Negara Irlandia: Karakteristik – Penduduk – Faktanya

Negara Irlandia atau yang memiliki namaresmi Republik Irlandia adalah sebuah negara yang mencakup lima perenam PulauIrlandia yang terletak di bagian barat laut Eropa. Secara geopolitik PulauIrlandia terbagi antara Republik Irlandia dan Irlandia utara yang merupakanbagian dari Britania Raya.

 Karakteristik Negara Irlandia

Irlandia memiliki luas negara sebesar 70.273 kilometer persegi, 83% dari luas Pulau Irlandia di bagian selatan. Pulau Irlandia sendiri adalah pulau yang terletak di Atlantik Utara dan terbesar kedua di Kepulauan Inggris, terbesar ketiga di benua Eropa dan terbesar kedua puluh di dunia.

Perbatasan Negara Irlandia untuk bagian utara ada Irlandia Utara yang bagian dari Britania raya. Sebelah timur adalah Britania Raya yang dipisahkan oleh Laut Irlandia. Sementara pesisir barat dan selatan Irlandia adalah Samudera Atlantik. Secara astronomis Irlandia berada di antara garis lintang 51o-55oLU dan garis bujur 5o-10oBB.

Topografi Irlandia terdiri dari pegunungan yang relatif rendah di sekitar dataran tengah, dengan beberapa sungai yang dapat dilayari di sekitar sepanjang daratan. Sebagian besar Irlandia adalah hutan sampai akhir abad Pertengahan. Namun saat ini, hutan yang ada hanya sekitar 10% dari pulau itu, dibandingkan dengan rata-rata hutan di negara Eropa lainnya.

Iklim Irlandia dipengaruhi oleh Samudra Atlantik dan tergolong iklim sedang, oleh karena itu menjadi seimbang di mana saat musim dingin lebih sejuk dari yang diperkirakan untuk wilayah utaranya dan ketika musim panas lebih sejuk daripada negara di Benua Eropa lainnya.

Penduduk Negara Irlandia

Di tahun 2019, populasi negara Irlandiaadalah sekitar 4,88 juta jiwa, yang didominasi oleh warganya pada usiaproduktif. Sistem pemerintahannya adalah Republik Parlementer berdasarkan modelInggris dengan ibukotanya Dublin. Pemerintahannya dipimpin oleh seorang perdanaMenteri yang ditunjuk oleh Presiden.

Mayoritas penduduk yang menempati negarayang memiliki nama dalam bahasa setempat yaitu Poblacht na hEireann ini adalah orangasli Irlandia sebesar 82% sementara sisanya adalah pendatang dari negaratetangga dan negara lainnya.

Mayoritas agama di negara ini adalah RomanKatolik, lalu diikuti agama lainnya dan beberapanya tidak beragama. Bahasaresminya yang digunakan adalah bahasa inggris, namun bahasa asli negaranyayaitu Irish atau mereka menyebutnya dengan Bahasa Gaelic digunakan hampir oleh sebagianbesar penduduk negara Irlandia, terutama di wilayah barat negaranya.

Sistem Ekonomi dan Kekayaan Alam Negara Irlandia

Irlandia menggunakan Euro sebagai mata uangresmi dan diakui di negara ini. Mereka memiliki banyak komoditas ekspor utamayang telah dikirim ke penjuru dunia dan negara Amerika Serikat merupakan salahsatu negara tujuan ekspor yang paling utama.

Mengutip dari Central Statistics OfficeIreland, produk tersebut yaitu parfum, perangkat ICT, perangkat elektronik,pesawat terbang, barang kimia, daging, dan produk susu. Namun selain suksesmengekspor berbagai komoditas, Irlandia masih membutuhkan beberapa sumber dayalainnya yang mayoritas diimpor dari negara Inggris.

Sebagai negara kedua terkaya di Benua Eropasetelah negara Luksemburg menurut GDP-nya, selain komoditas diatas sebagaisumber pendapatan negaranya, terdapat sektor pariwisata. Irlandia terkenalmemiliki 3 situs Warisan Dunia yaitu Brú na Bóinne, Skellig Michael, danGiant’s Causeway.

Beberapa situs yang paling seringdikunjungi di Irlandia adalah Kastil Bunratty, Batu Cashel, Tebing Moher, BiaraSalib Suci, dan Kastil Blarney. Kota Dublin adalah wilayah yang paling banyakdikunjungi turis dan merupakan rumah bagi berbagai atraksi paling popularseperti Guinnes Storehouse dan Book of Kells.

Fakta-Fakta Negara Irlandia

  1. Di Irlandia terdapat tradisi turun-temurun di mana anak-anak yang berulang tahun diangkat dan diputar lalu kepalanya akan dibenturkan dengan lembut ke kue ulang tahunnya. Kepala anak-anak akan dibenturkan sekali untuk setiap tahun mereka hidup, jadi, jika sudah berusia 3 tahun akan dibenturkan sebanyak 3 kali pula ke kue ulang tahunnya. Hal tersebut dipercaya akan mendatangkan keberuntungan bagi si anak yang sedang berulang tahun.
  2. Mayoritas penduduk Negara Irlandia percaya bahwa peri itu ada. Di kebudayaannya, mereka mempercayai bahwa para peri memiliki kekuatan ajaib dan membawa kebahagiaan dan hal-hal yang menyenangkan untuk keluarga mereka.
  3. Bagi penduduk dan tinggal di Negara Irlandia yang lahir di hari Saint Patrick, yaitu hari kematian Saint Patrick, seorang misionaris dan pastor di Irlandia, dipercaya hidupnya akan diliputi keberuntungan.
  4. Pernikahan orang Irlandia dirayakan secara mewah dan besar-besaran. Calon pengantin laki-laki akan mengenakan Kilts yaitu pakaian adat dari kebudayaan negara Irlandia dan Skotlandia dengan betuk seperti rok dan berpola kotak-kotak. Kilts yang digunakan bercorak sesuai dengan klan keluarganya.
    Sementara itu bagi calon pengantin perempuan berpakaian dengan gaun putih yang melambangkan kesucian. Meski acara pernikahannya jauh dan harus melakukan perjalanan yang panjang, para anggota keluarga akan tetap menghadiri pernikahan tersebut sebagai bentuk sukacitanya.
  5. Cerita tentang Drakula dipercayai terinspirasi dari legenda Abhartach mitologi tentang setan penghisap darah dari Irlandia. Bram Stoker adalah orang Irlandia yang lahir dan besar, dan mempelajari legenda Abhartach ketika ia masih muda.
  6. Kota Glenties telah memenangkan Irish Tidy Towns Competition atau kompetisi kota paling bersih dan teratur di Irlandia sebanyak 5 kali.
  7. Mercusuar Hook dipercaya menjadi mercusuar tertua di Eropa bahkan mungkin di dunia yang masih beroperasi sampai saat ini
  8. Irlandia dikenal juga sebagai pulau kecil yang seperti batu emerald, hal ini dikarenakan warnanya yang kehijauan, rimbun, dan memiliki perbukitan. Negara ini sering mendapatkan hujan setiap tahunnya, hal itu membuat rerumputan berwarna hijau dan tanaman tumbuh dengan baik.
  9. Irlandia telah dikenal di seluruh dunia karena memiliki banyak koleksi kastil. Sejarah irlandia dipenuhi dengan perjuangan dan perang jadi kastil dibangun untuk melindungi dari penjajah. Sampai saat ini kastil-kastil tersebut masih ada dan dijadikan objek wisata.
fbWhatsappTwitterLinkedIn