Negara Belgia: Karakteristik, Ekonomi dan Kekayaan Alamnya

Negara Belgia adalah sebuah kerajaan federal yang berada di Eropa bagian barat (Eropa Barat). Berdasarkan sejarah, negara Belgia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Kerajaan Belanda. Bahkan negara ini juga sempat diduduki oleh negara Jerman pada saat Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Tidak hanya itu saja, negara Belgia menjadi salah satu negara yang mendirikan Organisasi Internasional Pertahanan (NATO) atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara pada tahun 1949. Bahkan kantor pusat NATO berada di kota Brussel yang menjadi ibu kota dari negara Belgia.

Karakteristik Negara Belgia

Negara Belgia atau Belgium merupakan negara yang berada di Benua Eropa dengan luas wilayah sekitar 30.528 km persegi. Jika dilihat secara astronomis negara ini terletak di antara garis lintang 49o 30 – 51o30 LU dan garis bujur 2o33 – 6o24 BT. Negara Belgia juga berbatasan dengan beberapa negara lain, yakni:

  • Sisi utara berbatasan dengan: Negara Belanda
  • Sisi timur berbatasan dengan: Negara Jerman
  • Sisi selatan berbatasan dengan: Negara Perancis dan Negara Luksemburg
  • Sisi barat berbatasan dengan: Laut Utara

Belgia berada di kawasan dataran rendah Eropa Besar atau dataran rendah Eropa Utara yang membentang dari Perancis hingga Rusia. Pada bagian selatan Belgia merupakan kawasan Pegunungan Ardennes dengan titik tertingginya berada di Botrange yang mencapai ketinggian 694 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, Belgia terbagi menjadi 3 area geografis penting, antara lain:

  • Dataran pantai di bagian barat laut.
  • Dataran tinggi di bagian tengah.
  • Dataran tinggi di Ardennes di bagian selatan-timur.

Negara ini mempunyai polder yang dapat ditemukan di dataran tepi laut. Polder adalah zona tanah yang berada dekat atau di bawah permukaan laut serta sudah direklamasi dari laut.

Iklim yang dimiliki oleh negara Belgia tergolong iklim sedang dan mempunyai 4 musim setiap tahunnya. Karena berada tidak jauh dari Laut Utara, saat musim panas tiba kawasan sekitar pantai akan terasa lebih dingin jika dibandingkan dengan kawasan di pedalaman. Dan sebaliknya, ketika musim dingin tiba, justru kawasan di sekitar pantai akan terasa lebih hangat dibandingkan dengan yang berada di pedalaman.

Suhu udara terendah biasanya terjadi pada bulan Januari (3 derajat celcius), sedangkan suhu tertinggi terjadi di bulan Juli dengan rata-rata mencapai 18 derajat celcius. Curah hujan di Belgia cukup bervariasi antara 54 mm sampai dengan 78 mm per tahunnya.

Penduduk Negara Belgia

Penduduk Belgia terdiri dari beberapa etnis dengan etnis Flanders atau Vlamingen adalah etnis terbesarnya (60%), disusul dengan etnis Walonia (Wallons) sekitar 35%, dan etnis Jerman (Deutschen) sekitar 1%. Meskipun begitu, terdapat beberapa etnis minoritas lainnya yang tinggal di Belgia seperti Italia, Arab, Turki, Potugis dan lain sebagainya.

Dalam berkomunikasi, penduduk Belgia memiliki 3 bahasa resmi yakni bahasa Belada, bahasa Perancis, dan bahasa Jerman. Meskipun begitu, terdapat beberapa bahasa tidak resmi yang banyak dituturkan oleh kelompok minoritas seperti bahasa Walloon, bahasa Lorrain, bahasa Champenois, bahasa Yiddish, bahasa Pickard, dan lain-lainnya.

Lebih dari setengah penduduk Belgia beragama Katolik Roma, dan sisanya memeluk agama Islam, Kristen, dan lain sebagainya. Di sini juga ditemukan penduduk penganut agnostik, atheis, ataupun bukan beragama lainnya.

Kondisi Perekonomian Dan Kekayaan Alam Negara Belgia

Negara Belgia menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar ke-37 di dunia. Besarnya PDB Belgia mencapai US$ 526,4 milyar atau pendapatan per kapita sekitar US$ 46.300. Sektor industri menjadi andalan bagi dalam menunjang perekonomian Belgia.

Industri ini bergerak di segala macam bidang, mulai dari produk logam, peralatan transportasi, perakitan motor, peralatan ilmiah, pengolahan makanan dan minuman, kimia, tekstil, farmasi, perminyakan dan gelas.

Selain industri, produk pertanian juga menyumbang pendapatan negara dengan hasil berupa biji-bijian, gula, sayuran segar, buah-buahan, tembakau, dan hasil peternakan (daging dan susu).

Sedangkan untuk kekayaan alam, Belgia hanya memiliki batu bara sebagai sumber daya alamnya. Untuk memenuhi kebutuhannya akan barang mentah atau barang setengah jadi, mereka akan melakukan impor dari negara-negara lain.

Meskipun begitu, Belgia tetap dapat bertahan sebagai negara maju dan terkenal akan produk ekspor mesin dan peralatan, berlian, produk logam dan juga makanan.

Fakta Unik Negara Belgia

  1. Tidak hanya menjadi markas bagi NATO, kota Brussels juga menjadi ibu kota bagi Uni Eropa (UE).
  2. Selain terkenal sebagai negara pengekspor mesin hingga peralatan transportasi, Belgia juga terkenal dengan coklatnya. Setiap tahun ada sekitar 220.000 ton coklat diproduksi oleh negara ini. Dan titik penjualan coklat terbesar di Belgia dan juga di dunia berada di National Airport di kota Brussels.
  3. Negara Belgia terkenal sebagai pusat penjualan berlian dunia. Tidak heran jika negara ini banyak ditemukan tempat pemolesan berlian. Bahkan Kota Antwerpen mendapat julukan sebagai ibu kota berlian dunia.
  4. Alat musik saxophone yang terkenal di dunia dan sering dimainkan pada musik jazz adalah hasil ciptaan dari Adolphe Sex yang merupakan orang Belgia.
  5. Kentang goreng atau dalam bahasa inggris French Fries bukanlah berasal dari Perancis. Kentang goreng berasal dari Belgia dengan penyebutan “Frites” atau “Patat met Mayo”.
fbWhatsappTwitterLinkedIn