Negara Bosnia dan Herzegovina: Karakteristik, Penduduk Dan Faktanya

Negara Bosnia dan Herzegovina yang terletak di bagian selatan Benua Eropa tepatnya di Eropa Tenggara. Nama lain dari negara ini yakni Republik Bosnia dan Herzegovina, dikenal pula dengan bahasa resminya sebagai Bosna i Hercegovina mempunyai karakteristik alam, penduduk hingga beberapa fakta yang menarik untuk dibahas, berikut penjelasannya.

Karakteristik Negara Bosnia Dan Herzegovina

Negara Bosnia dan Herzegovina merupakan sebuah negara yang berada di Semenanjung Balkan, apabila dilihat dari atas, negara ini sepintas terlihat membentuk segitiga. Beribu kota di Sarajevo Bosnia dan Herzegovina mempunyai luas wilayah mencapai 51.129 km persegi.

Kondisi alam negara ini cukup beragam, mulai dari wilayah pegunungan yang tertutup dengan hutan lebat di bagian utara, di mana pada bagian ini merupakan wilayah Bosnia. Sedangkan untuk wilayah Herzegovina yang berada di selatan, sebagian besar adalah lahan pertanian yang datar serta mempunyai garis pantai sempit tanpa adanya pelabuhan alami, terbentang 20 km di sepenjang Laut Adriatik.

Sesuai dengan namanya, negara ini merupakan gabungan dari dua wilayah yakni Bosnia yang menjadi wilayah paling luas mulai dari utara hingga bagian tengah, serta Herzegovina yang terletak mulai dari selatan sampai dengan bagian barat daya.

Kedua wilayah tersebut terpisahkan oleh rantai gunung bernama Gunung Ivan yang berada di bagian utara. Sedangkan untuk bagian barat daya dipisahkan oleh area karst yang berada di Lembah Livno – Duvno.

Negara Bosnia dan Herzegovina mempunyai batas wilayah alami dengan beberapa negara di dekatnya, antara lain:

  • Sisi timur berbatasan dengan Republik Serbia, mengikuti aliran sungai Drina
  • Sisi tenggara berbatasan dengan Republik Montenegro, tidak adanya batas alam yang jelas
  • Sisi selatan dan barat daya berbatasan dengan Montenegro, rantai pegunungan
  • Sisi barat berbatasan dengan Republik Kroasia, Una
  • Sisi utara berbatasan dengan Republik Kroasia, Sava

Iklim di negara Bosnia dan Herzegovina termasuk ke dalam iklim kontinental. Untuk di wilayah bagian selatan, iklim di sini banyak dipengaruhi oleh iklim mediterania yang mempunyai ciri musim panas terik dan kering, ketika musim dingin tiba akan sangat berangin.

Untuk kawasan pegunungan, iklim tergolong campuran antara iklim kontinental dan pegunungan, di mana saat musim dingin tiba biasanya berlangsung sangat lama dan panjang sedangkan musim panas terjadi sangat singkat.

Penduduk Negara Bosnia Dan Herzegovina

Negara Bosnia dan Herzegovina ditempati oleh tiga kelompok etnik utama yakni Bosnia, Serbia dan Kroasia. Ketiga kelompok etnik tersebut membentuk mayoritas di ketiga daerah administratif yang telah dibentuk pada Perjanjian Dayton bagi masing-masing kelompok etnik.

Etnik Bosnia dan Kroasia menempati wilayah Federasi Bosnia dan Herzegovina, sedangkan etnik Serbia berada di Republik Srpska. Untuk distrik Brčko menjadi wilayah untuk kedua entitas politik yang dibagi secara rata.

Bisa dikatakan jika negara Bosnia dan Herzegovina termasuk negara paling multi-religius di Benua Eropa, dengan agama Kristen Katolik adalah agama mayoritas. Terdapat pula agama minoritas lain yang ada di negara ini antara lain Kristen Ortodoks, Kristen Protestan, Islam dan agama lainnya.

Identitas agama di negara ini sangat penting dan menjadi pembahasan politik antara suku. Tidak heran terjadi Perang Yugoslavia yang disebabkan adanya konflik antar etnik dan didorong dengan konflik antara agama.

Pada Konstitusi Bosnia tidak ada penetapan bahasa resmi untuk Bosnia dan Herzegovina. Meskipun begitu, Perjanjian Dayton ditulis menggunakan bahasa Bosnia, Kroasia dan Serbia. Dan pada akhirnya secara de facto negara ini menggunakan ketiga bahasa tersebut sebagai bahasa resmi negara Bosnia dan Herzegovina.

Perekonomian Dan Kekayaan Alam Negara Bosnia Dan Herzegovina

Ekonomi negara Bosnia dan Herzegovina sempat mengalami goncangan saat terjadi perang di tahun 1992. Akibatnya banyak sektro yang mengalami kelumpuhan salah satunya dari pertanian.

Selain itu banyak warga yang kehilangan pekerjaan sehingga memaksa mereka untuk berpindah tempat bahkan hingga ke luar negeri.

Tentunya banyak hal yang diupayakan pemerintah negara Bosnia dan Herzegovina untuk mengembalikan perekonomian negara seperti menjadi anggota penuh dari Perjanjian Perdagangan Bebas Eropa Tengah di tahun 2007, mempercepat integrasi ke dalam Uni Eropa, memperkuat sistem fiskal, reformasi administrasi publik dan lan sebagainya.

Pendapatan negara berasal dari berbagai sektor seperti jasa, industri dan pertanian. Dari sektor industri barang yang dihasilkan berupa baju, batu bara, biji besi, seng, timah, mangan, bauksit, tekstil, produk tembakau, tekstil, amunisi, peralatan rumah tangga, penyulingan minyak dan perakitan kendaraan.

Sedangkan dari sektor pertanian, negara ini menghasilkan gandum, jagung, buah-buahan, sayur mayur dan hewan ternak. Kegiatan ekspor dan impor barang juga menjadi andalan negara ini dengan barang ekspor berupa listrik, minyak, logam, pakaian dan produk kayu. Sedangkan mitra ekspornya yakni Slovenia, Kroasia, Italia, Jerman, dan Austria.

Untuk impor, negara Bosnia dan Herzegovina mengimpor mesin dan perlengkapannya, bahan bakar, bahan makanan, bahan kimia, dan gas alam. Mitra impor negara ini antara lain Kroasia, Slovenia, Jerman, Italia, Austria dan Hungaria.

Fakta-Fakta Negara Bosnia Dan Herzegovina

  1. Nama Bosnia dan Herzegovina bukanlah nama dari ras atau suku tertentu, melainkan nama dari wilayah.
  2. Terdapat piramida tertua dan terbesar di dunia yang saat ini terlihat seperti bukit-bukit di barat laut Sarajevo. Menurut arkeolog Bosnia, Dr. Semir Osmanagic, bahwa terdapat lima bukit di Visoko yang sebenarnya adalah piramida berusia 30.000 tahun.
  3. Bosnia dan Herzegovina memiliki peninggalan hutan hujan kuno yang terdapat di Eropa yakni Taman Nasional Sutjeska di timur Bosnia hingga Montenegro berusia 20.000.
  4. Titik tertinggi Bosnia Dan Herzegovina berada di Gunung Maglic yang mempunyai tinggi 2.386 meter.
  5. Setidaknya masih terdapat sekitar 200.000 ranjau yang masih harus dibersihkan. Ranjau tersebut merupakan sisa dari perang di Bosnia Dan Herzegovina.
fbWhatsappTwitterLinkedIn