Negara Ceko: Karakteristik, Penduduk Dan Faktanya

Dahulu sebelum akhirnya memutuskan berpisah secara damai, negara Ceko pernah bersatu dengan negara Slovakia menjadi sebuah negara bernama Negara Cekoslowakia. Negara Ceko berada di kawasan Benua Eropa tepatnya di Eropa bagian tengah.

Menurut sejarah, negara Ceko berada di Sudentenland yang menjadi tempat tinggal bagi suku Jerman. Akan tetapi setelah Perang Dunia II, hampir sebagian besar suku Jerman dideportasi meskipun pada saat itu banyak masyarakat Ceko yang menyandang nama Jerman.

Karakteristik Negara Ceko

Negara Ceko atau Czech yang beribu kota di Praha ini termasuk negara pedalaman karena lokasinya yang dikelilingi oleh beberapa negara serta tidak mempunyai wilayah perairan. Negara yang berada di antara garis lintang 48o – 51oLU dan di antara garis bujur 12o – 19oBT, berbatasan dengan beberapa negara antara lain:

  • Sisi utara berbatasan dengan: Negara Jerman dan Negara Polandia
  • Sisi tenggara berbatasan dengan: Negara Slovakia
  • Sisi selatan berbatasan dengan: Negara Austria
  • Sisi barat berbatasan dengan: Negara Jerman

Dengan luas wilayah mencapai 78.867 km persegi, negara Ceko dikelilingi oleh pegunungan rendah yang juga menjadi tempat titik tertinggi negara Ceko yakni Gunung Sněžka (1.602 mdpl).

Selain itu, negara Ceko juga dilewati oleh beberapa sungai seperti Sungai Elbe (Labe), Sungai Vltava, Sungai Morava yang berada di sisi timur Ceko dan menjadi mata air bagi Sungai Oder (Odra). Semua sungai tersebut mengalir ke arah Laut Utara, Laut Baltik dan Laut Hitam.

Jika dilihat secara geografis, Ceko termasuk ke dalam iklim sedang dan mempunyai empat musim setiap tahunnya. Saat musim dingin, rata-rata suhu udara dapat mencapai 0 derajat celcius dan mencapai 25 derajat celcius saat memasuki musim panas.

Diketahui jika cuaca di Ceko dipengaruhi dari dua pola cuaca, yakni dari timur (Sirberia) dan dari barat (Atlantik). Terkadang saat musim panas tiba, suhu udara dapat mencapai 35 derajat celcius dan minus 15 derajat celcius ketika musim dingin. Curah hujan tertinggi terjadi saat musim semi dan musim gugur.

Penduduk Negara Ceko

Jumlah penduduk negara Ceko diperkirakan ada sekitar 11 juta jiwa yang berasal dari berbagai etnis. Mayoritas penduduknya berasal dari etnis Ceko itu sendiri, sedangkan sisanya merupakan kelompok etnis lain seperti etnis Moravian dan etnis Slowakia.

Terdapat sejumlah kecil penduduk yang berasal dari beberapa negara lain seperti Jerman, Hungaria, Polandia, Romawi, Rusia, Ukraina, Silesia, dan Vietnam. Di bidang agama, kebanyakan penduduk Ceko tidak beragama namun beberapa diantaranya menganut agama Roma Katolik dan yang lainnya beragama Kristen Protestan.

Tingkat melek huruf penduduk Ceko mencapai 99% dengan bahasa resmi negara ini yakni bahasa Ceko. Meskipun di beberapa daerah banyak pula penduduk yang menggunakan bahasa daerah, tercatat jika ada sekitar 20 bahasa dengan 10 diantaranya merupakan bahasa asli.

Penduduk Ceko terkenal dengan sikap sopan santunnya terutama saat bertutur kata. Terutama bagi orang yang lebih tua, mereka akan menghormatinya. Pemberian nama untuk orang Ceko terdiri dari dua kata dengan urutan marga kemudian nama, terkadang ditambahkan satu kata di tengah sebagai pembeda.

Kekayaan Alam dan Perekonomian Negara Ceko

Sumber kekayaan alam yang dimiliki oleh Ceko berasal dari hasil tambang berupa batu bara keras, batu bara lunak, tanah liat, kaolin, grafit. Sedangkan di bidang kehutanan menghasilkan kayu.

Pendapatan negara Ceko berasal dari beragam sektor salah satunya yakni sektor industri seperti metalurgi, teknik, industri elektronik, kimia, kendaraan bermotor, obat-obatan, tekstil dan lain sebagainya. Namun yang paling utama yakni berasal dari industri kristal dan bir.

Bahkan Ceko menjadi salah satu negara dengan perekonomian paling maju di Eropa Tengah. Tingkat pengangguran terendah di Uni Eropa, sebagai dampak dari pemerintahan baru di tahun 2014 yang berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Ceko.

Di tahun 2017, tercatat pertumbuhan PDB Ceko mencapai 4,3% dengan tingkat pengangguran sebesar 2,8%. Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar US$375,7 milyar dengan pendapatan per kapita mencapai US$35.500.

Adanya investasi asing memberikan perubahan tersendiri terhadap perekonomian Ceko. Sektor pariwisata juga turut memberikan pemasukan bagi pendapatan negara. Tidak heran jika negara ini dapat mengembangkan berbagai bidang di segala wilayahnya.

Fakta-Fakta Negara Ceko

  1. Kota Praha pernah menjadi ibu kota Eropa saat pemerintahan Raja Charles IV yang berkuasa di tahun 1346 – 1378. Di saat yang sama dia juga menjadi Raja Bohemia dan Raja Romawi Suci.
  2. Penduduk Ceko berada diurutan ketiga di dunia sebagai penganut atheis. Hampir sekitar 80% dari total keseluruhan penduduknya mengarah pada pandangan agnostis yakni bahwa kebenaran dan keberadaan Tuhan tidak dapat diketahui menggunakan akal pikiran manusia yang terbatas.
  3. Bir menjadi minuman yang paling banyak diperjualbelikan di Ceko. Budaya minum dan mengolah bir sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Ceko karena sudah ada sejak tahun 993 SM. Tercatat jika penduduk Ceko mengkonsumsi bir tertinggi di dunia yakni sekitar 161 liter per tahun.
  4. Setidaknya terdapat sekitar 1600-an buah kastil yang dimiliki oleh negara Ceko. Ada sekitar 130 kastil yang dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tujuan wisata terfavorit. Sebagian besar kasil banyak ditemukan di kawasan Bohemia Tengah. Saat itu kastil utama dibangun sebagai pertahanan wilayah, sedangkan kastil berukuran kecil menjadi tempat tinggal para bangsawan.
  5. Di Ceko terdapat sebuah geraja bernama Gereja All Saint di Kutna Hora yang memiliki ruang bawah tahan penuh dengan rangka manusia. Ada sekitar 40.000 rangka manusia yang dipajang di Sedlec Ossuary.
fbWhatsappTwitterLinkedIn