Gunung Berapi Kerucut : Pengertian – Pembentukan dan Kejadian Meletusnya

gunung berapi kerucutGunung merupakan salah satu kenampakan alam yang ada di permukaan bumi atau di kerak bumi, dimana wujudnya merupakan dataran yang lebih tinggi daripada di sekitarnya. Gunung dibagi menjadi dua yakni gunung yang masih aktif dan gunung yang sudah tidak aktif. Aktif atau tidaknya gunung ini dilihat dari sisi aktivitasnya mengeluarkan materi- materi yang ada di dalam bumi seperti magma, batuan, pasir serta awan panas dan abu vulkanik. Gunung yang masih mengeluarkan material- material tersebut disebut sebagai gunung aktif atau gunung berapi. Sementara itu untuk gunung yang sudh tidak melakukan aktivitas- aktivitas tersebut disebut juga dengan gunung mati atau gunung berapi yang tidak aktif.

Jika kita perhatikan gunung, pertama yang akan kita cermati atau yang kita lihat adalah bentuknya. Jika kita perhatikan secara sekilas maka bentuk gunung dimana- mana sama saja, yakni kerucut segitiga. Namun jangan salah, meskipun mirip- mirip namun bentuk- bentuk gunung ini membedakan gunung menjadi beberapa jenis lho. Beberapa jenis gunung api dilihat dari segi bentuknya dibagi menjadi tiga yakni:

  1. Gunung api kerucut

Gunung api kerucut merupakan gunung api yang terbentuk karena adanya materi letusan gunung berapi yang merupakan campuran antara hasil erupsi efusif dan juga eksplosif. Biasanya gunung ini ditandai dari bentuknya yang curam di bagian puncak serta landai di bagian kaki gunungnya.

  1. Gunung api maar

Gunung api maar terbentuk karena adanya letusan eksplosif dari dapur magma yang relief kecil ataupun dangkal, sehingga gunung ini ditandai dengan bentuk puncaknya yang tidak terlalu mengerucut atau lancip.

  1. Gunung api perisai

Gunung api perisai berasal dari letusan eksplosif yang cair, sehingga bentuk pucuk dari gunung ini pun terlihat lebih landai dan tidak mengerucut seperti kedua gunung sebelumnya.

Nah itulah beberapa jenis gunung berapi dilihat dari bentuknya. Kali ini kita akna membahas mengenai gunung api kerucut lebih dalam lagi.

Di atas telah dibahas mengenai pengertian dari gunung berapi kerucut, yakni gunung berapi yang terbentuk dari campuran letusan efusif dan juga letusan eksplosif. Gunung ini ditandai dengan bentuknya yang sangat mengerucut di bagian puncaknya dan landai di bagian bawahnya. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena aliran lava yang membentuk gunung tersebut sangatlah kental karena banyak mengandung silika dan begitu dingin serta sudah mengeras sebelum menyebar jauh.

Hal inilah yang membuat gunung ini tampak curam di puncak dan landai di bagian kaki gunung. Gunung berapi kerucut juga dikenal dengan nama gunung berapi komposit atau istilahnya adalah stratovolkano. Banyak gunung berapi tipe ini yang memiliki ketinggian lebih dari 2.500 mdpl dan sering tercipta oleh subduksi lempeng tektonik. Di Indonesia sendiri hampir semua gunung berapi merupakan gunung berapi tipe ini karena sangat mudah untuk ditemukan.

Proses terbentuknya gunung berapi ini tidak lepas dari aktivitas lempeng Bumi. Beberapa poin mengenai terbentuknya gunung berapi kerucut antara lain:

  • Lempeng tektonik menyerupai puzzle dan terus bergerak antara satu dengan lainnya
  • Gesekan yang ditimbulkan oleh dua lempeng oleh gerakan konstan melelehkan kerak bumi dan berubah menjadi magma karena suhu yang besar.
  • Batu panas atau magma menciptakan tekanan besar dan seiring berjalannya waktu maka ia menemukan jalan melalui retakan lempeng
  • Magma yang keluar sangat kental sehingga sebelum menyebar kemana- mana magma tersebut telah mengering dan hal ini terjadi berulang- ulang dan menimbulkan gunung berapi kerucut.

Nah itulah beberapa point proses terbentuknya gunung berapi kerucut. Gunung berapi kerucut merupakan gunung berapi yang apabila erupsi maka berpotensi dahsyat kekuatannya daripada tipe yang lainnya. Adapun beberapa contoh gunung berapi kerucut di Indonesia antara lain gunung Merapi dan Gunung Krakatau. Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Gunung
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!