Negara Ukraina: Karakteristik, Ekonomi Dan Kekayaan Alamnya

Ukraina merupakan sebuah negara yang berada di Eropa Timur dan berbatasan dengan negara Rusia. Negara Ukraina berbentuk negara republik dan menganut sistem pemerintahan semipresidensial dengan trias politica (legislatif, eksekutif dan yudikatif).

Karakteristik Negara Ukraina

Negara Ukraina mempunyai luas wilayah sekitar 603.628 km persegi, menjadikan negara ini sebagai salah satu negara terluas di benua Eropa dan berada di urutan ke-46 di dunia. Dengan ibu kota di Kiev, secara astronomis negara ini terletak di antara garis lintang 44oLU – 53oLU dan di antara garis bujur 22oBT – 41oBT.

Jika dilihat secara geografis, Ukraina berbatasan dengan beberapa negara antara lain:

Hampir sebagian besar daratan Ukraina merupakan plato dan stepa yang subur dengan dialiri oleh sungai-sungai besar seperti sungai Dnieper (sungai terpanjang ketiga di Eropa), sungai Donets, sungai Bug Selatan dan Sungai Dniester. Sungai-sungai tersebut mengalir ke selatan dan berakhir di Laut Hitam dan Laut Azov.

Pada bagian barat daya, terdapat delta Donau yang menjadi wilayah perbatasan dengan Rumania. Tidak hanya itu saja, Ukraina juga memiliki wilayah pegunungan yakni Carpathia di bagian barat dengan titik tertingginya berada di Hoverla (2.061 mdpl) dan juga pegunungan Krimea di Krimea yang berada di titik paling selatan sepanjang pantai.

Iklim di Ukraina termasuk ke dalam zona iklim sedang, kecuali di wilayah pesisir selatan Krimea yang masuk ke dalam zona iklim subtropis. Iklim negara ini sangat dipengaruhi oleh udara lembab dan sedikit hangat yang berasal dari Samudera Atlantik.

Rata-rata suhu udara tahunan Ukraina berkisar antara 5,5o – 7oC untuk wilayah utara dan 11o – 13oC di wilayah bagian selatan. Sedangkan curah hujan berbeda-beda untuk setiap daerah, dengan wilayah di bagian barat dan utara termasuk tinggi, untuk di bagian timur dan tenggara memiliki curah hujan terendah.

Khusus wilayah Pegunungan Carpathia, rata-rata curah hujan dapat mencapai 1.200 mm per tahun, sedangkan untuk wilayah pesisir Laut Hitam dan Krimea curah hujan mencapai 400 mm per tahun.

Penduduk Negara Ukraina

Jumlah populasi penduduk Ukraina sekitar 45,4 juta jiwa dengan mayoritas penduduk berasal dari etnis Ukraina asli dengan populasi terbanyak kedua yakni etnis Rusia. Meskipun begitu, ada pula kelompok etnis minoritas lainnya yang berasal dari:

  • Belarus
  • Moldova
  • Tatar Krimea
  • Bulgaria
  • Hongaria
  • Rumania
  • Polandia
  • Yahudi
  • Armenia
  • Yunani
  • Tatar
  • Sisanya berasal dari wilayah Asia (Kirgizstan, Kazakhstan).

Bahasa resmi penduduk Ukraina yakni bahasa Ukraina dan dituturkan sebagai bahasa sehari-hari, sedangkan dalam abjad menggunakan aksara sirilik. Untuk agama sebagian besar penduduk Ukraina memeluk agama Katolik Ortodoks dan dapat terlihat dari arsitektur, sastra dan musik di Ukraina.

Ekonomi Negara Ukraina

Perekonomian Ukraina tidak selalu dalam kondisi stabil setiap tahunnya, bahkan sempat mengalami hiperinflasi di tahun 1990-an. Namun mengalami pertumbuhan di tahun 2000 dan terus berlanjut hingga 8 tahun berikutnya.

Setelahnya perekonomian Ukraina mengalami penurunan mulai dari tahun 2013. Di tahun 2014 semakin turun akibat terjadi perang di Donbass yang menambah kekacauan ekonomi.

Meskipun begitu Ukraina terus berusaha untuk meningkatkan ekonominya dan hal tersebut terbukti dari meningkatnya pertumbuhan ekonomi  sebesar 1% di tahun 2016 berdasarkan catatan Bank Dunia.

Negara Ukraina mempunyai setidaknya 20 industri utama yakni pembangkit listrik, bahan bakar, kimia dan petrokimia, metalurgi (besi dan non besi), kayu, pulp dan kertas, material konstruksi, makanan dan lain sebagainya.

Kekayaan Alam Negara Ukraina

Kekayaan alam yang dimiliki Ukraina sangat melimpah terutama dari hasil tambang seperti biji besi, batu bara, minyak bumi, gas alam, mangan, garam, belerang, titanium, grafit, magnesium, kaolin, nikel dan lain sebagainya.

Hasil pertanian juga turut menyumbang pendapatan negara dengan hasil pertanian terbesar berupa minyak matahari, biji-bijian dan gula. Selain itu, Ukraina juga terkenal sebagai produsen madu terbesar di Eropa bahkan di dunia.

Fakta Menarik Negara Ukraina

  1. Ukraina memiliki arti yakni “daerah perbatasan”. Bahkan menurut para ahli bahasa, kata ukraina juga bisa mempunyai arti “tanah air” atau “wilayah/daerah”.
  2. Setidaknya terdapat 7 objek di Ukraina yang telah dilindungi oleh UNESCO dan telah terdaftar sebagai World Heritage Site antara lain Gedung Monastik di Kiev, Katedral Saint Sophia di Kiev, Struve Geodetic Arc, Ensembel Pusat Sejarah di Lviv, Primeval Beech Forest of The Carpathian, Gereja Kayu di Carpathian, Kota Tua Chersonese dan Choya di Sevastopol
  3. Negara ini tercatat pernah menjadi korban dari genosida terburuk dalam sejarah. Sekitar 10 juta penduduk Ukraina terbunuh akibat kekurangan makan di tahun 1932 – 1933. Oleh Uni Soviet peristiwa tersebut dianggap sebagai genosida dan terkenal dengan nama Holodomor.
  4. Pusat geografis untuk Benua Eropa berada di Ukraina, tepatnya berada di bagian barat Ukraina antara Uzhhorod dan Rakhiv. Di tempat tersebut dibangun sebuah situs sebagai Pusat Geografis Eropa dan telah dilaporkan pada Kongres Wina abad ke-19.
  5. Bencana nuklir yang terjadi di Chernobyl pada 26 April 1986 pada pembangkit tenaga nuklir Chernobyl, ledakannya melepaskan radioaktif ke udara dan air hingga menyebar ke sebagian besar USSR barat dan Eropa.
fbWhatsappTwitterLinkedIn