Negara Rusia: Karakteristik – Kekayaan Alam – Penduduk

Federasi Rusia atau biasa disebut sebagai Rusia merupakansebuah negara berdaulat yang terbentang cukup luas dari bagian timur Eropa danutara benua Asia. Hal menarik dari negara Rusia yakni pembagian zona waktu yangmencapai 11 bagian.

Karakteristik Negara Rusia

Negara Rusia termasuk sebagai negara terluas di dunia,bahkan luas wilayahnya mencakup seperdelapan dari luas daratan Bumi. Luasnegara yang beribu kota di Moskow ini mencapai 17.125.200 km persegi denganjumlah penduduknya berada di peringkat ke-9 terbanyak di dunia.

Karena cukup luas, tidak heran jika Rusia banyak berbatasandengan negara yang berada di benua Eropa dan juga benua Asia. Negara-negaratersebut antara lain:

Tidak hanya itu saja, Rusia juga memiliki batasan wilayah laut dengan Jepang di Laut Okhotsk, negara bagian Alaska, Amerika Serikat melalui Selat Bering. Secara astronomis, Rusia berada di antara garis lintang 41oLU – 82oLU dan garis bujur 19oBT – 169oBT.

Rusia terletak di Eropa Timur dengan sebagian wilayahnya adayang berada di kawasan Asia, serta terdapat Pegunungan Ural sebagai pembataskedua benua. Negara ini mempunyai sebuah wilayah cukup luas bernama Siberiayang umumnya beriklim tundra.

Hal ini disebabkan karena letak Rusia yang berada di belahanbumi bagian utara, sehingga membuat beberapa wilayahnya tertutup oleh eskhususnya kawasan perairan bebas seperti:

  • Laut Putih
  • Laut Kara
  • Laut Barents
  • Laut Laptev
  • Laut Siberia Timur (bagian dari laut Arktik atauKutub Utara)

Hampir sebagian besar wilayah Rusia adalah iklim tundra, dimana saat musim dingin terjadi cukup panjang dan beku sedangkan ketika musimpanas tiba berlangsung singkat dengan suhu udara sejuk.

Negara Rusia juga mempunyai beberapa pulau antara lain:

  • Kepulauan Sirberia Baru
  • Pulau Wrangel (di Samudera Arktik)
  • Pulau Novaya Zemlya
  • Daratan Franz-Josef
  • Kepulauan Kuril dan Sakhalin (masih diperebutkandengan Jepang)

Selain itu, negara Rusia juga berbatasan dengan Laut Kaspia dan Laut Hitam yang berbatasan oleh negara Turki. Terdapat pula Selat Bosphorus dan Selat Dardanela yang dimanfaatkan sebagai jalur kapal dari Laut Hitam menuju Laut Tengah dan Terusan Suez.

Daratan Rusia rata-rata berada diketinggian 600 mdpl dengantitik terendah berada di Laut Kaspia yaitu 28 meter di bawah permukaan laut. Sedangkantitik tertingginya terletak di Gora El’Brus yang merupakan titik tertinggi dibenua Eropa yakni 5.633 m.

Penduduk Negara Rusia

Populasi penduduk negara Rusia termasuk tertinggi denganjumlah sekitar 142 juta jiwa. Meskipun dikatakan tinggi, namun kepadatanpenduduknya tergolong rendah hal ini disebabkan karena penduduk Rusia tersebardi beberapa wilayah yang cukup luas.

Kepadatan tertinggi terjadi di sekitar Pegunungan Ural danjuga bagian barat daya Siberia. Penduduk Rusia terdiri dari beragam etnis,tercatat Suku Rusia merupakan kelompok mayoritas di negara ini, sedangkan yanglainnya merupakan etnis minoritas seperti:

  • Suku Tatar
  • Suku Ukraina
  • Suku Bashkir
  • Suku Chechen
  • Suku Chuvash
  • Suku Armenia
  • Dan lain-lain

Bahasa Rusia menjadi bahasa resmi negara ini, meskipunbegitu di beberapa tempat masih menerapkan bahasa daerah untuk digunakan dalamkomunikasi sehari-hari. Sedangkan Abjad Sirilik menjadi bentuk tulisan resmi,bahkan Bahasa Rusia menjadi bahasa resmi yang digunakan pada PerserikatanBangsa-Bangsa, termasuk dalam beragam buku di dunia selain Bahasa Inggris.

Di bidang agama, mayoritas penduduk Rusia beragama KristenGereja Orthodoks Rusia. Agama terbesar keduanya adalah Islam, disusul olehProtestan, Yahudi, Katolik Roma, dan Buddha. Penentuan agama seseorangtergantung dari etnis masing-masing.

Kekayaan Alam Negara Rusia

Rusia mendapat julukan sebagai energy superpower, sebabmempunyai cadangan gas alam, minyak bumi dan batu bara terbesar di dunia. Tidakheran jika Rusia menjadi negara produsen dan pengekspor gas alam terbesar keduadi dunia.

Selain gas alam, minyak bumi dan batu bara, Negara Rusiajuga terkenal sebagai produsen listrik terbesar ke-3 dan produsen energiterbarukan terbesar ke-5 di dunia. Negara ini memanfaatkan sumber daya alamnyaberupa air untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga air dalam skala besar.

Tidak hanya itu saja, Rusia juga menjadi negara pertama yangmembangun pembangkit nuklir dan saat ini negara ini berada di peringkat ke-4sebagai produsen energi nuklir. Seluruh tenaga nuklir di Rusia dikelola olehsebuah perusahaan bernama Rosatom State Corporation.

Kondisi Ekonomi Negara Rusia

Sistem perekonomian Rusia merupakan percampuran dari beragamsistem ekonomi dengan sebagian menggunakan Ekonomi Terencana atau Centralized Planning. Sistem perekonomianini berdasarkan pada kegiatan ekonomi yang tidak memberikan kebebeasan daninisiatif kepada masyarakatnya.

Selain itu, perekonomian Rusia juga menerapkan Ekonomi Pasaryang merupakan warisan dari pemerintahan Yeltsin. Meskipun begitu, Rusia tidakpernah mengarahkan kegiatan ekonominya ke dalam bentuk State Capitalism.

Perekonomian Rusia tergolong tinggi dengan mengandalkansumber daya alam yang dimilikinya yakni minyak bumi dan gas alam. Bahkan PDBnegara Rusia berada di peringkat 19 dunia dan peringkat ke-6 berdasarkanKeseimbangan Kemampuan Berbelanja.

Sektor yang sangat berperan dalam pergerakan perekonomianRusia berasal dari jasa non-dagang dan barang untuk kebutuhan domestik. Kegiatanekspor barang seperti minyak bumi, gas alam, logam, dan kayu menyumbangsetidaknya lebih dari 80% barang ekspor.

Fakta-Fakta Negara Rusia

  1. Di dalam pemerintahannya Rusia tidak menggunakanwakil presiden. Pemerintahan dipegang oleh Presiden, berpusat di Kremlin. Untukmenjalankan pemerintahan, Presiden dibantu oleh Perdana Menteri yangbertanggung jawab terhadap parlemen.
  2. Angkatan Laut Rusia mempunyai kapal selamtercanggih berbahan bakar nuklir. Kapal selam ini dapat melaju dengan kecepatan56 km/jam serta dilengkapi dengan beragam teknologi untuk meningkatkan performakapal selam.
  3. Danau Karachay menjadi tempat pembuangan limbahnuklir. Kemungkinan besar jika berada di danau tersebut selama 1 jam, bisadipastikan orang tersebut akan mati. Oleh karena itu, pemerintah mengisikembali danau tersebut dengan blok beton di tahun 2015.
  4. Metro Moskow menjadi stasiun kereta bawah tanahpaling indah di dunia.
  5. Gunung Ural menjadi gunung tertua di dunia sertaDanau Baikal merupakan danau terdalam di dunia dengan air paling segar.
  6. Kota Moskow menjadi kota terbesar di Eropadengan jumlah penduduk diperkirakan mencapai 16 juta jiwa pada tahun 2020.
fbWhatsappTwitterLinkedIn