Negara Rumania: Karakteristik, Ekonomi dan Faktanya

Salah satu negara yang berada di antara Eropa Tengah dan Eropa Tenggara, negara Rumania berada di urutan ke-9 sebagai negara dengan wilayah terluas di Benua Eropa serta jumlah penduduk terbesar ke-7 di Uni Eropa. Menurut sejarah, negara Rumania terbentuk dari penyatuan wilayah Moldavia dan Wallachia di tahun 1859.

Karakteristik Negara Rumania

Negara Rumania mempunyai ibu kota bernama Bukares yang juga menjadi kota terbesar, bahkan menjadi salah satu kota terbesar ke-6 di Uni Eropa. Luas negara Rumania mencapai 238.391  km persegi, berbatasan dengan negara:

Negara Rumania mempunyai sungai bernama Donau yang menjadi perbatasan alami negara ini dengan negara Serbia dan Bulgaria. Sungai Donau memiliki hulu di Laut Hitam dengan melewati negara ini sampai membentuk Delta Donau. Bahkan Delta Donau telah terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadi delta terbesar di benua Eropa.

Untuk landscape Rumania terdiri atas wilayah pegunungan, perbukitan, dan dataran rendah. Hampir sebagian besar wilayahnya merupakan Pegunungan Carpathia yang terletak di pusat negara ini, serta mempunyai 14 puncak dengan tinggi lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut.

Titik tertinggi negara ini berada di Puncak Moldoveanu dengan ketinggian mencapai 2.544 meter di atas permukaan laut, sedangkan untuk bagian selatan sebagian besar daratan berupa wilayah perbukitan.

Iklim di Rumania termasuk iklim transisi antara iklim sedang dengan iklim kontinental. Rata-rata suhu udara negara ini berkisar antara 11 derajat celcius untuk wilayah selatan dan 8 derajat celcius di wilayah utara.

Tidak jauh berbeda dengan negara-negara di benua Eropa lainnya, Rumania memiliki 4 musim setiap tahunnya yakni musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Musim panas akan terasa hangat hingga panas bahkan di kota Bukares rata-rata suhu udara dapat mencapai 28 derajat celcius.

Rata-rata curah hujan di Rumania cukup bervariasi di setiap daerah. Untuk wilayah pegunungan barat curah hujan dapat mencapai 750 mm per tahun, di wilayah selatan bagian tengah curah hujan mencapai 600 mm per tahun, sedangkan di Delta Donau curah hujan tergolong kecil yakni sekitar 370 mm per tahun.

Penduduk Negara Rumania

Di tahun 2019, jumlah populasi penduduk negara Rumania mencapai 19,41 juta jiwa, angkat tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan pada tahun 2011 yang mencapai 21.413.815 jiwa. Penduduk Rumania sebagian besar merupakan bangsa Rumania, namun ada juga etnis minoritas yang tinggal di negara ini seperti Hongaria dan Rom.

Untuk komunikasi, bahasa resmi negara ini menggunakan bahasa Rumania yang digunakan oleh sebagian besar penduduk Rumania. Selain itu ada pula bahasa minoritas lainnya yakni bahasa Hongaria dan Rom yang dituturkan oleh sekitar 6,7% dan 1,1% penduduk.

Sedangkan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan Prancis banyak digunakan di sekolah, dan sisanya menggunakan bahasa Jerman, Italia dan Spanyol. Sebelumnya bahasa Prancis menjadi bahasa asing utama di negara ini.

Rumania termasuk negara sekuler sehingga tidak mempunyai agama nasional. Meskipun begitu mayoritas penduduk Rumania menganut agama Gereja Orthodox Rumania. Sisanya menganut agama lain seperti Katolik Roma, Protestan, Pentakosta, Gereja Katolik-Yunani Rumania, Islam dan Yahudi.

Ekonomi Negara Rumania

Perekonomian negara Rumania termasuk ekonomi campuran dengan pendapatan tergolong menengah ke atas dan pertumbuhan yang cukup pesat di mana Indeks Pembangunan Manusia tinggi dan tenaga kerja terampil.

Ekonomi Rumania merupakan bagian dari pasar tunggal Uni Eropa serta mempunyai produk domestik bruto (PDB) terbesar ke-16 di Uni Eropa dan terbesar ke-13 menurut keseimbangan kemampuan berbelanja. Perekonomiannya mengalami pertumbuhan 6% di tahun 2017.

Kegiatan ekspor dan impor barang dan jasa menjadi andalan bagi negara ini. Dengan komoditas ekspor berupa alat dan perlengkapan mesin, logan, produk logam, produk pertanian, mineral, tekstil dan sepatu, dan bahan bakar. Sedangkan negara tujuan untuk ekspor antara lain Jerman, Italia, Prancis, Hongaria dan Kerajaan Inggris (Britania Raya).

Komoditas impor yang diterima oleh Rumania antara lain alat dan perlengkapan mesin, bahan kimia, mineral, mesin, bahan bakar, tekstil dan produk pertanian. Dengan negara asal impor utama yakni Jerman, Italia, Hongaria, Prancis, Polandia, Republik Rakyat Tiongkok, dan Belanda.

Kekayaan Alam Negara Rumania

Kekayaan alam milik Rumania meliputi tanah yang subur sehingga sangat cocok untuk melakukan usaha budidaya pertanian. Ada sekitar 25% khususnya yang berada di Pegunungan Carpathia dan Transylvania dipenuhi oleh hutan.

Minyak bumi juga menjadi sumber daya alam yang amat penting bagi negara Rumania bahkan di Eropa. Meskipun saat ini cadangan minyak bumi sudah sedikit, namun telah ditemukan sumber lain yang berada di Laut Hitam.

Sumber tambang lainnya yang juga menjadi andalan Rumania antara lain emas, perak, tembaga dan mineral banyak ditemukan tersebar di sekitar wilayah pegunungan. Sedangkan untuk garam, biji besi, dan batu bara telah ditambang untuk kegiatan komersial.

Di bidang pertanian, Rumania terkenal dengan hasil pertaniannya berupa jagung, gandum, biji-bijian, kentang hingga buah-buahan termasuk anggur yang dioleh untuk industri minuman. Peternakan Rumania juga menjadi andalan negara ini dengan mengusahankan hewan ternak yakni domba dan sapi.

Fakta Menarik Negara Rumania

  1. Nama Rumania berasal dari bahasa Latin yakni “Romanus” yang mempunyai arti warga Kekaisaran Romawi.
  2. Terdapat patung Raja Dasia Decebal yang diukir pada pinggir tebing sungai Danube. Patung ini termasuk patung tertinggi di Eropa yakni sekitar 135 kaki dan telah menjadi simbol dari sifat keras kepala, keberanian, dan kebanggan.
  3. Menurut sejarah, nenek moyang bangsa Romania merupakan bangsa Dacia yang terkenal sebagai para pejuang tangguh meskipun pernah kalah saat mengalahkan bangsa Romawi di bawah Trajan.
  4. Ditemukan fosil Homo sapiens paling awal pada tahun 2002 di barat daya Romania, tepatnya di Gua Bones. Diperkirakan fosil tersebut berusia 37.800 sampai dengan 42.000 tahun.
  5. Romania mempunyai sebuah wilayah bernama Transylvania yang artinya daratan di luar hutan. Untuk pertama kalinya nama Transylvania disebutkan pada dokumen Latin di abad pertengahan tahun 1075 sebagai Ultra Silvam.
fbWhatsappTwitterLinkedIn