Negara Kirgizstan: Karakteristik – Ekonomi Dan Kekayaan Alamnya

Negara Kirgizstan atau secara resmi mempunyai nama Republik Kirgiz merupakan sebuah negara yang berada di kawasan benua Asia tepatnya di Asia Tengah, termasuk negara pedalaman dan dikelilingi oleh pegunungan. Nama negara ini diambil bahasa Turki yakni “Kyrgyz” yang berarti empat puluh, mengacu pada empat puluh klan dari Manas.

Karakteristik Negara Kirgizstan

Negara Kirgizstan dengan beribu kota di Bishkek tersebut,dikenal juga sebagai Swiss Asia Tengah karena sebagian besar wilayahnya berupalembah dan cekungan. Negara ini dikelilingi oleh beberapa negara antara lain:

Secara astronomis negara Kirgizstan berada di antara garis lintang 39oLU – 44oLU dan berada di garis bujur 69oBT – 81oBT. Tidak heran jika suhu udara di negara ini cukup bervariasi di beberapa daerahnya.

Bisa dikatakan jika Kirgizstan adalah negara yang berada dirangkaian pegunungan Tian Shan, dengan sungai utamanya yakni sungai Kara Darya,memiliki danau terbesar bernama Issyk Kul dan juga Danau Titicaca yangmerupakan danau pegunungan terbesar kedua di dunia.

Titik tertingginya berada di sekitar Kakshaal, perbatasanRepublik Rakyat Tiongkok, bernama Jengish Chokusu dengan tinggi mencapai 7.439meter. Bahkan menurut para ahli geologi, Jengish Chokusu menjadi puncaktertinggi bagian utara di dunia.

Iklim di Negara Kirgizstan bervariasi di setiap daerahnya. Untukwilayah bagian selatan hingga barat Lembah Fergana memiliki iklim subtropis dimana saat musim panas tiba suhu udara bisa mencapai 40o C, sedangkandi wilayah sekitar Tian Shan mempunyai iklim kering dan iklim kutub tergantungdari ketinggian tempatnya.

Beribu kota di Bishkek yang terletak di bagian utaramenjadikan kota ini sebagai kota terbesar di Kirgizstan. Sedangkan kotaterbesar kedua berada di kota kuno Osh, terletak di Lembah Fergana, perbatasanUzbekistan.

Penduduk Negara Kirgizstan

Jumlah populasi negara Kirgizstan diperkirakan mencapailebih dari 5 juta penduduk (2015), dengan sebagian besar penduduknya masihtinggal di wilayah pedesaan dan sisanya berada di perkotaan.

Sebagian besar penduduk Kirgizstan merupakan suku Kirgiz (72%)yang termasuk orang Turki. Meskipun begitu, terdapat kelompok etnis lainnyayang berasal dari:

  • Bangsa Rusia (9%)
  • Bangsa Uzbek (14,5%)
  • Suku Dungan (1,9%)
  • Uighur (1,1%)
  • Tajik (1,1%)
  • Kazakh (0,7%)
  • Ukraina (0,5%)
  • Etnis minoritas kecil (1,7%)

Mayoritas penduduk Kirgizstan beragam Islam (80%) yangterbagi menjadi Muslim non denominasi dan Islam Sunni. Selain agama Islam,terdapat agama lain yang telah diakui negara antara lain agama Kristen OrtodoksRusia (17%) dan sisanya agama lain (3%).

Penduduk Kirgizstan memiliki budaya penggembalaansemi-nomaden dengan cara mendirikan tenda berbentuk bulat bernama yurt. Mereka biasamenggembalakan domba, kuda dan yak yang dilaksanakan secara musiman biasanyaterjadi pada musim panas.

Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Kirgizstan

Negara Kirgizstan termasuk negara termiskin kedua sebagainegara bekas Uni Soviet, bahkan menjadi salah satu negara termiskin di AsiaTengah. Menurut catatan CIA World Factbook tahun 2011, setidaknya ada sekitarsepertiga penduduk Kirgizstan hidup di bawah garis kemiskinan.

Meskipun telah mendapatkan bantuan dana dari IMF, Bank Duniaserta Bank Pembangunan Asia, negara ini tetap mengalami kesulitan ekonomi sejakkemerdekaanya di tahun 1991. Hingga akhirnya pemerintah melakukan penguranganpada pengeluaran, memberlakukan pajak pertambahan nilai, dan secara keseluruhantransisi ke ekonomi pasar.

Sektor pertanian menjadi andalan negara Kirgizstan, hal inididukung dengan kondisi alamnya yang berupa pegunungan sehingga sangat baikuntuk melakukan kegiatan pertanian dan peternakan. Hasil pertanian utama berupagandum, gula bit, kentang, tembakau, sayuran, kapas, buah-buahan, wol, susu,dan daging.

Sumber daya alam berupa mineral cukup melimpah sepertiminyak bumi, gas alam, batu bara, uranium, antimon dan logam berharga,sayangnya kekayaan alam tersebut tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

Meskipun begitu sumber daya air yang melimpah terutama diwilayah pegunungan banyak dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Airdan telah diekspor ke beberapa negara sekitar.

Kirgizstan melakukan kegiatan ekspor berupa logam nonferrousdan mineral, wol, produk pertanian, energi listrik, dan barang elektronik. Sedangkanuntuk barang impor yang menjadi andalan negara ini antara lain minyak bumi dangas alam, logam besi, bahan kimia, kayu, kertas, mesin, makanan, bahan bangunandengan mitra dagang berasal dari Rusia, Jerman, RRT, Uzbekistan dan Kazakhstan.

Fakta-Fakta Negara Kirgizstan

  1. Kota Osh mempunyai pemandangan utama yakni Jalur Sutera yang menjadi jalur perdagangan penting penghubung benua Asia dan benua Eropa sepanjang 7.000 mil. Kota ini juga terdapat pegunungan Sulayman dan telah terdaftar dalam UNESCO.
  2. Masyarakat Kirgistan sangat menyukai minuman teh dibandingan air putih. Teh disajikan menggunakan mangkuk kecil bersama roti tradisional Kirgizstan.
  3. Kota Bishkek merupakan salah satu kota terhijau bekas Uni Soviet. Sebagian besar jalan raya di kota tersebut cukup lebar dan di bagian kanan kiri jalan berjajar banyak pohon.
  4. Lembah Fergana dimiliki oleh 3 negara yakni Kirgizstan, Uzbekistan dan Tajikistan. Lembah ini terkenal akan kuda legendarisnya serta menjadi tempat kelahiran astronom zaman pertengahan Islam yakni Akhmed Al Fergani.
  5. Terdapat bangunan bersejarah abad ke-10 yakni Menara Burana Kirgistan yang terletak di Balasagyn, Lembah Chui. Tinggi menara ini mencapai 25 meter.
fbWhatsappTwitterLinkedIn