Negara Slovakia: Karakteristik – Kekayaan Alam – Penduduk

Negara Slovakia merupakan sebuah negara yang berada di Eropa Tengah. Dahulu negara ini menjadi satu dengan Negara Ceko yang membentuk sebuah negara kesatuan bernama Negara Cekoslowakia, hingga akhirnya berpisah pada tanggal 1 Januari 1993.

Di tanggal tersebut menjadi tanggal kemerdekaan tidak hanya bagiNegara Slovakia saja namun juga Negara Ceko. Dahulu ketika masih bergabung,kedua negara ini memiliki ibu kota di Praha (saat ini menjadi ibu kota Ceko),namun setelah berpisah Negara Slovakia beribu kota di Bratislava.

Karakteristik Negara Slovakia

Hampir sebagian besar lanskap negara Slovakia berupa wilayah pegunungan dengan Pegunungan Carpathian yang terbentang di bagian utara. Dari pegunungan tersebut terdapat titik tertinggi negara ini yakni Region Fatra-Tatra (termasuk Fatra Besar, Pegunungan Tatra, dan Fatra Kecil), ada pula pegunungan lain yang juga terbentang di daratan Slovakia yakni Pegunungan Tengah Slovakia atau Beskids dan Pegunungan Ore Slovakia.

Meskipun mayoritas daratannya berupa pegunungan, Slovakiajuga memiliki dataran rendah yang cukup luas bernama Dataran Rendah SlovakiaTimur dan Dataran Rendah Danubian di bagian barat daya yang subur. Tidak hanyaitu saja, sekitar 41% daratan Slovakia juga ditutupi oleh hutan.

Secara geologis, Slovakia terbangun dari batu kapur,bebatuan yang indah, ngarai, sungai mata air, air terjun serta beberapaperbukitan.

Jika dilihat secara astronomis Slovakia terletak di antara garis lintang 47o LU – 50o LU dan antara garis bujur 16o BT – 23oBT. Negara Slovakia termasuk negara pedalaman yang dikelilingi oleh beberapa negara, antara lain:

  • Sisi utara berbatasan: Negara Polandia dan Negara Ceko
  • Sisi timur berbatasan: Negara Ukraina
  • Sisi selatan berbatasan: Negara Hungaria
  • Sisi barat daya berbatasan: Negara Austria
  • Sisi barat laut berbatasan: Negara Ceko

Setidaknya terdapat empat musim di negara ini dengan kondisimusim dingin yang berawan, lembab dan penuh dengan salju. Saat musim panastiba, suhu udara akan terasa gerah namun cerah di siang hari.

Penduduk Negara Slovakia

Dengan luas wilayah mencapai 49.035 km persegi, jumlahpopulasi Solvakia diperkirakan mencapai kurang lebih 5 juta jiwa. Meskipun demikian,Slovakia menjadi salah satu negara di dunia yang mengalami penurunan jumlahpenduduk berdasarkan pertumbuhan penduduknya ke arah negatif.

Berdasarkan sensus penduduk Slovakia sebagian besarmerupakan kelompok etnis Slovakia yang diikuti oleh beberapa kelompok etnisminoritas seperti etnis Hungaria, Roman, Ceko, Rusyn dan beberapa etnislainnya.

Untuk komunikasi sehari-hari, penduduk Slovakia menggunakanbahasa Slovak yakni masih satu kelompok bahasa Slavia dan sudah menjadi bahasaresmi negara ini. Adapun bahasa Hongaria juga banyak dituturkan di wilayahSlovakia bagian selatan dan bahasa Rusyn juga digunakan di bagian timur laut.Kelompok bahasa minoritas dapat menjadi bahasa resmi di kota apabilapenuturannya memenuhi ambang hukum 15% dalam dua sensus berturut-turut.

Bahkan penduduk Slovakia berada di urutan atas tentangpenguasaan bahasa asing. Rata-rata penduduk Slovakia mengaku dapat berbicara 2bahasa asing khususnya bahasa Ceko.

Kebebasan beragama di negara ini terjamin di dalamKonstitusi Slovakia. Penduduk Slovakia sebagian besar menganut agama KatolikRoma, adapula agama lain yang diakui di negara ini yakni Protestan, Katolik Yunani,Gereja Orthodoks, Ateis, Islam dan sisanya tidak mengakui adanya kepercayaan.

Kekayaan Alam Negara Slovakia

Kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Slovakia sangatberagam, mulai dari sektor pertanian, pertambangan, hutan dan lain sebagainya.

Sektor pertanian yang berada di Slovakia menjadi salah satusektor terpenting di negara ini. Kegiatan pertanian banyak diusahakan diwilayah bagian selatan dengan melakukan budidaya berupa anggur, kentang, gandum,jagung dan lain sebagainya.

Hasil pertanian utama berupa anggur banyak diolah untukdijadikan wine. Wine tersebut banyak dikonsumsi untuk warga lokal maupundiekspor ke sejumlah negara di sekitar Slovakia.

Hutan yang terdapat di Slovakia berada diurutan keempatsebagai hutan terluas di kawasan Benua Eropa. Bahkan pemerintah Slovakiamemberikan dukungan terutama untuk hutan di negara ini dengan melakukan konservasidemi menjaga kelestarian hutan.

Pertambangan Slovakia menghasilkan beragam mineral sepertibesi, batu bara, dan emas. Sebagian besar mineral-mineral tersebut diekspor keCeko, Jerman dan Polandia.

Perekonomian Negara Slovakia

Kondisi perekonomian Slovakia sempat mengalami perlambatan yang menjadi salah satu dampak perpecahan Cekoslovakia. Meskipun begitu pemerintah Slovakia terus berupaya untuk bangkit dan mencapai puncaknya di tahun 1998, menjadikan negara ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Pada tahun 2017 Pendapatan Domestik Bruto (PDB) negaraSlovakia mencapai US$179,7 milyar dengan jumlah pendapatan per kapita sekitarUS$33.100. Ekonomi Slovakia tergolong kecil namun terbuka dengan mengandalkankegiatan ekspor barang terutama mobil dan barang elektronik.

Kegiatan ekspor ini telah menyumbang pendapatan negarahingga lebih dari 80%. Bahkan saat ini negara Slovakia masuk sebagai negaratujuan utama untuk investasi di Eropa khususnya di Eropa Timur.

Hal ini sebagai tujuan bagi pemerintah Slovakia untukmenjadikan negara ini sebagai negara investsi terutama di bidang ilmupengetahuan dan riset terapan, industri dan juga teknologi tinggi.

Fakta-Fakta Negara Slovakia

  1. Ibu kota Slovakia yakni Bratislava adalahsatu-satunya ibu kota di dunia yang terletak di perbatasan dua negara yakniAustria dan Hongaria.
  2. Terkadang bahasa Slovakia disebut juga SlavicEsperanto. Hal ini disebabkan karena bahasa ini dinilai paling komprehensifmenurut pendapat orang yang berbahasa selain bahasa Slovakia.
  3. Negara ini mempunyai 180 kastil dan juga 425kilang anggur. Salah satu kastil paling terkenal di Slovakia yakni KastilBratislava dan Kastil Bojnice atau Kastil Orava. Bahkan untuk Kastil Spis telahterdaftar sebagai warisan budaya oleh UNESCO.
  4. Danau terbesar dan juga terdalam di Slovakiabernama Velke Hincovo jezero yang berada di Pegunungan Tatras. Terletak diketinggian53 m. Terdapat pula danau vulkanis terbesar bernama Morske oko atau The SeaEye.
  5. Terdapat lebih dari 1.300 sumber mata airmineral dan sumber mata air panas yang terdapat di Slovakia. Sebagian besardimanfaatkan untuk terapi dan rekreasi di resort spa.
fbWhatsappTwitterLinkedIn