Negara Uzbekistan: Karakteristik – Kekayaan Alam Dan Ekonominya

Negara Uzbekistan atau Republik Uzbekistan merupakan sebuah negara yang berada di antara dua benua, di mana sebagian sebagian wilayahnya terletak di Asia Tengah dan Eropa Timur. Negara ini juga pernah menjadi bagian dari Uni Soviet dan termasuk negara pedalaman karena dikelilingi oleh beberapa negara.

Nama Uzbekistan berasal dari kata Ozbek bentuk kata “Oz” yang memiliki arti sejati atau asli, dan kata “bek” berarti pemimpin. Sehingga jika diartikan Ozbek mempunyai arti bangsawan atau pemimpin sejati.

Karakteristik Negara Uzbekistan

Negara Uzbekistan memiliki ibu kota bernama Tashkent memiliki luas wilayah mencapai 447.400 km persegi membuat negara ini menjadi negara terluas ke-56 di dunia. Jika dilihat berdasarkan hasil pecahan Uni Soviet, Uzbekistan berada diurutan ke-5 sebagai negara terluas dan ke-3 dengan jumlah penduduk terbanyak.

Secara astronomis negara Uzbekistan terletak di antara garis lintang 37oLU – 46oLU  dan antara garis bujur 56oBT – 74oBT, terbentang sejauh 1.425 km dari timur ke barat, dan 930 km dari utara ke selatan.

Uzbekistan berbatasan dengan beberapa negara, antara lain:

Negara ini termasuk negara yang terkurung dengan kondisi daratan kering. Selain itu, negara Uzbekistan juga termasuk salah satu dari dua negara yang kondisinya terkurung oleh negara-negara yang juga terkurung daratan selain negara Liechtenstein.

Kondisi daratan yang dimiliki Uzbekistan berada di dalam rangkaian cekungan endorheic, tidak terdapat sungai yang mengarah ke laut. Oleh sebab itu, tidak lebih dari 10% wilayahnya merupakan ladang irigasi yang berada di sekitar lembah-lembah sungai dan oasis, sedangkan sisanya berupa gurun pasir yang cukup luas bernama Kyzyl Kum dan pegunungan.

Di salah satu bagian dari pegunungan menjadi titik tertinggiUzbekistan bernama Khazret Sultan yang mempunyai tinggi mencapai 4.643 meter,tepatnya berada di bagian selatan Range Gissar, perbatasan negara Tajikistan.

Untuk iklim negara Uzbekistan termasuk ke dalam iklimkontinental dengan curah hujan antara 100 – 200 mm per tahun. Untuk suhu udararata-rata khususnya pada saat musim panas tiba sekitar 40oC danmusim dingin mencapai -23oC.

Secara administratif, Uzbekistan terbagi menjadi 12 provinsiatau dikenal dengan istilah Viloyat, satu otonom dan satu kota independen.Provinsi tersebut antara lain:

  1. Andijon Viloyati, beribu kota di Andijon
  2. Buxoro Viloyati, beribu kota di Buxoro (Bukhara)
  3. Farg’ona Viloyati, beribu kota di Farg’ona(Fergana)
  4. Jizzax Viloyati, beribu kota di Jizzax
  5. Xorazm Viloyati, beribu kota di Urganch
  6. Namangan Viloyati, beribu kota di Namangan
  7. Navoiy Viloyati, beribu kota di Navoiy
  8. Qashqadaryo Viloyati, beribu kota di Qarshi
  9. Qaraqalpaqstan Respublikasi, beribu kota diNukus
  10. Samarqand Viloyati, beribu kota di Samarqand
  11. Sirdaryo Viloyati, beribu kota di Guliston
  12. Surxondaryo Viloyati, beribu kota di Termez
  13. Toshkent Viloyati, beribu kota di Toshkent
  14. Toshkent Shahri, beribu kota di Toshkent

Penduduk Negara Uzbekistan

Jumlah penduduk di negara Uzbekistan sekitar 31 juta jiwa dimana tingkat kepadatannya mengalami peningkatan setiap tahunnya. Populasi penduduknegara ini berasal dari beragam suku antara lain:

  • Turki
  • Uzbek
  • Kazakh
  • Tatar
  • Karakalpar
  • Kirgiz
  • Turkmen
  • Iran
  • Rusia
  • Ukraina
  • Lain-lain

Negara Uzbekistan termasuk negara mulitiagama, namun agamaIslam menjadi agama yang paling banyak dianut oleh penduduk Uzbekistan. Selain Islamterdapat pula agama lain yakni Kristen Orthodoks Rusia, Yahudi, dan lainsebagainya.

Untuk bahasa, penduduk Uzbekistan menggunakan bahasa Uzbekyang merupakan salah satu dari cabang bahasa Turki. Meskipun begitu, adasebagian penduduk yang masih menggunakan bahasa Rusia dan Tajik dalam kehidupansehari-hari.

Kekayaan Alam Dan Perekonomian Negara Uzbekistan

Di bidang ekonomi, Uzbekistan masih menganut sistemperekonomian Soviet dengan melakukan subsidi serta pengendalian ketat untukproduksi, harga dan akses mata uang asing sejak mereka merdeka.

Pada tahun 2017, pemerintah Uzbekistan melakukan devaluasinilai mata uang resmi mereka sebanyak hampir 50%. Selain itu, pemerintah jugamemberikan kelonggaran terhadap pembatasan nilai mata uang agar menghilangkanpasar gelap mata uang, meningkatkan investasi, dan juga meningkatkan akses matauang.

Untuk sumber daya alam negara ini sangat mengandalkan sektorpertanian dengan hasil utama yakni kapas. Tidak heran jika Uzbekistan menjadisalah satu negara eksportir kapas terbesar ke-5 di dunia dengan menyebut kapassebagai emas putih.

Selain kapas, Uzbekistan juga memiliki sumber daya alam lainyang juga diekspor kesejumlah negara antara lain emas, minyak bumi, gas alamdan uranium. Bahkan uranium yang dihasilkan negara ini menempatkan Uzbekistansebagai negara dengan cadangan uranium terbanyak ke-7 dunia setelah Australia,Kazakhstan, Rusia, Kanada, Afrika Selatan dan Ukraina.

Fakta Menarik Negara Uzbekistan

  1. Di Uzbekistan terdapat Laut Aral yang pernahmenjadi laut darat terbesar keempat di dunia. Akan tetapi setelah Sovietmenghabiskan suplai air yang dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan kapas ditahun 1960-an serta penggunaan pestisida dan pupuk kimia secara berlebih,membuat Laut Aral mengalami pengurangan volume sekitar tiga kali lipat.
  2. Di tengah Laut Aral terdapat sebuah pulaubernama Vozrozhdeniye yang pernah digunakan sebagai tempat uji coba senjatabiologis rahasia milik Soviet. Pada tahun 1988, Soviet mengubur semua buktinyadi Vozrozhdeniye dan hingga saat ini pulau ini masih terkontaminasi oleh virusantraks dan racun mematikan lainnya.
  3. Terdapat sebuah kota tua bernama Itchan Kalayang dikelilingi oleh oleh tembok bata setinggi 10 meter. Di dalamnya terdapatlebih dari 50 monumen bersejarah serta beberapa bangunan tua sejak abad 18 dan19, tidak heran jika kota ini sudah terdaftar di dalam UNESCO World HeritageSite tahun 1990.
  4. Uzbekistan memiliki sebuah tambang emas terbesardi dunia yang masih aktif. Dalam setahun, tambang emas ini dapat menghasilkan90 ribu ton emas dan dikuasai oleh negara melalui perusahaan bernama Navoi.
  5. Negara ini menjadi tempat kelahiran bagi parailmuan terkenal dunia seperti Ibnu Sina yang dikenal sebagai bapak dokterdunia, Al Khwarizmi seorang ahli matematika, dan Al Biruni.
fbWhatsappTwitterLinkedIn