Negara Belarus: Karakteristik – Penduduk – Kondisi Ekonomi

Negara Belarus atau Belarusia adalah sebuah negara yangberada di Eropa Timur. Dahulu negara ini pernah menjadi menjadi bagian dari UniSoviet selama kurang lebih 7 dekade, hingga akhirnya menjadi negara merdekapada tanggal 25 Agustus 1991.

Setelah merdeka negara Belarus tetap mempertahankan hubunganpolitik dan ekonominya dengan negara Rusia melalui penandatanganan perjanjianpersatuan dua negara tanggal 8 Desember 1999. Meskipun begitu perjanjiantersebut belum dijalankan secara serius.

Karakteristik Negara Belarus

Negara Belarus yang beribu kota di Minsk ini tergolong sebagai negara pedalaman dengan kontur tanah relatif datar serta mempunyai daerah rawa yang cukup besar. Wilayah rawa terbesar bernama Polesia menjadi salah satu rawa terbesar di Benua Eropa.

Selain rawa, Belarus juga memiliki sungai dan danau. Adasekitar 11.000 danau di negara ini namun sebagian besar danau berukuran lebihkecil dari 0,5 km persegi. Sedangkan terdapat 3 sungai utama yang mengalir diBelarus yakni Sungai Pripyat, Sungai Neman, dan Sungai Dnepr.

Meskipun sebagian besar daratannya cukup datar, namunBelarus juga mempunyai titik tertinggi yang mencapai 345 meter di ataspermukaan laut bernama Dzyarzhynskaya Hara (Bukit Dzyarzhynsk). Untuk titikterendahnya berada di Sungai Neman dengan tinggi mencapai 90 meter.

Iklim di negara Belarus tergolong ekstrim. Ketika musimdingin tiba suhu udara dapat mencapai -8oC sampai dengan -2oC. Saat musim panas, suhu udara cendrung terasa dingin dan cukup basah dengansuhu rata-rata mencapai 15oC – 20oC.

Sedangkan untuk rata-rata curah hujan di negara Belarusmencapai 600 – 700 mm per tahun. Biasanya hujan akan turun pada bulan April –Oktober, bahkan dapat turun salju setiap tahunnya.

Hal ini disebabkan karena secara astronomis negara iniberada di antara garis lintang 51o LU – 57oLU dan garisbujur 23oBT – 33oBT. Selain itu, sebagai negara pedalamannegara Belarus berbatasan dengan beberapa negara antara lain:

  • Bagian utara berbatasan: Negara Rusia dan Negara Latvia
  • Bagian timur berbatasan: Negara Rusia
  • Bagian selatan berbatasan: Negara Ukraina
  • Bagian barat berbatasan: Negara Polandia
  • Bagian barat laut berbatasan: Negara Lituania

Penduduk Negara Belarus

Dengan luas wilayah mencapai 207.600 km persegi, jumlahpopulasi penduduk Belarus mencapai sekitar 10 juta jiwa. Hampir sebagian besarpenduduknya berasal dari etnis Belarus dan juga etnis Rusia. Terdapat pulaetins minoritas lainnya yang berasal dari:

  • Polandia
  • Ukraina
  • Yahudi
  • Armenia
  • Lipka Tatar
  • Ruska Roma
  • Lituania
  • Azerbaijan
  • Dan lain-lain

Untuk komunikasi, penduduk Belarus menggunakan bahasaBelarus dan bahasa Rusia yang sudah menjadi bahasa resmi negara ini berdasarkanKonstitusi Belarus. Penggunaan bahasa Rusia banyak dituturkan di kota-kotabesar seperti Minsk dan Brest.

Di bidang agama, sebagian besar penduduknya menganut agamaKristen Ortodoks Timur di bawah Gereja Ortodoks Rusia atau Patriarkat Rusia.Meskipun begitu, masih terdapat agama minoritas lainnya yang dianut olehsebagian penduduk Belarus seperti Kristen Katolik Roma, Kristen Protestan,Buddha, Islam dan Hindu, bahkan ada pula penduduk yang tidak beragama atauAtheis dan Agnostik.

Kondisi Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Belarus

Negara Belarus tergolong sebagai salah satu negara berkembang di Eropa Timur. Hingga saat ini negara ini masih terus berupaya untuk mengembangkan perekonomiannya dengan bantuan dari Rusia.

Meskipun begitu, bantuan dari Rusia membuat Belarus terlihatketergantungan, hingga pada akhirnya terjadi perubahan sistem ekonomi bersamaanketika Uni Soviet runtuh. Belarus mengubah perekonomiannya dengan caramemprivatisasi perusahaan negara, menciptakan hak milik pribadi, dan menerimakewirausahaan swasta.

Oleh karena itu, negara ini juga berupaya untuk meningkatkanproduk ekspor barang yang berasal dari industri manufaktur. Salah satu produkutama yang diekspor yakni minyak bumi dan pupuk kalium.

Untuk mitra bisnis di bidang ekspor, Belarus bekerja sama dengan Rusia, Inggris, Ukraina, Jerman, Belanda, Polandia, Lithuania, Latvia, Kazakhstan, dan Brazil.

Tidak hanya ekspor saja, Belarus juga mengimpor barang yang berasal dari beberapa negara antara lain Rusia, Republik Rakyat Tiongkok, Jerman, Amerika Serikat, Italia, Turki, Polandia, Lithuania dan Prancis. Barang-barang yang diimpor Belarus seperti mobil, peralatan kendaraan, produk kimia, karet, makanan, bahan baku pertanian, logam hitam nonferrous dan lainnya.

Kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Belarus sebagianbesar merupakan bahan bakar fosil seperti gas alam dan minyak bumi. Ada pulasumber daya alam lainnya yang dapat ditemukan di negara ini antara lain batugranit, dolomit, napal, batu kapur, pasir, tanah liat dan batu kerikil.

Belarus juga mempunyai hutan yang menutupi sekitar 34%daratan negara ini. Akan tetapi, keberadaannya belum dimanfaatkan secaramaksimal sehingga produk kehutanannya masih tertinggal.

Fakta-Fakta Negara Belarus

  1. Kata Belarus mempunyai arti Russia Putih, namun ada juga yang berpendapat jika Belarus bukan berarti Russia Putih. Di sini kata “Bela” berarti putih dan “Rus” merupakan istilah geografis dan politis untuk membedakan dengan Rusia. Bahkan kata “Rus” merujuk pada tanah Slavia Timur yang saat ini menjadi milik Belarus dan Ukraina.
  2. Di Belarus terdapat 31 bank dan 30 di antaranya dimiliki oleh pemerintah sedangkan hanya ada 1 bank milik swasta.
  3. Meskipun negara ini berada di daratan Eropa, namun indeks demokrasinya tergolong rendah, bahkan Freedom House menyatakan bahwa Belarusia merupakan negara tidak bebas. Bahkan berdasarkan Index of Economic Freedom memasukan Belarus sebagai negara tertindas.
  4. Nama kota Minsk diberikan kepada asteroid oleh seorang astronom Soviet di tahun 1979, yakni asteroid 3012 Minsk.
  5. Taman Nasional Belovezhskaya Pushcha merupakan bekas hutan purba di Eropa dan telah terdaftar dalam UNESCO World Heritage.
fbWhatsappTwitterLinkedIn