Negara Chili : Karakteristik – Sistem Pemerintahan – Perekonomian

Salah satu negara berdaulat yang berada di benua Amerika dan masuk ke dalam negara Amerika Selatan adalah Republik Chili atau dalam bahasa Spanyol yaitu Republica de Chile. Beribu kota Santiago, negara Chili terbagi ke dalam 3 zona. Zona pertama dikenal dengan nama Chili kontinental yang merupakan daratan utama, berupa jalur sempit berlokasi di panti barat Kerucut Selatan. Panti barat Kerucut Selatan membujur dari pesisir tenggara Samudra Pasifik hingga Andes dengan panjang 4.270 km. Negara Chili berbatasan darat dengan Peru di sebelah utara, Argentina dan Bolivia di sebelah timur dengan panjanga keseluruhan mencapai 6.339 km dan pada bagian selatan berbatasan dengan Selat Drake.

Pada zona kedua negara Chile disebut dengan Chili insular atau Chili Kepulauan. Zona ini merupakan kumpulan dari pulau – pulau vulkanik yang berada di Samudra Pasifik pada bagian selatan. Terdapat pulau Paskah dan Isla Salas y Gómez, kedua pulau tersebut jika dilihat secara geografis terletak pada Polinesia. Pada bagian selatan juga terdapat Kepulauan Juan Fernández dan Kepulauan Desventuradas, diketahui jika kedua kepulauan tersebut masuk Amerika Selatan.

Sedangkan pada zona ketiga merupakan Teritori Antartika Chili yang mempuyai luas mencapai 1.250.257,6 km2 di Antartika. Zona tersebut terletak di 53o BB dan 90o BB yang oleh negara Chili telah diklaim sebagai wilayah kedaulatannya. Daerah ini berbatasan pada langsung dengan Kutub Selatan dan mempunyai klaim yang ditangguhkan di dalam Sistem Traktat Antartika. Sistem Traktat Antartika sendiri membuat Chili (sebagai salah satu anggota) harus melepaskan klaimnya sebab tidak ikut serta di dalam sistem traktat. Namun, Chili menyatakan bahwa negara tersebut merupakan negara tiga benua, hal ini didukung oleh letaknya yang berada di Benua Amerika, Antartika serta Oseania.

Negara Chili mempunyai iklim yang cukup bervariasi, mulai dari iklim sedang di bagian selatan, kemudian iklim mediterania pada bagian tengah, dan iklim paling kering di dunia berupa iklim gurun di bagian utara yang terdapat Gurun Atacama. Pada bagian utara yang atau Gurun Atacama, terkenal sebagai daerah penghasil tembaga yang melimpah jumlahnya. Sedangkan pada bagian tengah, daerah ini merupakan pusat dari kegiatan politik dan kebudayaan serta mempunyai jumlah populasi penduduk yang cukup banyak. Pada bagian selatan, sebagian besar daerah ini berupa hutan dan juga padang rumput, beberapa gunung berapi serta danau.

Sistem Pemerintahan Negara Chili

Setelah mengalami berbagai macam peristiwa, pada tahun 1980an Pinochet yang merupakan pemimpin dari rekonstruksi negara yang telah disusun oleh Chicago Boys, yang saat itu memperkenalkan model neoliberal dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang dikenal dengan sebutan Keajaiban Chili. Di saat yang sama, Pinochet juga harus mengembalikan Chili dalam demokrasi hingga pada puncaknya terjadi referendum pada tanggal 5 Oktober 1988. Hasilnya sekitar 56% suara memilih “tidak”. Sehingga Jendral Pinochet ditolak untuk menjabat kembali 8 tahun untuk periode kepresidenan yang kedua, hingga akhirnya Augusto Pinochet berhenti pada tanggal 11 Maret 1990.

Sehingga pada tahun 2006 pada bulan Januari, rakyat Chili memilih Michelle Bachelet Jeria sebagai presiden wanita pertama yang berasal dari Partai Sosialis yang saat itu berhasil mengalahkan Sebastian Pinera dari Partai Pembaruan Nasional. Hingga pada tahun 2010, Sebastian Pinera terpilih menjadi presiden dari sayap kanan pertama dalam 20 tahun terakhir.

Negara Chili adalah negara kesatuan demokratis yang mempuyai sistem presidensial. Pada sistem presidensial, terdapat berbagai institusi otonom yang telah dikendaki konstitusi dengan fungsi tertentu dan tidak sama dengan doktrin tradisional pemisahan kekuasaan. Saat ini Chili menggunakan konstitusi pada referendum nasional yang telah disetujui pada tanggal 11 September 1980 yang saat itu dipimpin oleh Augusto Pinochet, dan telah menjadi dokumen fundamental negara sejak tanggal 11 Maret 1981.

Untuk lembaga eksekutif, khususnya untuk di bagian pemerintah dan administrasi publik dikepalai oleh Presiden Republik yang menjabat sebagai kepala negara serta kepala pemerintahan. Menurut aturan konstitusi, presiden akan menjabat selama 4 tahun dalam satu kali jabatan, dan setelahnya tidak bisa menjabat kembali. Kementrian Chili akan ditunjuk oleh Presiden Republik sebagai mitra langsung dalam pemerintahan dan juga administrasi negara. Sedangkan dalam lembaga administrasi regional bertanggung jawab kepada Pemerintah Regional, wilayah Provinsi dipimpin oleh Gubernur yang ditunjuk oleh langsung oleh Presiden, dan lembaga administrasi lokal ditanggungjawabkan oleh munisipalitas yang terdiri atas wali kota dan pemerintah dewan  pengelola yang telah dipilih oleh rakyat itu sendiri.

Perekonomian Negara Chili

Negara Chili menjadi salah satu negara yang paling makmur dan juga paling stabil di Amerika Selatan. Termasuk ke dalam negara Amerika Latin yang diperhitungkan untuk pembangunan manusia, kebebasan ekonomi, globalisasi, daya saing, pendapatan per kapita serta persepsi korupsi yang terbilang rendah. Chili mempunyai ketidaksetaraan ekonomi yang tinggi, sehingga pada bulan Mei 2010 Chili menjadi negara Amerika Selatan pertama yang ikut bergabung dalam OECD. Dan pada tahun 2006, negara ini menjadi negara dengan PDB nominal per kapita tertinggi di Amerika Latin.

Keuangan di negara ini juga telah tumbuh dengan begitu cepat beberapa tahun terakhir. Hal ini didukung dengan adanya perundang – undangan reformasi mengenai perbankan yang telah disetujui pada tahun 1997 untuk memperluas serta memperbolehkan pihak asing di bank – bank Chili. Hingga pada 10 tahun terakhir, sebagian besar masyarakat Chili dapat menikmati beberapa peranti keuangan baru seperti opsi dan futura mata uang, penyewaan, kartu debit, pinjaman ekuitas rumah dan lain sebagainya.

Sektor pariwisata juga mendukung perekonomian di Chili, dan telah mengalami kenaikan sekitar 13,6% pada tahun 2005 dengan 1,5 milyar berasal dari wisatawan asing. Negara Chile menawarkan tempat – tempat menarik seperti Lembah Bulan, peninggalan suku Inka, danau Altiplano di San Pedro de Atacama, Pulau Paskah di Samudra Pasifik yang terkenal dengan patung wajah yang berukuran raksasa, hingga gunung berapi Parinacota dan Pomrape. Sedangkan pada musim panas, daerah – daerah di sekitar pesisir menjadi tujuan utama bagi para wisatawan dan pantai di wilayah tersebut terkenal sebagai lokasi selancar terbaik di Amerika Selatan.

Penduduk Di Chili

Chili termasuk negara yang majemuk. Sebagian besar masyarakat Chili merupakan keturunan dari Spanyol sedangkan kaum minoritas berasal dari Irlandia, Prancis, Jerman, Italia, Inggris, Kroasia dan Swiss. Namun, ada sumber yang mengatakan jika sebagian besar masyarakat Chili terbagi menjadi dua kelompok utama yaitu Eropa dan Eropa – Mestizo.

Secara de facto, bahasa resmi negara ini yaitu Spanyol dengan menggunakan dialek bahasa Spanyol Chili. Selain bahasa Spanyol terdapat bahasa asli Chili yaitu bahasa Aymara, bahasa Rapa Nui, bahasa Huilliche sedangkan bahasa Jerman digunakan di beberapa tempat di Chili bagian selatan. Terdapat beberapa bahasa yang sudah punah di negara ini antara lain, Diaguita, Chono, Tehuelche (Aonikenk), Kunza dan lain – lain.

Fakta Unik Negara Chili

  1. Nama Chili berasal dari kata chilli yang artinya di mana daratan berakhir.
  2. Termasuk negara terpanjang yang membentang dari utara hingga selatan.
  3. Negara Chili mempunyai setidaknya terdapat 1.300 gunung dan beberapa di antaranya merupakan gunung api terbesar di dunia dan masih aktif hingga saat ini. Gunung api tersebut antara lain gunung Cerro Arul, Cerro Hudson, dan Villarrica.
  4. Mempunyai lima situs warisan dunia UNESCO yaitu Taman Nasional Rapa Nui, Gereja Chiloe, Humberstone dan Santa Laura Saltpeter, Sewell Mining Town, dan Kota Pelabuhan Valparaiso.
  5. Terdapat Danau Chungara yang merupakan danau tertinggi, sebab lokasinya berada jauh dari atas permukaan laut.
  6. Memiliki bandara paling terpencil di dunia, yaitu Banda Internasional Mataveri di Pulau Paskah.
  7. Pernah mengalami gempa bumi dengan skala magnitudo 9,5 pada tahun 1900 dan menewaskan lebih dari 1.500 jiwa.

Itulah tadi informasi mengenai negara Chili. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda tentang negara ini.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial