Negara Andorra: Karakteristik, Penduduk, Dan Ekonomi

Negara Andorra atau negara dengan nama resmi Kepangeranan Andorra bisa disebut juga sebagai Kepangeranan Lembah-lembah Andorra. Negara ini termasuk negara mikro berdaulat yang berada di Eropa Barat dan menjadi sebagian dari negara-negara Katalan.

Menurut sejarah negara Andorra pernah dikuasai oleh Count of Urgell hingga tahun 988 saat diserahkan kepada Keuskupan Urgell. Saat ini Andorra dikenal sebagai kepangeranan sebab merupakan diarki yang dipimpin oleh dua orang pangeran, yakni Keuskupan Urgell Katolik yang berada di Katalunya, Spanyol dan Presiden Prancis.

Karakteristik Negara Andorra

Negara Andorra termasuk negara terkecil ke-6 di Benua Eropa dengan luas wilayah mencapai 468 km persegi. Serta berada pada urutan ke-16 sebagai negara terkecil di dunia dan juga berada diurutan ke-11 sebagai negara dengan jumlah populasi terkecil di dunia.

Ibu kota negaranya berada di Andorra la Vella yang terletak diketinggian 1.023 meter di atas permukaan laut. Negara Andorra terdiri atas tujuh komunitas yang lebih dikenal dengan sebutan paroki yang berasal dari bahasa Katalan yakni parròquies, tunggal – parròquia, dan paroki tersebut antara lain:

  1. Andorra la Vella
  2. Canillo
  3. Encamp
  4. Escaldes-Engordany
  5. La Massana
  6. Ordino
  7. Sant Julià de Lòria

Hampir sebagian besar daratan di Andorra berupa wilayah pegunungan yang kasar dengan puncak atau titik tertingginya terletak di Coma Pedrosa dengan tinggi mencapai 2.942 km, sedangkan rata-rata ketinggian negara ini mencapai 1.996 meter.

Negara Andorra cukup unik yakni dibelah oleh tiga lembah sempit berbentuk huruf Y yang bergabung membentuk bagian utama. Terdapat sungai Gran Valira yang mengalir hingga ke negara Spanyol.

Secara astronomis Andorra terletak di antara 42o30’ LU dan 1o30’ BT dan termasuk negara yang tidak memiliki wilayah laut yang terletak di Semenanjung Iberia atau dikenal dengan sebutan negara pedalaman. Negara Andorra berbatasan dengan:

  • Bagian timur berbatasan dengan Pegunungan Pirenia
  • Bagian selatan berbatasan dengan Negara Spanyol
  • Bagian utara berbatasan dengan Negara Perancis
  • Bagian barat berbatasan dengan Negara Spanyol

Jika dilihat secara fitogeografis, Andorra termasuk ke dalam bagian Provinsi Eropa Atlantik yakni Region Sirkumboreal dalam Kerajaan Boreal. Dan menurut Dana Dunia Untuk Alam, kawasan Andorra merupakan bagian dari kawasan hutan campuran dan konifer Pirenia.

Terdapat beberapa iklim yang dimiliki oleh Andorra yakni iklim alpin, iklim kontinental dan lautan, hal ini bergantung dari ketinggian tempatnya. Saat musim dingin jumlah salju terlihat lebih banyak jika berada di dataran tinggi dan akan terasa sejuk saat musim panas.

Penduduk Negara Andorra

Jumlah penduduk Andorra diperkirakan mencapai 77 ribu jiwa yang beberapa diantaranya merupakan keturunan dari kelompok etnis Romans yang aslinya masih keturunan Katalunya. Sedangkan sisanya berasal dari berbagai kelompok etnis lain seperti Spanyol, Portugis dan Prancis.

Bahasa resmi yang digunakan negara ini yakni bahasa Katala dan dituturkan oleh 38,8% populasi. Terdapat pula bahasa lain yang juga digunakan untuk komunikasi sehari-hari antara lain:

  • Bahasa Spanyol (35,4%)
  • Bahasa Portugis (15%)
  • Bahasa Prancis (5,4%)
  • Bahasa lainnya (5,5%)

Adanya bahasa selain Katalan disebabkan oleh beberapa faktor seperti hubungan sejarah, geografis dan imigrasi. Sedangkan bahasa Inggris hanya digunakan untuk kebutuhan pariwisata saja.

Di bidang agama, hampir sebagian besar penduduk Andorra menganut agama Katolik (88,2%) dengan Santo pelindungnya yaitu Our Lady of Meritxell. Meskipun dianut oleh mayoritas penduduknya, agama Katolik bukanlah agama resmi negara ini, konstitusi hanya mengakui hubungan khusus antara pemerintah dengan Gereja Katolik.

Selain agama Katolik, terdapat pula beberapa agama lain yakni Islam yang banyak dianut oleh para imigran dari Afrika Utara, komunitas kecil Hindu, Baha’i dan Yahudi.

Ekonomi dan Kekayaan Alam Negara Andorra

Sudah sejak tahun 1950, Andorra memanfaatkan aliran sungai yang mengalir dari gunung sebagai sumber pembangkit tenaga listrik. Pendapatan utama negara ini berasal dari sektor pariwisata yang menyumbang sekitar 80% PDB.

Negara ini menyediakan banyak resor ski dengan total keseluruhan mencapai 175 km area ski. Bahkan setiap tahunnya ada sekitar lebih dari 7 juta wisatawan datang ke negara ini.

Di sektor pertanian, negara ini mengalami keterbatasan lahan sebab hanya sekitar 2% saja lahan yang dapat ditanami dengan tanaman utama berupa tembakau, zaitun dan beberapa jenis biji-bijian. Bidang peternakan juga dibudidayakan di negara ini dengan peternakan utama yakni domba dan sapi.

Kegiatan ekspor juga menjadi andalan negara ini dengan barang utama berupa peranko, radio Andorra, tembakau serta beberapa jenis kerajinan tangan. Dari barang-barang tersebut radio Andorra dan perangko menjadi barang yang paling banyak dicari.

Fakta Negara Andorra

  1. Negara Andorra merupakan salah satu negara dengan tingkat keamanan tertinggi di dunia. Hal ini bukan dikarenakan kekuatan militer yang dimilikinya, namun sikap netral yang menjadikan Andorra tidak pernah mendapat intervensi dari negara manapun sejak ratusan tahun.
  2. Untuk pertahanan negaranya, Andorra hanya mengandalkan militer Prancis dan Spanyol, dengan kata lain, negara ini tidak memiliki pasukan militer. Sedangkan keamanan di dalam negeri, Andorra mempunyai kepolisian yang menjaga dengan sangat ketat.
  3. Pusat kota Andorra la Vella menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara karena menjadi pusat perbelanjaan. Ada beragam toko yang menjual barang bermerk dengan harga murah dan dijamin keasliannya. Untuk barang elektronik sudah mempunyai garansi internasional.
  4. Andorra bukanlah anggota dari Uni Eropa sehingga jika mengunjungi negara ini tidak dibutuhkan visa bagi warga negara Eropa. Bagi warga luar Eropa dapat mengajukan visa Schengen dan harus melalui jalur darat dari Spanyol atau Perancis.
  5. Penduduk Andorra menjadi salah satu dari penduduk dengan usia paling panjang di dunia. Rata-rata penduduknya dapat berusia 83 tahun tidak heran jika negara ini terdaftar sebagai negara dengan usia terpanjang ketiga di dunia.
fbWhatsappTwitterLinkedIn