Negara Spanyol: Karakteristik, Ekonomi Dan Faktanya

Negara Spanyol atau secara resmi disebut sebagai Kerajaan Spanyol adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Barat. Bersamaan dengan Negara Portugal, Spanyol berada di Semenanjung Iberia.

Karakteristik Negara Spanyol

Dapat dikatakan wilayah kekuasaan milik Spanyol cukup unik, sebab wilayahnya tersebar dari Kepulauan Balearic yang terdapat di Mediterania, Kepulauan Canary di Samudera Atlantik lepas pantai Afrika, serta terdapat dua kota otonom yang berada di Afrika Utara yakni Kota Ceuta dan Kota Melilla lokasinya berbatasan dengan negara Maroko.

Selain itu, terdapat pula Alboran, Kepulauan Chafarinas, Vélez da la Gomera, Alhucemas, dan pulau kecil di Perejil menjadi bagian dari wilayah kekuasaan Spanyol. Bahkan ada juga Kota Llívia yang merupakan eksklave Spanyol berada di wilayah negara Prancis.

Berada di antara garis lintang 36oLU – 43o48’ LU dan berada di garis bujur 31o5’ BT – 9o18’BB. Secara geografis negara Spanyol berbatasan dengan:

  • Sisi utara berbatasan dengan: Negara Prancis, Negara Adorra, Pegunungan Pirenia dan Samudera Atlantik.
  • Sisi timur berbatasan dengan: Laut Mediterania.
  • Sisi selatan berbatasan dengan: Selat Gibraltar, Negara Moroko dan Negara Algeria.
  • Sisi barat berbatasan dengan: Negara Portugal dan Samudera Atlantik.

Beribu kota di Madrid, negara Spanyol memiliki luas wilayah sekitar 502.922 km persegi, terdiri atas 50 provinsi dan 17 wilayah otonom di mana masing-masing wilayah mempunyai pemimpin tersendiri dengan masa jabatan bervariasi.

Negara Spanyol memiliki dua pegunungan yakni Pegunungan Pyrenia dan Pegunungan Sierra Nevada dengan titik tertingginya berada di Mulhacen (3.478 m). Tidak hanya itu saja, Spanyol juga dilewati oleh beberapa sungai antara lain Sungai Douro, Sungai Ebro, Sungai Guadiana, Sungai Tagus, dan Sungai Guadaqivir.

Kondisi iklim negara Spanyol cukup bervariasi. Untuk wilayah bagian utara dan barat laut mempunyai curah hujan yang tinggi dengan iklim monsoon sedangkan untuk wilayah selatan berubah menjadi iklim Laut Tengah atau Mediterania. Meskipun begitu, iklim Spanyol terbagi menjadi empat bagian yakni iklim mediterania, iklim pesisir utara, iklim daerah dalam, dan iklim canary.

Penduduk Negara Spanyol

Jumlah penduduk negara Spanyol sekitar 50 juta penduduk dengan sebagian besar penduduknya beragama Katolik Roma. Meskipun begitu, Spanyol tidak memiliki negara resmi, bahkan Konstitusi Spanyol di tahun 1978 telah menghapuskan Gereja Katolik Roma sebagai agama resminya.

Bahasa Spanyol merupakan bahasa yang paling banyak dituturkan oleh penduduk Spanyol. Adapula bahasa lainnya yakni bahasa Catalunya, bahasa Galicia, bahasa Basque, dan bahasa Aran.

Tidaknya penduduk asli Spanyol saja yang saat berada di negara ini, terdapat pula beberapa etnis lain yang menetap di Spanyol antara lain, etnis Rumania, Maroko, Ekuador, Inggris, Kolombia, Bolivia, Italia, RRT, Jerman dan Bulgaria.

Ekonomi Negara Spanyol

Negara Spanyol termasuk sebagai salah satu anggota Uni Eropa dan Kesatuan Ekonomi dan Moneter Uni Eropa terkuat di dunia. Pada tahun 2012 besarnya PDB negara Spanyol mencapai US$1,411triliun, maka tidak heran jika negara ini sangat maju dalam infrastruktur, pariwisata, dan transportasi.

Sektor pariwisata menjadi salah satu sumber pendapatan utama negara Spanyol. Hal ini disebabkan karena jumlah turis yang datang ke negara ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk Spanyol itu sendiri.

Tidak hanya itu saja, kegiatan ekspor dan impor juga menjadi andalan negara ini. Produk ekspor utama Spanyol berupa produk otomotif, farmasi, produk olahan makanan, mesin, besi dan baja, sayur-mayur, buah-buahan, dan tekstil. Sedangkan untuk kegiatan impor, negara Spanyol mengimpor barang berupa bahan kimia, mobil, dan bahan bakar mesin.

Kekayaan Alam Negara Spanyol

Kekayaan alam negara Spanyol cukup melimpah dengan sebagian besar merupakan hasil tambang berupa minyak bumi, batu bara, biji besi, tembaga, seng, timbal, merkuri dan biji uranium. Selain itu, hasil pertanian juga memiliki peran penting bagi negara ini dengan penghasilan utama berupa sayur-mayur, biji-bijian, dan buah-buahan.

Di bidang industri, Spanyol juga menghasilkan beragam produk seperti tekstil dan pakaian, olahan makanan dan minuman, bahan kimia, logam dan produk olahannya, mesin dan kapal.

Fakta Menarik Negara Spanyol

  1. Kota Madrid sebagai ibu kota negara Spanyol, mendapat nama tersebut dari bahasa Arab yakni “magerit” yang berarti tempat banyak sungai.
  2. Menurut sejarah, ada banyak bangsa yang pernah menempati wilayah Spanyol seperti bangsa Iberia, Phoenisia, Basque, Yunani, Romawi, dan Moor yakni bangsa muslim asal Afrika Utara.
  3. Bahasa Spanyol telah digunakan oleh lebih dari 22 negara di dunia.
  4. Negara Spanyol menjadi negara terbesar kedua di Eropa Barat serta menjadi negara terbesar kelima di Benua Eropa.
  5. Real Madrid merupakan klub bola paling popular di dunia dengan lebih dari 250 juta pendukung, tidak heran jika klub ini menjadi klub terkaya di dunia.
  6. Spanyol menjadi produsen minyak zaitun terbesar di dunia. Jumlah produsen minyak zaitun lebih dari dua kali lipat dari Italia dan empat kali lipat dari Yunani.
  7. Spanyol terkenal sebagai produsen bunga safron terbesar (sekitar 75%) dan menjadi bunga termahal di dunia.
fbWhatsappTwitterLinkedIn