Negara Moldova: Karakteristik – Penduduk – Faktanya

Negara Moldova merupakan sebuah negara kecil yang terletak di Benua Eropa tepatnya di Eropa Timur. Sejarah mencatat bahwa negara Moldova pernah menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia di tahun 1812, kemudian pernah bersatu dengan Rumania saat Perang Dunia I berakhir (1918).

Terakhir Moldova pernah dimasukan ke dalam Uni  Soviet hingga akhirnya menjadi negara merdekapada tanggal 27 Agustus 1991 setelah Uni Soviet runtuh.

Karakteristik Negara Moldova

Negara Moldova berada di antara Sungai Dniester dan SungaiPrut. Bisa dikatakan jika wilayah perbatasan negara ini dibatasi oleh sungai,di mana di bagian barat terdapat Sungai Prut sedangkan sungai utamanya yakniDniester mengalir dari utara ke selatan di bagian timur.

Meskipun terletak tidak jauh dari Laut Hitam, namun Moldova tidak memiliki akses ke arah laut, dengan kata lain Moldova termasuk negara pedalaman.

Hampir sebagian besar daratan di Moldova berupa perbukitan,namun tingginya tidak lebih dari 430 m dengan titik tertinggi berada di BukitBălăneşti. Bukit-bukit ini menjadi bagian dari Dataran Tinggi Moldova adaapabila dilihat secara geologis perbukitan tersebut berasal dari PegununganCarpathia.

Tidak semua daratan di Moldova termasuk dataran tinggi, terdapat pula dataran rendah yang terletak di bagian selatan bernama Dataran Bugeac.

Secara astronomis negara Moldova terletak di antara 45o LU – 49oLU dan di antara garis bujur 26o BT– 30o BT. Sedangkan jika dilihat secara geografis, negara yang beribu kota di Chişinau berbatasan dengan negara:

  • Sisi timur berbatasan: Negara Ukraina
  • Sisi selatan berbatasan: Negara Rumania
  • Sisi barat berbatasan: Negara Rumania
  • Sisi utara berbatasan: Negara Ukraina

Luas wilayahnya mencapai 33.851 km persegi terbagi atas 32distrik, 3 kotamadya, serta terdapat 2 daerah otonom yakni Transnistria danGagauzia. Sedangkan jumlah kota di Moldova ada sekitar 66 kota termasuk didalamnya ada sekitar 13 kotamadya dan juga 916 komune.

Penduduk Negara Moldova

Berdasarkan sensus yang dilakukan pada tahun 2018, jumlah penduduk di negara Moldova ada sekitar 3.437.720 jiwa. Sebagian besar penduduk merupakan etnis Moldova, sedangkan sisanya adalah etnis minoritas seperti Rumania, Ukraina, Gagauz, Rusia dan Bulgeria.

Pada awal abad ke-20, Moldova banyak dihuni oleh etnisRumania, Ukraina, Rusia, Bulgaria, Polandia dan Nogai Tatar. Tidak heran jikabahasa resmi Moldova yakni bahasa Rumania yang merupakan bahasa Roman dan masihberkaitan dengan bahasa Italia, Prancis, Spanyol dan Portugal.

Pada Konstitusi 1994 menyatakan jika bahasa nasional dariRepublik Moldova yakni Moldovan yang ditulis menggunakan abjad Latin. Oleh karenaitu, banyak penduduk yang menggunakan bahasa Rumania dan Moldovan. Bahkan beberapadiantaranya juga dapat berbahasa Rusia.

Penduduk Moldova sebagian besar merupakan bagian dari jemaatGereja Kristen Orthodoks yang terbagi menjadi Gereja Orthodoks Moldova otonom disubordinasikandengan Gereja Orthodoks Rusia, sedangkan Gereja Orthodoks Bessarabia otonomdisubordinasikan dengan Gereja Orthodoks Rumania.

Kedua gereja tersebut mengklaim sebagai gereja nasional yangterdapat di Moldova. Selain Kristen, beberapa penduduk Moldova juga menganutagama lain seperti Protestan, Islam dan beberapa agama lainnya, bahkan ada yangtidak beragama dan ateis.

Kekayaan Alam Dan Sistem Ekonomi Negara Moldova

Bisa dikatakan jika sumber daya alam yang dimiliki olehnegara Moldova tergolong sedikit. Oleh karena itu, negara ini banyak mengimpordari negara terdekatnya yakni Rumania dan Ukraina.

Moldova juga menjadi salah satu negara termiskin di BenuaEropa, pendapatan negaranya hanya bergantung dari sektor pertanian dengan hasilpertanian berupa anggur, sayur mayur, buah-buahan, gandum dan tembakau.

Tidak hanya itu saja, sekitar 15% PDB Moldova berasal dariuang kiriman warga negara yang bekerja di luar Moldova seperti Rusia, Israel,serta beberapa negara Eropa lainnya.

Fakta Menarik Negara Moldova

  1. Negara Moldova mempunyai benteng abadpertengahan yakni benteng Romawi dan Orheuil Vechi, serta sebuah situsarkeologi yang berasal dari era Paleolitikum.
  2. Negara Moldova merupakan negara yang palingjarang dikunjungi oleh turis di Eropa. Setiap tahunnya negara ini hanyadikunjungi sekitar 100 ribu pengunjung saja.
  3. Selama kurang lebih tiga tahun, negara Moldovatidak memiliki presiden. Tepatnya pada tahun 2012 lalu, akhirnya negara inimenunjuk seorang hakim veteran bernama Nicole Tomofti sebagai seorang presidenuntuk memimpin Moldova.
  4. Hampir sebagian besar penduduknya dapatberbicara lebih dari 2 bahasa. Penduduk Moldova dapat berbicara bahasa Rumania,Moldova dan Rusia. Akan tetapi bahasa Moldova saat ini terancam punah.
  5. Hewan nasional Moldova yakni sapi besar atauauroch. Namun sapi tersebut sudah punah dan tetap diabadikan pada benderaMoldova dengan menampilkan kepala auroch pada perisai.
  6. Moldova terkenal sebagai produsen wine yangberkualitas dan telah menjadi warisan budaya selama turun temurun. Bahkan produsenbesar bernama Milesti Mici pernah terdaftar ke dalam Guinness Book of Recordsebagai pemilik tempat penyimpanan wine terpanjang di dunia yakni 200 km.
  7. Meskipun tidak dekat dengan laut, namun Moldovamempunyai pelabuhan bernama Pelabuhan Giurgiulesti. Pelabuhan ini berada diSungai Danube yang juga terhubung dengan Sungai Prut. Dari sungai inikapal-kapal akan membawa barang untuk terhubung dengan Laut Hitam.
fbWhatsappTwitterLinkedIn