Karakteristik Negara Tajikistan dan Fakta-faktanya

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Benua Asia dibagi menjadi beberapa wilayah seperti Asia Timur, Asia Tengah, Asia Tenggara, Asia Barat dan lain sebagainya. Setiap wilayah di benua Asia memiliki karakteristiknya masing- masing. Karakteristik ini bisa jadi keadaan geografis  seperti bentang alam, iklim, topografi dan lain sebagainya. Sementara itu ada pula karakteristik lain seperti budaya, adat istiadat, dan lain sebagainya.

Begitu besarnya wilayah benua Asia, menyebabkan negara yang berada di benua ini pun juga sangat banyak. Bila kita hitung, setidaknya ada lebih dari 50 negara yang berada di benua Asia. Beberapa diantara negara- negara di benua Asia adalah negara maju dan terkenal di dunia, namun disamping itu jauh lebih banyak negara berkembang yang beberapa masih asing terdengar di telinga kita. salah satu negara yang berada di benua Asia adalah Negara Tajikistan. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas informasi mengenai negara Tajikistan.

Pernahkah kalian mendengar mengenai negara Tajikistan? Dilihat dari namanya, negara ini seperti negara- negara yang berada di kawasan Timur Tengah ya? Negara lain dengan nama yang mirip ialah Uzbekistan, Pakistan, Kirgiztan, dan lain sebagainya. Oke, mari kita bahas mengenai negara Tajikistan ini. Republik Tajikistan merupakan sebuah negara sempalan dari Uni Sovyet yang berada di kawasan Asia Tengah. Negara ini memiliki keadaan geografis yang berupa dataran tinggi dan tidak berbatasan dengan laut. Beberapa informasi mengenai negara Tajikistan antara lain sebagai berikut:

  • Ibukota negara : Dushanbe
  • Bahasa Resmi : Bahasa Tajik dan Bahasa Rusia
  • Bentuk Pemerintahan : Republik semi presidensial
  • Tanggal kemerdekaan : 9 September 1991
  • Dimerdekakan oleh : Uni Sovyet
  • Jumlah penduduk : 8.354.000 (perkiraan tahun 2015)
  • Luas perairan : 1,8 %
  • Mata uang : Somoni

Itulah beberapa informasi mengenai Republik Tajikistan. Negara Tajikistan tidak berbeda jauh dengan negara- negara lain setelah merdeka, dimana pemberontakan atau perang terjadi di negara tersebut. Setelah merdeka, negara Tajikistan dilanda perang saudara selama 5 tahun, tepatnya pada tahun 1992 hingga 1997. Setelah perang berakhir, stabilitas politik yang baru didirikan dan dengan bantuan negara asing telah memungkinkan perekonomian negara ini berkembang. namun pada tahun 2012 negara ini kembali mengalami perang dengan hasil akhir yang kurang jelas.

Setiap negara memiliki batas- batas negara yang merupakan akhir dari wilayah negaranya. Sama halnya dengan negara Tajikistan ini. Batas- batas negara Tajikistan antara lain sebagai berikut:

  • Sebelah selatan : Afganistan
  • Sebelah timur : Republik Rakyat Tiongkok
  • Sebelah utara : Kirgiztan
  • Sebelah barat : Uzbekistan

Itulah beberapa batasan negara Tajikistan. Bila kita lihat maka keempat batasan negara ini merupakan negara lain, dan tidak berbatasan dengan laut. Artinya negara ini tidak memiliki garis pantai dan tidak memiliki wilayah yang berupa perairan.

Penduduk di suatu negara biasanya terdiri dari beberapa suku dan juga etnis, artinya tidak hanya satu golongan penduduk saja. Adapun penduduk yang menempati wilayah negara Tajikistan sebagian besar merupakan etnis Tajik. Etnis Tajik ini berkomunikasi menggunakan bahasa Persia. Etnis ini juga berbagi sejarah, bahasa, dan budaya dengan negara Afganistan dan juga Iran. Kepadatan penduduk di wilayah negara Tajikistan ini rata- rata adalah 57/ km persegi.

Perekonomian merupakan sebuah aspek yang sangat penting bagi suatu negara. Perekonomian merupakan penentu dari kemakmuran kehidupan masyarakat negara tersebut. Perekonomian biasanya ditopang dari perdagangan hasil komoditas yang dimiliki suatu negara. Komoditan yang menjadi andalan atau banyak dihasilkan oleh negara dapat dijual ke negara lain (diekspor) yang pada akhirnya akan menjadi sumber penghasilan bagi negara tersebut. Dengan demikian sedikit demi sedikit perekonomian rakyat tersebut juga akan maju. Sama halnya dengan negara Tajikistan ini, yang juga ditopang oleh hasil perdagangan. Adapun hasil utama perdagangan atau komoditas yang dihasilkan oleh negara ini adalah berupa kapas, aluminium dan juga uranium.

Nah itulah sebagian informasi mengenai negara Tajikistan. Memang tidak banyak informasi yang beredar mengenai negara ini. di negara Tajikistan ini ada yang unik, dimana pemerintahnya menerbitkan aturan mengenai busana yang pantas dan tidak pantas dikenakan oleh kaum wanita, baik di tempat kerja, ketika hari libur nasional, bahkan di akhir pekan. Dari aturan-aturan berpakaian tersebut, beberapa diantaranya adalah pemerintah Tajikistan tidak menganjurkan perempuan menggunakan pakaian hitam, kerudung atau jilbab, pakaian kebarat- baratan seperti rok mini atau gaul yang kelihatan belahan dada atau punggungnya. Meskipun mayoritas penduduk negara ini merupakan penduduk muslim, namun pemerintah berusaha bersikap sekuler untuk mempertahankan budaya tradisional negaranya. Nah, sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai negara Tajikistan, semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!