10 Negara Dengan Mata Uang Tertinggi Di Dunia, Bukan Pound Sterling

Dahulu jika ada masyarakat yang membutuhkan suatu barang, biasanya mereka akan bertukar dengan seseorang yang juga membutuh barang yang dimiliki orang lain. Kegiatan saling bertukar barang ini dikenal dengan istilah barter. Bentuk transaksi seperti ini memiliki banyak kekurangan seperti besarnya barang yang ditukar tidak sesuai, tidak ada patokan yang pasti, serta sulit menemukan seseorang yang ingin bertukar barang. Untuk itulah manusia mulai mencari alat transaksi baru yang lebih mudah dan memiliki nilai yang tetap. Alat transaksi tersebut kita kenal dengan nama uang.

Setiap negara yang ada diseluruh dunia memiliki mata uang masing – masing. Mata uang atau currency merupakan suatu alat pembayaran transaksi yang berlaku di suatu negara misal mata uang rupiah yang hanya berlaku di Indonesia, mata uang dollar yang bisa ditemukan di Amerika Serikat dan lain sebagainya. Sedangkan nilai atau harga mata uang dari suatu negara diukur dengan mata uang dari negara lain disebut sebagai kurs atau Nilai Tukar Mata Uang (Baca: Mata Uang Di Dunia). Yang menarik dari nilai tukar mata uang ini yaitu memiliki nilai tukar yang berbeda – beda ada yang rendah atau bahkan tinggi. Mata Uang Tertinggi yaitu mata uang dari suatu negara di mana nilai satuannya mempunyai harga yang tinggi dibandingkan dengan mata uang negara lainnya. Jika selama ini kalian berpikir jika mata uang Pound Sterling Inggris adalah mata uang paling tinggi di dunia, jawabannya salah. Ternyata masih ada mata uang dengan nilai tukar tertinggi di dunia. Lalu mata uang mana sajakah yang memiliki nilai tukar mata uang tertinggi di dunia? Nilai tukar ini berdasarkan pada google finance tanggal 10 Desember 2019.

  1. Dinar Kuwait

Saat ini nilai mata uang paling tinggi di dunia dipegang oleh Dinar Kuwait (KWD). Dinar Kuwait juga merupakan mata uang tertinggi dengan nilai konversi terhadap dollar maksimum. Pada awalnya Dinar Kuwait memiliki nilai yang setara dengan Pound Sterling Inggris. Untuk nilai tukar 1 Dinar Kuwait = USD3,29, sedangkan nilai tukar dengan Rupiah sebesar Rp46.096,29.

  1. Dinar Bahrain

Nilai tukar uang tertinggi nomor dua di dunia yaitu Dinar Bahrain (BHD). Bahrain sendiri adalah sebuah kerajaan di pulau kecil yang berada di antara semenanjung dan pantai timur laut Arab Saudi. Uang Dinar sendiri diperkenalkan pertama kali pada tahun 1965 untuk mengganti Rupee Teluk di mana saat itu 10 rupee satara dengan 1 dinar. Di tahun 1980, pemerintah Bahrain menetapkan mata uang ini setara dengan 1 USD = 0,376 BD Emas di mana 1 BD = USD2,65957. Untuk saat ini nilai tukar 1 Dinar Bahrain = USD2,65 dan nilai tukar dengan Rupiah yakni Rp37.131,19.

  1. Rial Oman

Hampir sebagian besar negara yang berada di Teluk akan mengandalkan minyak bumi dan mengekspornya sebagai pendapatan utama negara. Tidak terkecuali negara Oman. Oman adalah salah satu negara dengan cadangan minyak bumi terbesar di dunia yaitu sekitar 5,5 milyar barel. Awal mula Rial Oman (OMR) diperkenalkan dunia sebagai mata uang Oman pada tahun 1973 yang saat itu menggantikan rial Saidi setelah terjadi perubahan rezim. Nilai Tukar 1 Rial Oman = USD2,60 dan nilai tukar dengan Rupiah yakni Rp36.366,32.

  1. Dinar Jordania

Mata uang Dinar Jordania (JOD) pertama kali diperkenalkan secara resmi oleh Kerajaan Hashemite Jordania pada tahun 1950 atau tepatnya empat tahun setelah Jordania merdeka. Meskipun secara tidak resmi, mata uang Dinar Jordania juga digunakan di Tepi Barat tepatnya wilayah Palestina. Besarnya nilai tukar Dinar Jordania terhadap dollar yaitu 1 dinar = USD1,41 atau setara dengan Rp19.747,22.

  1. Pound Sterling Inggris

Mata uang yang satu ini sudah tidak asing bagi sebagian besar orang. Pound Sterling Inggris (GBP) sempat menjadi mata uang dunia serta berlaku secara hukum untuk negara – negara yang berada di bawah Kerajaan Inggris. Meskipun negara – negara tersebut tetap menggunakan mata uang lokal sebagai alat transaksi. Setelah Perang Dunia II berakhir, mata uang Pound Sterling memiliki nilai tukar terhadap dollar Amerika yakni £ 1 = USD4,03. Penetapan mata uang Pound Sterling terhadap Dollar tertuang dalam sebuah perjanjian yang dikenal dengan sistem Bretton Woods yaitu penentuan nilai tukar global setelah perang. Sedangkan saat ini 1 Pound Sterling = USD1,32 dan nilai tukar terhadap Rupiah yaitu Rp18.452,67.

  1. Pound Gibraltar

Pound Gibraltar (GIP) mulai digunakan sebagai alat transaksi dalam bentuk uang kertas di Gibraltar sejak tahun 1927 yang sebelumnya menggunakan Pound Sterling. Pound Gibraltar mengalami desimalisasi mata uang pada tahun 1971. Mata uang Pound Gibraltar dapat ditukar dengan mata uang dari Pound Sterling Inggris dengan nilai pari yaitu nilai yang ditetapkan. Untuk nilai mata uang 1 Pound Gibraltar = USD1,23 atau sama dengan Rp17.230,45.

  1. Dollar Cayman Islands

Mata uang Dollar Cayman (KYD) adalah mata uang yang digunakan di Kepulauan Cayman. Mata uang ini juga dapat disingkat dengan tanda $ atau CI$ untuk memberi pembeda dengan mata uang dollar lainnya. Mata uang ini baru diresmikan pada tahun 1972 atau sekitar 10 tahun setelah Cayman berpisah dengan Jamaika. Nilai tukar mata uang 1 Dollar Cayman = Rp 16.797,76 atau setara dengan USD1,20.

  1. Euro Eropa

Sebanyak 19 negara anggota Uni Eropa yang berada di Benua Eropa menggunakan Euro (EUR) sebagai alat pembayarannya. Jika dilihat secara giral, Euro telah digunakan sejak tahun 1999 namun baru ditetapkan secara fisik pada tanggal 1 Januari 2002. Semua bentuk uang kertas di negara anggota sama hanya uang logam pada bagian belakang saja yang berbeda. Nilai tukar untuk 1 € yaitu Rp15.500,46 atau sekitar USD1,11.

  1. Franc Swiss

Mata uang Franc Swiss (CHF) sudah digunakan di Swiss dan Liechtenstein sejak tahun 1798. Untuk setiap satuannya dibagi menjadi beberapa jenis yakni 100 Rappen di Jerman, Centime di Prancis, serta Centesimi di Italia. Tidak heran jika mata uang Franc Swiss dapat digunakan di Jerman meskipun tidak resmi. Untuk nilai tukar mata uang ini yaitu 1 Swiss Franc setara dengan Rp 14.200,63 atau sekitar USD1,01.

  1. Dollar Amerika Serikat

Mata uang ini tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat. Banyak orang menggunakan dollar Amerika Serikat (USD) sebagai pembiayaan secara internasional untuk nilai tukar cadangan devisa di luar Amerika Serikat. Dalam mengeluarkan dollar AS terdapat sistem perbankan khusus yaitu Federal Reserve. Nilai tukar untuk $1 terhadap Rupiah yaitu sekitar Rp14.004,20.

Itulah tadi beberapa daftar mata uang tertinggi di dunia saat ini. Nilai tukar yang tercantum bisa berubah sewaktu – waktu, jadi pastikan untuk selalu mencari informasi terbaru terhadap kurs setiap mata uang yang ada. Semoga dapat bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn