Negara Polandia: Karakteristik – Perekonomian Dan Faktanya

Negara Polandia atau yang mempunyai nama resmi Republik Polandia merupakan sebuah negara yang berada di Benua Eropa tepatnya Eropa Tengah. Warna bendera milik Polandia mirip dengan negara Indonesia, hanya saja warna putih berada di atas dan warna merah berada di bagian bawah.

Karakteristik Negara Polandia

Secara astronomis, negara Polandia berada di antara garis lintang 49o LU – 55o LU dan juga garis bujur 14o BT – 25o BT. Adapun batasan wilayah Polandia antara lain:

  • Bagian utara berbatasan: Negara Rusia dan Laut Baltik
  • Bagian timur berbatasan: Negara Lituania, Negara Belarus, dan Negara Ukraina
  • Bagian selatan berbatasan: Negara Ceko dan Negara Slovakia
  • Bagian Barat berbatasan: Negara Jerman

Hal unik dari Polandia yaitu meskipun berada Eropa Tengah,namun bagian tengah dan utaranya masuk ke dalam wilayah Eropa Utara. Pada wilayahini terdapat 4 distrik perbukitan morain serta danau yang telah terbendung olehmoraine sejak zaman es Pleistosen. Keempat distrik tersebut antara lain:

  • Distrik Danau Polandia Besar
  • Distrik Danau Kashubian
  • Distrik Danau Pomerania
  • Distrik Danau Masurian (terbesar)

Sedangkan untuk wilayah bagian selatannya terdapat wilayahMasovia, Silesia dan Lusatia yang ditandai adanya lembah sungai pada zaman es,pegunungan Sudetes, dataran tinggi Kraków-Częstochowa, Pegunungan Świętokrzyskiedan juga pegunungan Carpathian. Pada pegunungan Carpathian terdapat titiktertinggi bernama Tatra yang membentang sepanjang perbatasan selatan Polandia.

Keanekaragaman hayati Polandia cukup beragam dan banyakditemukan di dalam hutan Białowieża yang telah terdaftar pada Situs WarisanDunia UNESCO. Hutan Białowieża menjadi rumah bagi 800 bison liar, beruangcoklat, tatry, beskidy, serigala abu-abu, rusa polandia, dan menjadi tempattinggal bagi bangau putih di Eropa.

Negara Polandia mempunyai empat musim dalam satu tahun, yakni musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Saat musim panas suhu udara cendrung hangat dengan rata-rata mencapai 18 – 30 derajat celcius, sedangkan saat musim dingin akan terasa dingin dan kering dengan suhu mencapai 3 derajat celcius di bagian barat laut dan -6 derajat celcius pada timur laut.

Penduduk Negara Polandia

Penduduk Polandia berasal dari etnis Slavia Barat danberagam etnis lainnya. Terbentuknya etnis Polandia tidak dapat terlepas darisejarah di abad ke-10 di mana saat itu Adipati Mieszko I melakukan penyatuansuku-suku Slavia yang berasal dari Polan, Mazovian, Vistulan, Slezan, Lendian,Pomeranian dan etnis lainnya yang tinggal di antara Sungai Oder dan Sungai Bug,serta etnis yang menghuni Pegunungan Carpathian dan Sudeter.

Seiring berjalannya waktu, penduduk Polandia saat inisebagian besar merupakan etnis Polandia. Sedangkan sisanya berasal dari:

  • Silesian
  • Kashubian
  • Jerman
  • Ukraina
  • Belarus
  • Kelompok etnis minoritas (Romawi, Yahudi,Lemkos, Lithuania, Vietnam, Slowakia, Ceko, Rusia, Yunani, Armenia, dan TatarLipka)

Bahasa yang digunakan yakni Bahasa Polandia yang telahmenjadi bahasa resmi di Uni Eropa. Meskipun begitu, banyak penduduk yang fasihberbahasa Inggris, Rusia, Jerman, Prancis, Italia dan Spanyol.

Hampir sebagian besar penduduk Polandia beragama Kristenmeskipun begitu toleransi dan kebebasan beragama dijamin oleh konstitusiPolandia. Tidak heran ada beragam agama minoritas lainnya di Polandia antaralain:

  • Ortodoks Polandia
  • Protestan
  • Katolik Timur
  • Mariavites
  • Yahudi
  • Islam

Perekonomian dan Kekayaan Alam Negara Polandia

Negara Polandia bisa dikatakan merupakan negara dengankondisi ekonomi terbesar di Eropa bahkan negara ini berhasil menghindari resesiyang pernah terjadi pada tahun 2008 hingga 2009.

Perekonomiannya terus mengalami peningkatan setiap tahun,bahkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) telah mencapai US$1,111 triliun di tahun2017 dan pendapatan per kapita sekitar US$29.300. Polandia sangat mengandalkanberagam sektor mulai dari industri permesinan, besi dan baja, industri kimia,pertambangan batu bara, kaca, tekstil, perkapalan, hingga pengolahan makanandan minuman.

Sedangkan Polandia mempunyai cukup banyak sumber daya alammulai dari batu bara, tembaga, seng, belerang, gas alam, garam dan timbal. Bahkancadangan batu bara yang dimilikinya termasuk yang terbesar di dunia. Cadanganbatu bara ini banyak ditemukan berbatasan dengan Jerman-Polandia.

Sektor pertanian ternyata juga mendukung perekonomian negaraini dengan hasil pertanian utama berupa kentang, gandum, rye, gula bit, oat,dan barly. Sedangkan di bidang peternakan menghasilkan bentuk olahan dagingseperti ham dan sosis yang telah diekspor ke berbagai negara.

Fakta Menarik Negara Polandia

  1. Nama Polandia berasal dari kata Polska (bahasaInggris) atau Pole yang berarti lapangan. Teori lain mengatakan bahwa kataPolandia merupakan nama suku “Polanie” yang artinya manusia yang hidup di alamterbuka.
  2. Negara Polandia tercatat sebanyak 43 kaliberjuang melawan kolonialisme untuk merdeka. Polandia beberapa kali harusberjuang melawan negara disekitar mereka seperti Jerman maupun Soviet.
  3. Polandia pernah dihilangkan dari peta duniaselama 123 tahun. Hal ini disebabka karena selama itu Polandia terbagi menjadibeberapa bagian dan dimiliki oleh negara Rusia, Prusia dan Australia.
  4. Kota tua yang berada di Kota Warsawa (ibu kota Polandia)terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO. Dahulu kota ini sempat hancur akibatserangan dari Jerman saat Perang Dunia II, namun kembali dibangun dan berubahmenjadi kota penuh sejarah.
  5. Bahasa Polandia menjadi bahasa yang sulitdiucapkan oleh orang asing. Sebab ada beberapa kata banyak menggunakan hurufkonsonan dan juga pengucapannya perlu membelokan lidah.
fbWhatsappTwitterLinkedIn