3 Perbedaan Kaldera dan Kawah Terlengkap

Kaldera merupakan fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah terjadi letusan vulkanik. Kaldera ini menyerupai gunung yang runtuh akibat kekosongan tanah yang ada di bawahnya. Menurut proses terbentuknya, kaldera terbentuk akibat runtuhan permukaan tanah karena kosongnya kantung magma yang berada di bawah gunung berapi dan biasanya terjadi setelah erupsi pada gunung.

Apabila magma yang dikeluarkan cukup banyak maka kantung magma yang kosong tidak akan kuat mendukung struktur gunung yang ada di atasnya. Patahan melingkar yang ada di sekitarnya akan memicu keluarnya isi magma lain melalui jalan keluar. Dengan demikian, kosongnya kantong magma ini akan menyebabkan runtuhnya bagian tengah dari gunung api tersebut. Luasnya bagian yang runtuh ini bisa mencapai puluhan bahkan hingga ratusan kilometer.

Pengertian Kawah

Kawah juga dikenal dengan istilah kepundan. Kawah merupakan bagian dari gunung berapi yang merupakan ujung dari lubang angin tempat magma keluar dalam bentuk gas, lava atau ejecta. Secara sitilah, pengertian kawah atau kepundan merupakan depresi melingkar di permukaan tanah yang disebabkan karena aktivitas vulkanik.

Luas kawah bermacam-macam antara satu gunung dengan lainnya. Hal ini juga tergantung pada besar kecilnya letusan. Adapun letusan yang sangat dasyat bisa menyebabkan kantong magma menjadi kosong dan meruntuhkan daerah di sekitar kawah atau kepundan yang disebut dengan kaldera.

Kesimpulan Perbedaan Kaldera dan Kawah

Di atas kita telah mengetahui pengertian dari kaldera dan juga kawah atau kepundan beserta dengan asal muasal terbentuknya. Memang kedua objek ini sering tertukar karena bentuknya yang mungkin sama. Namun terlihat jelas perbedaan antara keduanya, beberapa point perbedaan di antara keduanya antara lain sebagia berikut:

  • Kawah merupakan bagian ujung dari lubang angin tempat magma keluar dalam bentuk gas, lava atau ejencta. Sementara kaldera merupakan fitur yang terbentuk akibat runtuhnya bagian gunung
  • Kaldera merupakan daerah di sekitar kawah yang runtuh akibat kosongnya kantong magma di bawah gunung berapi.
  • Dilihat dari luasnya, biasanya kaldera lebih luas daripada kawah atau kaldera.

Nah itulah beberapa informasi mengenai perbedaan antara kaldera dan kawah atau kepundan. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!