Karakteristik Negara Eritrea dan Fakta-faktanya

Negara Eritrea merupakan negara yang berada di kawasan bagian timur laut Afrika. Negara Eritrea merupakan negara yang berada di sebelah timur laut Afrika. Negara ini merupakan negara yang mungkin terdengar asing bagi kita yang tinggal di wilayah Asia. Nama Eritrea sendiri merupakan sebutan untuk Laut Merah yang berasal dari bahasa Latin “Mare Erythareum”.

Sejarah singkat mengenai negara ini, negara ini digabungkan menjadi koloni oleh Kerajaan Italia pada tanggal 1 Januari 1890. Negara ini dulunya merupakan negara jajahan Ethiopia, dan telah mendapatkan kemerdekaan pada tanggal 24 Mei 1993. Negara ini telah melakukan peperangan selama sekitar 30 tahun tepatnya pada tahun 1961 hingga 1991. Negara ini secara resmi merupakan sebuah demokrasi parlementer yang yang terdiri dari enam kawasan, tetapi sekarang ini berfungsi sebagai sebuah negara satu partai. Beberapa informasi mengenai negara Eritrea antara lain sebagai berikut:

  • Ibukota : Asmara
  • Bahasa Resmi : Bahasa Tigrigna dan Bahasa Arab
  • Bentuk pemerintahan : Negara satu partai
  • Kepala pemerintahan : Presiden
  • Tanggal kemerdekaan : 24 Mei 1991
  • Merdeka dari : Ethiopia
  • Luas perairan : 0,14%
  • Mata uang : Nakta

Nah itulah beberapa informasi umum mengenai negara Eritrea. Negara Eritrea juga seperti negara- negara pada umumnya dimana penduduk yang menempati negara ini berasal dari beberapa suku bangsa. Oleh karena penduduknya yang berbeda- beda maka bahasa yang digunakan pun juga beragam.

Karakteristik negara ini secara geografis merupakan dataran yang kering seperti di wilayah Afrika pada umumnya. Negara ini tidak banyak ditumbuhi pepohonan karena keadaan iklimnya yang cukup kering. Jika dilihat kenampakannya negara ini mirip dengan negara-negara Afrika pada umumnya yang kering, laut merah, selebihnya bahwa negara ini memiliki banyak sabana.

Populasi di negara Eritrea pada tahun 2015 diperkirakan sebanyak 5.228.000 jiwa. Penduduk yang menempati negara ini beragam. Bahkan negara ini tidak memiliki bahasa resmi sehingga penduduknya menggunakan banyak bahasa diantaranya adalah bahasa Tigrinya, bahasa Arab dan juga bahasa Inggris. Selain tiga bahasa utama tadi, penduduk disini juga menggunakan bahasa Italia sebagai bahasa keempat atau terkadang digunakan sebagai bahasa dalam perdagangan.

Seperti negara- negara lainnya yang memiliki perbatasan, negara ini pun juga memiliki perbatasan sebagai pertanda bahwa negara ini memiliki luas wilayah. Adapun batas- batas negara Eritrea antara lain sebagai berikut:

  • Sebelah barat : Negara Sudan
  • Sebelah timur : Laut Merah
  • Sebelah selatan : Negara Ethiopia
  • Sebelah tenggara : Djibouti

Nah itulah batasan- batasan negara Eritrea. Bila kita lihat mengenai batasan- batasan tersebut maka negara ini memiliki kawasan laut yakni di laut merah. Selebihnya negara ini berbatasan dengan negara- negara lainnya yang berupa daratan.

Hasil utama perdagangan atau komoditas yang dihasilkan oleh negara ini adalah berupa tekstil atau pakaian, daging proses, sepatu dan juga keramik dan bir. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Eritrea, semoga bermanfaat untuk kita semua

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial