Negara Ingushetia: Karakteristik, Penduduk Dan Perekonomian

Terdapat sebuah negara yang masih menjadi bagian dari negara Rusia bernama negara Ingushetia atau Republik Ingushetia. Negara ini merupakan bagian dari Subjek Federal Rusia dan tergolong negara termiskin yang sedang mengalami konflik di Rusia.

Karakteristik Negara Ingushetia

Negara Ingushetia berada di bagian tengah sebelah utara wilayah Kaukasus Utara dan Dataran Chechnya. Tepatnya di sekitar lereng utara dari Pegunungan Kaukasus dan luas wilayahnya sekitar 3.000 km persegi.

Meskipun begitu ada beberapa sumber yang mengatakan jika luas wilayah negara Ingushetia sekitar 2.000 km persegi dan 3.600 km persegi. Perbedaan ini disebabkan karena penyertaan atau pengecualian dari Distrik Sunzhensky.

Negara Ingushetia yang beribu kota di Magas tersebut berbatasan dengan beberapa negara dan daerah seperti:

  • Sisi utara berbatasan dengan: Republik Ossetia Utara-Alania
  • Sisi timur berbatasan dengan: Negara Chechnya
  • Sisi tenggara berbatasan dengan: Negara Chechnya
  • Sisi selatan berbatasan dengan: Negara Georgia
  • Sisi barat daya berbatasan dengan: Negara Ossetia Utara-Alania
  • Sisi barat berbatasan dengan: Negara Ossetia Utara-Alania
  • Sisi barat laut berbatasan dengan: Negara Ossetia Utara-Alania

Hampir sebagian besar wilayahnya dikelilingi kawasan pegunungan dengan Pegunungan Kaukasus terletak di bagian selatan dan Tersky di bagian utara. Titik tertinggi berada di Gunung Shan yang mencapai 4.451 meter. Terdapat sebuah sungai bernama Sunzha yang membagi kedua pegunungan tersebut dan mengalir dari barat ke timur.

Iklim di negara Ingushetia berbeda-beda di setiap tempatnya. Maskipun begitu, negara ini termasuk ke dalam iklim benua atau kontinental. Saat musim dingin tiba, rata-rata suhu udara mencapai -3 derajat celcius, dan sekitar 22 derajat celcius ketika musim panas.

Penduduk Negara Ingushetia

Jumlah penduduk di Ingushetia diperkirakan mencapai 497.363 jiwa di tahun 2019. Mayoritas penduduknya adalah Suku Ingush yang merupakan salah suku asli di Kaukasus, diperkirakan etnik tersebut masih memiliki hubungan dengan Suku Chechen, bahkan dalam bahasanya pun masih mempunyai kesamaan.

Suku Ingush menyebut diri mereka sebagai Ghalghai yang berasal dari kata Ghala (benteng atau kota) dan ghai (penduduk atau warga negara). Dalam komunikasi sehari-hari, penduduk Ingushetia menggunakan bahasa Ingush. Terdapat pula kelompok etnik lain yang tinggal di negara ini seperti etnis Chechen, Rusia, dan kelompok etnis kecil lainnya.

Mayoritas penduduk Ingushetia menganut agama Islam dengan aliran Shafi’i Madhhab Sunni dan aliran Suni. Maskipun sebagian besar penduduknya beragam Islam, terdapat pula agama lain seperti Kristen, Atheis dan sisanya tidak terdata.

Kondisi Ekonomi Kekayaan Alam Negara Ingushetia

Sebagian besar perekonomian negara Ingushetia dipengaruhi oleh beragam aspek, mulai dari bidang industri, pertanian, perdagangan dan lain sebagainya. Meskipun sektor industri banyak berkembang di Ingushetia namun negara ini cukup ahli di bidang pertanian.

Sektor lain yang menyumbang PDB Ingushetia antara lain administrasi pemerintahan (lebih dari 25%), perdagangan (lebih dari 15%) dan di bidang konstruksi (15%). Sedangkan untuk sektor industri menyumbang sekitar 12% dan sekitar 7% dari pertanian.

Industri di bidang manufaktur menguasi hampir sebagian besar sektor industri dengan hasil produk berupa minyak, mineral non logam, pengolahan logam hingga produk jadinya, hingga pengolahan makanan.

Dari pertambangan negara ini juga menghasilkan minyak bumi, gas alam, batu kapur, dolomit, marl, sekis. Setidaknya terdapat 7 ladang tempat ditemukannya minyak dan gas di Ingushetia dengan mutu minyak dan gas yang sangat berkualitas. Minyak-minyak tersebut diangkut dari kawasan laut Kaspia ke bagian barat menggunakan pipa utama Baku-Novorossiysk melewati negara ini.

Negara Ingushetia memanfaatkan sungai-sungai yang banyak mengalir di negaranya untuk dijadikan sebagai sumber pembangkit tenaga listrik. Tidak heran jika sumber listrik di negara ini cukup melimpah dan hampir semua rumah tangga di Ingushetia mendapatkan listrik.

Kondisi alam Ingushetia sangat mendukung untuk kegiatan budidaya pertanian dan peternakan. Banyak lahan pertanian di negara ini ditanami tanaman pokok seperti kentang, gula bit, tanaman sereal (gandum dan jelai), bunga matahari, sayur mayur hingga buah-buahan.

Sedangkan di peternakan, negara Ingushetia melakukan budidaya hewan ternak seperti domba dan sapi untuk diambil susu dan dagingnya.

Fakta Menarik Negara Ingushetia

  1. Negara Ingushetia menjadi negara paling kecil di Federasi Rusia yang berada di utara Pegunungan Kaukasus.
  2. Sebelum beribu kota di Magas, ibu kota negara Ingushetia pernah berada di Nazran hingga akhirnya dipindahkan pada tahun 2002.
  3. Negara Ingushetia kaya akan keindahan alam dan sejarah kebudayaan yang dimiliknya. Namun Ingushetia termasuk sebagai negara termiskin dan sering mengalami konflik, sehingga mengunjungi negara ini tidak disarankan.
  4. Hak Asasi Manusia di negara ini termasuk buruk. Hal ini disebabkan karena negara ini penuh dengan korupsi, penculikan, hingga pembunuhan warga sipil oleh aparat keamanan pemerintah. Bahkan sering terjadi protes anti pemerintah yang berujung pada serangan terhadap tentara dan perwira.
  5. Maskipun memiliki etnis yang serupa, namun Ingushetia dan Chechnya mengalami konflik perebutan wilayah kekuasaan suatu wilayah.
fbWhatsappTwitterLinkedIn