Negara Latvia: Karakteristik – Kekayaan Alam Dan Ekonominya

Negara Latvia merupakan sebuah negara yang berada di kawasanBaltik tepatnya berada di Eropa Utara. Tidak heran jika bangsa Latvia merupakanbagian dari bangsa Baltik di mana kebudayaannya masih memiliki keterkaitandengan bangsa Lithuania.

Negara Latvia adalah negara kesatuan dengan bentuk republiknamun memiliki corak pemerintahan parlementer. Asal muasal nama Latvia yakniberasal dari kata Latvija, nama Latgalian kuno yang merupakan salah satu dariempat Indo-Eropa Suku Baltik.

Karakteristik Negara Latvia

Negara Latvia beribu kota di Riga ini, mempunyai luas wilayahmencapai 64.589 km persegi dengan total batasan wilayahnya yakni 1.866 km.Negara ini juga dikelilingi oleh beberapa negara lain antara lain:

  • Bagian utara berbatasan: Negara Estonia
  • Bagian timur berbatasan: Negara Rusia
  • Bagian tenggara berbatasan: Negara Belarus
  • Bagian selatan berbatasan: Negara Lithuania
  • Bagian barat berbatasan: Negara Swedia, Laut Baltik

Secara astronomis, negara Latvia yang terletak di pantai timur Laut Baltik, berada di antara garis lintang 55o – 58o LU dan di antara garis bujur 21o – 29o BT. Hampir sebagian besar daratan Latvia berada di ketinggian kurang dari 100 meter di atas permukaan laut, namun sangat subur dengan kontur perbukitan di wilayah timur.

Tidak hanya itu saja, sebagian besar wilayah Latvia ditutupioleh hutan dengan luas wilayah sekitar 34.964 km persegi, lebih dari 12.000sungai kecil dengan sungai terpanjang bernama Sungai Gauja (452 km) dan 3.000danau (danau terbesar bernama Luban mempunyai luas sekitar 80,7 km persegi). Meskipunsebagian besar wilayahnya memiliki tinggi kurang dari 100 meter, namun terdapatjuga titik tertinggi yang berada di Gaizinkalns di ketinggian 311,6 meter.

Iklim negara Latvia terbagi menjadi iklim maritim dansedang. Ketika musim panas tiba, suhu udara akan terasa sejuk dan basah namuntidak terlalu dingin saat musim dingin. Hal ini dipengaruhi dari kondisigeografis negara ini yang dekat dengan Laut Baltik serta terdapat pula TelukRiga di sisi barat negara Latvia, sehingga beberapa wilayah di pesisir cendungsedang saat musim dingin.

Penduduk Negara Latvia

Jumlah penduduk Latvia ada sekitar 2,1 juta jiwa, tidakheran jika negara ini menjadi salah satu negara dengan populasi terkecil dikawasan Uni Eropa. Selama berabad-abad negara Latvia dikenal sebagai negaramultietnis, meskipun telah mengalami pergeseran cukup signifikan akibat PerangDunia, emigrasi dan penghapusan Jerman Baltik, penduduk Uni Soviet, sertaHolocaust.

Hasil sensus yang dilakukan pada tahun 2011, penduduk Latviaterdiri dari beragam etnis antara lain:

  • Penduduk asli Latvia: 62,1%
  • Rusia: 26,9%
  • Belarusia: 3,3%
  • Ukraina: 2,2%
  • Polandia: 2,2%
  • Lithuania: 1,2%
  • Yahudi: 0,3%
  • Romani: 0,3%
  • Jerman: 0,1%
  • Estonia: 0,1%
  • Lain – lain: 1,3%

Dan ada sekitar 200 orang merupakan penduduk Livonia yakniorang-orang Baltik asli Latvia serta 300 ribu merupakan non penduduk Latviadengan jumlah paling banyak berasal dari etnis Rusia yang datang ke negara inisetelah tahun 1940 hingga saat ini bersama keturunannya.

Bahasa resmi yang digunakan oleh negara Latvia bernamaLatvia yang golong sub-kelompok bahasa Baltik cabang Balto-Slavia (keluargabahasa Indo-Eropa). Adapun bahasa lain yang hampir punah yakni bahasa Livonia,bagian dari Finik keluarga bahasa Ural.

Bahasa Rusia juga digunakan secara meluas dan hanyadigunakan saat berbicara di rumah saja meskipun penduduk tersebut bukan berasaldari Rusia. Namun ada beberapa sekolah menerapkan bahasa Rusia sebagai bahasapengantar dan bahasa Inggris mulai diperkenalkan terutama di bidang bisnis danpariwisata.

Di bidang agama, sebagain besar penduduk Latvia beragamaKristen yang terbagi menjadi Gereja Lutheran Evangelis Latvia, Katolik Roma danOrtodoks Rusia. Ada pula penduduk yang memiliki kepercayaan bahwa merekapercaya adanya Tuhan dan yang lainnya mempercayai roh atau kekuatan hidup,sedangkan sisanya tidak mempercayai roh, Tuhan ataupun kekuatan hidup.

Kekayaan Alam Dan Ekonomi Negara Latvia

Negara Latvia telah bergabung dan menjadi anggota OrganisasiPerdagangan Dunia (WTO) sejak tahun 1999 dan menjadi anggota Uni Eropa di tahun2004, bahkan telah menjadi anggota OECD sejak tahun 2016. Negara ini berada diperingkat ke-14 dunia dalam indeks kemudahan berbisnis berdasarkan Grup BankDunia, tidak hanya itu saja Laporan Pembangunan Manusia di tahun 2011menjelaskan bahwa negara Latvia termasuk tinggi dalam hal pembangunan manusia.

Hal ini tidak terlepas dari kondisi geografis negaranya yangberada di kawasan Laut Baltik, di mana kawasan tersebut menjadi kawasan transitpelayaran yang maju. Di samping itu, negara Latvia juga terkenal akan industrikayu dan pengolahannya, produk pertanian serta hasil olahannya, manufakturmesin dan juga perangkat elektronik.

Negara Latvia mempunyai sumber daya alam yang cukup melimpahdan cukup dimanfaatkan dengan baik seperti kayu, tenaga air, gambut serta tanahsubur, tidak heran jika hasil pertanian negara ini termasuk yang terbaik dikawasan Baltik. Selain itu, negara ini juga memiliki sumber daya mineral yangmelimpah yakni batu kapur dan dolomit.

Namun masalah baru dihadapi negara ini yakni mengenai masalah lingkungan. Dan saat ini sedang diprioritaskan dengan peningkatan kualitas air minum dan juga sistem pembuangan limbah, pengelolaan limbah rumah tangga dan limbah berbahaya, serta pengurangan polusi udara.

Fakta Menarik Negara Latvia

  1. Kota Riga yang merupakan ibu kota negara Latvia termasuk kota terpadat di Latvia. Setidaknya ada sekitar sepertiga dari total penduduk Latvia tinggal di sini. Bahkan Riga menjadi kota terbesar di kawasan Baltik dan telah menjadi pusat budaya, bisnis, pemerintahan, keuangan, industri dan pendidikan.
  2. Konektivitas internet negara Latvia tidak perlu diragukan lagi, Latvia menjadi salah satu negara dengan internet tercepat di dunia yakni dengan kecepatan 18,3 Mbps. Karena kecepatannya tersebut membuat negara ini berada di urutan ke-6 di dunia.
  3. Negara ini mempunyai pohon Oak sangat tua yang merupakan peninggalan penguasa Mesir, Firaun yang ditemukan saat proyek penggalian. Diperkirakan usia pohon Oak yang tumbuh di pantai Daugava sekitar 3500 tahun.
  4. Celana jeans yang dikenal oleh seluruh orang di dunia merupakan hasil ciptaan dari seorang penjahit bernama Jakobs Jufess. Celana ciptaannya menjadi model awal celana jeans modern dan sejak pertama kali ditemukan celana jeans tersebut telah dipatenkan dengan bantuan Levi Strauss.
  5. Batu amber yang dikenal sebagai batu mulia menjadi batu khas dari Laut Baltik. Orang Latvia sendiri menyebut Laut Baltik sebagai Laut Amber tidak heran jika batu ini begitu penting bagi perkembangan dan sejarah bangsa Latvia.
fbWhatsappTwitterLinkedIn