga menanam tanaman lainnya seperti kacang tanah, tebu, tembakau, kapas dan lain sebagainya.
  7. Hasil pertambangan berupa tembaga dijadikan sebagai barang ekspor utama dan juga sumber pendapatan negara.
  8. Mempunyai tiga kota terbesar yaitu Lusaka (ibu kota), Kitwe dan Ndola.
  9. Ibu kota Zambia yaitu Lusaka berada di sebelah timur – tengah Zambia. Kota ini didirikan pada tahun 1905 oleh pendatang dari Eropa. Sebelumnya kota ini adalah sebuah pedesaan dengan Kepala Desa bernama Lusaaka.
  10. Lusaka termasuk provinsi paling kecil di negara Zambia. Hanya memiliki luas sekitar 22.000 km persegi. Sedangkan provinsi terluas berada di utara dengan luas mencapai 77.650 km persegi.
  11. Pada mulanya Lusaka hanya diperuntukan untuk dihuni oleh 200.000 jiwa saja. Tetapi sekarang ibu kota tersebut telah dihuni oleh lebih dari 2.000.000 jiwa. Hal ini dipengaruhi dari berkembangnya industri serta migrasi.
  12. Penghasilan yang berasal dari negara Zambia dikenakan pajak, sebab negara tersebut berpedoman pada asas sumber.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai negara Zambia. Semoga dapat bermanfaan dan menambah wawasan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!