Negara Jerman: Karakteristik, Ekonomi dan Fakta Uniknya

Siapa yang tidak mengenal negara yang mempunyai bendera berwarna hitam, merah, dan kuning ini. Negara Jerman atau negara yang memiliki nama resmi yakni Republik Federal Jerman adalah sebuah negara berbentuk federasi yang terletak di Eropa Barat.

Sejarah mencatat jika negara ini pernah terbagi menjadi dua yakni Jerman Barat dan Jerman Timur akibat Perang Dunia II di tahun 1949. Namun pemisahan tersebut berakhir dengan diruntuhkannya Tembok Berlin yang membuat Jerman Timur secara resmi bersatu dengan Jerman Barat pada 3 Oktober 1990 di mana tanggal tersebut dijadikan sebagai hari Nasional negara Jerman.

Karakteristik Negara Jerman

Negara Jerman beribu kota di Berlin, mempunyai luas wilayah sekitar 357.021 km persegi yang terdiri dari 349.223 km persegi wilayah daratan dan 7.798 km persegi untuk wilayah perairan. Dengan luas wilayah yang dimilikinya membuat negara ini berada diurutan ketujuh sebagai negara terluas di Benua Eropa dan ke-62 di dunia.

Selain itu, Jerman berlokasi di bagian tengah Eropa dan berbatasan langsung dengan 9 negara. Negara tersebut antara lain:

Negara yang secara astronomis berada di antara garis lintang 47o LU – 55o LU dan garis bujur 6o BT – 15o BT, merupakan negara yang memiliki bentuk topografi dataran tinggi di bagian selatan dan dataran rendah untuk bagian utaranya.

Titik tertingginya berada di Zugspitze yang mempunyai tinggi mencapai 2.962 meter di atas permukaan laut yang diketahui masih menjadi bagian dari Pegunungan Alpen sekaligun menjadi wilayah perbatasan dengan Austria.

Sedangkan untuk titik terendah terletak di Wilstermarsch atau Rawa Wilster yang berada pada -3,54 meter di bawah permukaan laut. Selain Pegunungan Alpen, Jerman juga memiliki pegunungan terkenal lainnya seperti Schwarzwald (Rimba Hitam), Erz, Rothaargebirge, Rhein, Rhoen, Pegunungan Harz, dan Thüringischer Wald.

Sungai-sungai di Jerman tergolong cukup besar sebab dapat dilewati oleh kapal berukuran sedang hingga ke bagian hulu. Sungai tersebut antara lain Sungai Rhein, Sungai Weser, Sungai Donau, Sungai Elbe dan Sungai Main.

Selain sungai, wilayah perairan lain yang dimiliki oleh Jerman yakni danau terluas di bagian selatan, Danau Konstanz dengan tiga pulau kecilnya, Danau Mueritz, dan Danau Chiemsee. Pantai di Jerman juga tidak kalah menarik sebab menghadap ke arah Laut Baltik di sisi timur dan juga Laut Utara di sisi barat.

Negara Jerman terbagi menjadi 16 negara bagian, antara lain:

  1. Schleswig-Holstein
  2. Mecklenburg-Vorpommern
  3. Brandenburg
  4. Sachsen-anhalt
  5. Niedersachsen
  6. Nordrhein-west falen
  7. Hessen
  8. Sachsen
  9. Saarland
  10. Thuringen
  11. Rheinland-pfalz
  12. Bavaria
  13. Bremen
  14. Berlin
  15. Baden-Wurttemberg
  16. Hamburg

Penduduk Negara Jerman

Penduduk Jerman sebagian besar berasal dari etnis Jerman itu sendiri, tidak heran jika negara Jerman dianggap sebagai negara-bangsa bagi orang Jerman. Rasa satu bangsa ini mulai tumbuh sekitar abad ke-19 akibat banyak pihak merasa jika penduduk Jerman terpacah belah akibat Perang Napoleon.

Selain etnik Jerman, terdapat pula etnik asli minoritas seperti etnik Denmark (di bagian utara), etnik Sorbia, etnik Kashubia, dan etnik Frisia (di barat laut). Sedangkan etnik pendatang minoritas yang dapat ditemukan di Jerman berasal dari Turki, kawasan Timur Tengah, Asia, Afrika dan lain sebagainya.

Jerman merupakan tempat kelahiran bagi Reformasi Gereja yang diprakasai oleh Martin Luther di awan abad ke-16. Saat ini agama para penganut agama Protestan ada sekitar 33% dengan wilayah paling banyak berada di utara dan timur. Disusul agama Katolik (33%) yang banyak ditemukan di selatan dan barat.

Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun penduduk Jerman ada juga yang memeluk agama Islam, Ortodoks, Gereja Kerasulan Baru, Saksi Yehuwa, dan sisanya mengaku tidak beragama.

Dalam kehidupan sehari-hari bahasa Jerman menjadi bahasa yang paling banyak dituturkan dan menjadi bahasa resmi di negara ini. Bahkan bahasa Jerman tidak hanya digunakan oleh negara Jerman saja, namun juga dituturkan oleh beberapa negara lain seperti Austria, Luksemburg, Swiss, dan Lichtenstein.

Kondisi Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Jerman

Jerman menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi terkuat di Eropa bahkan di dunia setelah Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, dan Jepang. Sektor andalan negara ini bersumber pada daya inovasi dan juga orientasi yang kuat pada kegiatan ekspor.

Tidak heran jika sektor industri memberikan pendapatan terbesar untuk negara ini terutama yang berasal dari industri mobil, industri kimia, peralatan kesehatan, hingga konstruksi mesin dan instalasi. Bahkan investasi Jerman dalam melakukan riset dan perkembangan mencapai 92 miliar Euro per tahun.

Selain memiliki perekonomian yang kuat, Jerman juga kaya akan sumber daya alam terutama sumber daya bahan bakar seperti batu bara, gas alam, lignit, dan uranium. Terdapat pula sumber daya mineral lainnya seperti biji besi, nikel, dan tembaga. Tanah yang subur dan kayu juga menjadi kekayaan alam lainnya yang dimiliki Jerman.

Fakta Unik Negara Jerman

  1. Ibu kotanya yang berada di Berlin mempunyai stasiun kereta api terbesar di Eropa. Diperkirakan luasnya sembilan kali lebih luas daripada stasiun kereta di Paris.
  2. Jerman juga pernah beberapa kali mengalami perpindahan ibu kota, mulai dari kota Aachen, Regensburg, Frankfurt-am-Main, Nuremberg, Berlin, Weimar, Bonn, dan terakhir Berlin.
  3. Negara Jerman menjadi pemimpin dalam kebijakan iklim dan energi. Bahkan negara ini telah memutuskan untuk menonaktifkan seluruh stasiun tenaga nuklir pada tahun 2022 dan menggantinya dengan energi terbarukan dan listrik yang lebih ramah lingkungan.
  4. Jerman mempunyai lebih dari 1.500 jenis bir yang berbeda. Bahkan terdapat festival bir terbesar di dunia yakni Oktoberfest yang diadakan di Munich, Bavaria.
  5. Negara Jerman tidak mempunyai batasan kecepatan saat berkendara. Meskipun begitu, pengemudi tetap dihimbau untuk selalu berhati-hati ketika berkendara di jalan raya sekalipun.
  6. Terdapat balap perahu yang terbuat dari buah labu. Buah labu yang digunakan tentu bukan sembarangan, sebab labu yang berukuran raksasa saja yang dapat diubah menjadi perahu.
fbWhatsappTwitterLinkedIn