Negara Swiss: Karakteristik, Penduduk, Fakta Menarik

Negara Swiss atau secara resmi memiliki nama Konfederasi Swiss dan dalam bahasa Latin yakni Confoederatio Helvetica merupakan salah satu negara yang berada di Eropa Tengah dan berbentuk negara federal berisi 26 kanton. Negara ini juga terkenal sebagai negara netral akan tetapi mempunyai kerja sama internasional yang amat kuat.

Julukannya sebagai negara netral tidak terlepas dari sejarah yang tidak memandang masa perang ataupun damai, sebab negara Swiss tidak pernah terlibat perang terhadap pemerintahan asing sejak tahun 1815. Bahkan organisasi internasional PBB menjadikan Swiss sebagai kantornya meskipun markas besar berada di New York.

Dan berikut karakteristik, penduduk, kondisi ekonomi serta fakta menarik dari negara Swiss. Mari disimak!

Karakteristik Negara Swiss

Negara yang mempunyai ibu kota di Berm ini, sebagian besar daratannya merupakan bagian dari Pegunungan Alpen yang memiliki luas sekitar 41.285 kilometer persegi. Secara astronomis negara Swiss berada di antara garis lintang 45o – 48o LU dan 5o –11o BT. negara Swiss berbatasan langsung dengan beberapa negara antara lain:

Negara ini terbagi menjadi tiga wilayah geografi, yakni Plato Swiss di bagian tengah, Alpen Swiss di bagian selatan, dan Pegunungan Jura yang terletak di sebelah barat. Sedangkan Pegunungan Alpen menjadi pegunungan tertinggi yang terbentang dari wilayah pusat hingga bagian selatan (sekitar 60%) negara ini.

Ada banyak gletser dengan luas wilayahnya mencapai 1.063 km persegi di antara lembah tinggi dari Pegunungan Alpen. Gletser ini menjadi hulu bagi beberapa sungai di Swiss seperti sungai Inn, sungai Rhine, sungi Ticino, dan sungai Rhône di mana sungai-sungai tersebut mengalir ke empat arah nata angin di Benua Eropa.

Swiss mempunyai lebih dari 1.500 danau dengan danau terbesar bernama Danau Jenewa yang terletak di Swiss barat bersamaan dengan Prancis. Sedangkan danau terbesar kedua bernama Danau Constance yang juga berbagi dengan negara Austria dan Jerman.

Gunung tertinggi di Swiss yakni Monte Rosa memiliki tinggi mencapai 4.634 meter di atas permukaan laut. Meskipun demikian gunung terkenal di negara ini yakni Matterhorn dengan tinggi mencapai 4.478 meter di atas permukaan laut. Kedua gunung ini berada di Pennine Alps, kanton Valais.

Iklim yang berada di Swiss termasuk ke dalam iklim sedang, namun ditemukan varian iklim di beberapa daerah. Saat musim panas tiba, suhu udara akan terasa hangat dan lembab. Terdapat fenomena cuaca yakni föhn yang terjadi setiap saat sepanjang tahun dan ditandai dengan kondisi angin tiba-tiba menjadi hangat, membawa udara yang relatif rendah ke bagian utara Pegunungan Alpen selama periode curah hujan di bagian selatan Alpen.

Penduduk Negara Swiss

Diperkirakan ada sekitar lebih 8 juta jiwa tinggal di negara Swiss di mana jumlah populasi semakin berkurang di kawasan selatan karena kondisi alam yang semakin tinggi (pegunungan).

Setidaknya terdapat empat bahasa resmi yang berlaku di negara ini yakni bahasa Jerman, bahasa Italia, bahasa Perancis, dan bahasa Romande. Adanya empat bahasa ini erat kaitannya dengan keberadaan 4 etnis utama yang tinggal di Swiss yakni Jerman, Perancis, Italia, dan Romande.

Kondisi Ekonomi dan Kekayaan Alam Negara Swiss

Untuk di bidang ekonomi, negara Swiss termasuk salah satu negara maju dengan sistem perekonomian modern serta tingkat pengangguran yang sangat rendah. Hal ini dapat terlihat dari adanya banyak tenaga kerja terdidik, kondisi ekonomi dan politik yang stabil, pajak perusahaan yang rendah, hingga industri manufaktur yang menggunakan teknologi tinggi.

Selain itu, negara ini mempunyai pendapatan domestik bruto mencapai US$496 miliar dengan besarnya pendapatan per kapita mencapai US$59.600. Perlu diketahui jika sektor utama perekonomian Swiss berasal dari sektor produksi.

Produk utama yang dihasilkan berupa mesin, obat-obatan, produk kimia, jam, tekstil yang menggunakan peralatan pengukuran presisi. Selain dari sektor produksi, sektor industri juga memiliki peran penting dalam pergerakan roda ekonomi di Swiss.

Industri ini banyak bergerak di bidang perbankan, asuransi, dan pariwisata. Bahkan negara ini adalah penghasil produk-produk dengan merk terkenal seperti Nestlé, Novartis, Glencore, ABB, Glencore, Hoffmann-La Roche, Grup Mercuria Energy dan Adecco, Zurich Financial Service, Barry Callebaut, Tetra Pak, The Swatch, Group, dan Swiss Re.

Fakta Menarik Negara Swiss

  1. Negara Swiss menjadi negara pertama di dunia dan satu-satunya yang menerapkan sistem pemerintahan demokrasi langsung. Hal ini terlihat dari keterlibatan inisiatif konstitusional dan referendum.
  2. Kota Jenewa yang berada di Swiss menjadi lokasi atau tempat dari berbagai badan internasional dunia seperti PBB, WHO, dan ILO. Bahkan kota ini menjadi kota terpadat kedua setelah Zurich. Pusat keuangan, pusat diplomasi, dan kota metropolis berada di Janewa.
  3. Air menjadi sumber daya alam yang jumlahnya sangat melimpah di Swiss. Hal ini disebabkan karena kondisi alamnya yang sebagian besar berupa pegunungan.
  4. Selama kedua Perang Dunia, Swiss tidak pernah mendapat serangan dari negara manapun. Justru saat Perang Dunia I, negara ini menjadi tempat tinggal bagi Vlademir Ilych Ulyanov (Lenin) yang tinggal di sana hingga tahun 1917.
  5. Kereta menjadi alat transportasi yang paling banyak dipilih oleh penduduk Swiss. Bahkan CEO dari perusahaan besar sekalipun tetap memilih transportasi ini. Jadwal kerata yang tepat waktu menjadi kelebihan dari kereta yang berada di Swiss.
  6. Terdapat kota tua yang tersembunyi di Swiss bernama Fribourg. Kota ini menjadi tempat tinggal bagi penduduk yang bertutur bahasa Prancis dan Jerman. Fribourg menjadi kota tertinggi di Swiss yakni berkisar 667 meter di atas permukaan laut.
  7. Kota Lucerne menjadi kota terindah di Swiss. Landmark yang paling terkenal di kota ini yakni Jembatan Kapel, sebuah jembatan kayu dekat Sungai Reuss yang dibuat pada abad ke-14, sempat dibangun kembali di tahun 1994 akibat kebakaran.
fbWhatsappTwitterLinkedIn