Negara Filipina: Karakteristik – Penduduk dan Faktanya

Nama Filipina diberikan oleh seorang navigator asal Spanyol, Ruy Lopez Villalobos. Untuk menghormati Raja negaranya yakni Phillip II, dia memberi nama daerah tersebut Las Felipinans yang diterjemahkan menjadi Filipina.

Karakteristik Filipina

Filipina merupakan negara kepulauan sama halnya dengan Indonesia memiliki sekitar 7.641 pulau. Panjang Filipina dari utara ke selatan sekitar 1.851 kilometer dan lebarnya dari barat ke timur sekitar 1.062 kilometer.

Secara astronomis Filipina terletak antara 5°LU – 20°LU dan antara 120°BT – 127°BT. Sedangkan berdasarkan geografis batas-batas wilayah kepulauan Filipina yaitu:

  • Sebelah timur berbatasan dengan Laut Filipina dan Samudera Pasifik.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Sulawesi.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan.
  • Sebelah utara berbatasan dengan Selat Taiwan.

Bentang alam Filipina sangat beragam, sebagai Negara kepulauan tidak heran jika memiliki garis pantai yang panjang, diperkirakan mencapai 23.150 kilometer.

Sementara daerah pegunungan, Filipina terletak di jalur pegunungan Sirkum Pasifik sehingga memiliki gunung api aktif dengan ketinggian rata-rata 600 sampai 1800 meter di atas permukaan laut.

Filipina juga memiliki dataran rendah yang cukup luas, sungai yang umumnya pendek dan memiliki aliran air yang deras. Oleh karena itu hanya beberapa sungai di Filipina yang dapat dilayari.

Sebagai negara tropis, curah hujan Filipina sangat tinggi sekitar 1.275 mm – 5.000 mm per tahun. Iklim di Filipina berkisar antara 24°C – 30°C, namun untuk beberapa daerah pegunungan temperatur dapat berbeda-beda.

Tidak seperti di Indonesia, di Filipina bulan terpanas sekitar bulan April dan Mei sementara untuk bulan yang berhawa sejuk berada di bulan November – Februari.

Penduduk Filipina

Pada tahun 2019 menurut data statistika jumlah penduduk Negara Filipina sekitar 106,6 juta jiwa. Filipina menduduki peringkat kedua atau setelah negara Indonesia dengan negara berpenduduk terbanyak di ASEAN.

Suku bangsa yang terbanyak di Filipina adalah Tagalog sekitar 30% dari jumlah penduduknya. Orang-orang Melayu merupakan mayoritas penduduk di Filipina yang kita kenal sebagai orang Filipino.

Mayoritas penduduk Filipina beragama Katolik roma (90%), sementara agama lainnya merupakan minoritas. Pulau Mindanao bagian selatan lebih banyak ditinggali oleh penganut agama islam.

Bahasa resmi Filipina adalah bahasa Filipino dengan dialek Tagalog, Filipina memiliki banyak dialek sebab banyak pula suku dengan dialek yang berbeda-beda. Selain itu penduduk Filipina juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka.

Sistem Ekonomi Filipina

Filipina menganut sistem ekonomi campuran, yaitu pencampuran beberapa sistem ekonomi kapitalisme dan sosialisme.

Ciri utamanya adalah tingkat kebebasan ekonomi individu seperti kepemilikan industri secara individu yang menyatu dengan ekonomi terancang yaitu ada campur tangan pada tanggung jawab sosial, pemulihan lingkungan, pemilikan aset dan sumber pengeluaran oleh negara.

Pada tahun 2017 Filipina pernah dinobatkan menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbaik di Asia, tingkat pertumbuhan 6,7%. Hal ini terjadi berkat banyaknya mitra ekspor milik Filipina, seperti Amerika Serikat, Jepang serta negara maju lainnya.

Industri utama Filipina adalah bidang pengolahan makanan, tekstil, elektronik dan otomotif. Namun, sebagai negara agraris, industri agrikultur masih memiliki andil besar dalam perkembangan ekonomi Filipina.

Produk yang diekspor oleh Filipina di sektor elektronik berupa komponen elektronik dan semi konduktor. Sementara di sektor lainnya adalah minyak kelapa, gas alam dan beragam buah.

Kekayaan Alam Filipina

Sebagai Negara kepulauan Filipina, memiliki banyak kekayaan alam, mulai dari sektor pertambangan, perkebunan, pertanian dan kelautan. Oleh karenanya Filipina bisa mengekspor begitu banyak produk atau hasil olahan ke berbagai negara.

  • Pertambangan

Meskipun sektor pertambangan bukan komoditas mayoritas di Filipina tetapi sekitar 0,6% penduduknya bekerja di sektor ini. Daerah industri penyulingan minyak mentah yang cukup penting di Filipina terdapat di sekitar Teluk Manila dan Teluk Batangas.

Selain itu, diperkirakan ada 21,5 miliar metrik ton cadangan logam, 19,3 miliar metrik ton mineral non-logam di dalam tanah. Terdapat pula mineral nikel yang paling banyak terdapat di Filipina.

  • Pertanian dan Perkebunan

Menjadi negara dengan banyak gunung berapi yang masih aktif menjadikan tanah Filipina subur sehingga bisa menghasilkan beras, jagung, tebu dan tembakau serta buah-buahan sebagai komoditas ekspor juga.

  • Kelautan

Filipina memiliki luas lautan mencapai sekitar 1.024 juta kilometer persegi. Terdapat 65 spesies dari 2.400 spesies yang ada di Filipina memiliki nilai komersial tinggi, seperti kepiting, rumput laut, mutiara, terumbu karang, dan lumba-lumba.

Fakta-Fakta Filipina

  • Filipina memiliki 120 bahasa dan dialek

Dengan pulau yang banyak membuat Filipina memiliki banyak bahasa, terdapat sekitar 176 bahasa yang pernah dicatat, mulai dari dialek regional sampai bahasa suku. Memang bahasa utamanya adalah Tagalog namun terdapat bahasa lainnya seperti Cebuano, Hilgaynon, Ilocano, dan Kapampangan.

  • Filipina dijajah 3 kali

Filipina pertama kali dijajah oleh Negara Spanyol yang juga memberi nama daerah itu menjadi Filipina selama 3 abad. Lalu dijajah oleh Amerika Serika selama 35 tahun, dan 3 tahun  dijajah Jepang hingga di tahun 1946 Filipina akhirnya bisa memerdekakan diri.

  • Letusan gunung terbesar kedua selama abad ke-20

Gunung berapi di Luzon tengah saat meletus di 15 Juni 1991 menyebabkan sekitar 200.000 orang evakuasi dan menggusur 5.000 penduduk asli yang saat itu nomaden. Letusannya telah mengubur desa-desa yang padat penduduk.

Saat itu Gunung Pinatubo mengeluarkan 20 juta ton sulfur dan menyebabkan suhu Bumi di tahun 1991-1993 turun hingga -17 derajat Celsius.

  • Teras Sawah Banaue

Masih ingat lanskap sawah yang muncul di akhir film Avenger: Infinity War? Teras sawah Banaue adalah warisan budaya nasional dari Filipina dan disebut sebagai ‘8th Natural Wonder of the World’ oleh mayoritas masyarakat Filipina.

Teras sawah yang berada di daerah pegunungan Ifugao tersebut disebut telah ada sejak lebih dari 2.000 tahun lalu. Berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut dan terletak di salah satu bagian terpencil pulau Luzon.

  • Mutiara terbesar di dunia

Mutiara yang dinamakan “Mutiara Lao Tzu” ini ditemukan pada tahun 1934 oleh penyelam di laut Palawan. Mutiara yang diperkirakan berusia 600 tahun ini memiliki berat 6,35 kilogram, panjang 24 sentimeter dan diameter 14 sentimeter serta nilai jual mencapai 40 juta dolar AS.

Demikian informasi tentang Negara Filipina, semoga bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn