Negara Austria: Karakteristik, Penduduk, dan Fakta Menariknya

Negara Austria atau secara resmi bernama Republik Austria ini berada di Benua Eropa tepatnya Eropa Tengah termasuk negara yang tidak memiliki laut. Tidak heran jika negara Austria termasuk ke dalam kelompok negara pedalaman, sebab lokasinya berbatasan dengan beberapa negara.

Negara yang memiliki nama asli Österreich dalam bahasa Jerman yang berarti Kerajaan Timur, memiliki ibu kota di Wina yang merupakan pusat dari pemerintahan Austria sekaligus menjadi kota terbesar di negara ini. Dan berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai negara Austria.

Karakterisik Negara Austria

Negara Austria memiliki luas wilayah sekitar 83.879 km persegi, secara astronomis berada di antar garis lintang 46o – 49o LU dan juga garis bujur 9o – 18o BT. Tidak hanya itu saja, Austria adalah sebuah negara yang terkurung oleh daratan dan berbatasan dengan beberapa negara, antara lain:

Hampir sebagian besar wilayahnya terbentuk dari Pegunungan Alpen serta memiliki gunung tertinggi bernama Gunung Grossglockner (3.798 mdpl) dan Gunung Wildspitze (3.774 mdpl). Namun negara ini juga memiliki beragam bentang alam yang tersebar di seluruh bagian negara, seperti:

  • Sungai Thaya dan Masif Bohemia di utara.
  • Cekungan Pannonia di sisi timur.
  • Perbukitan Stiria dan Pegunungan Karawanken di selatan.
  • Danau Konstanz dan Sungai Rhein di bagian barat.

Selain itu, negara Austria adalah negara Federal yang terbagi menjadi 9 negara bagian yakni:

  1. Austria Hilir, beribu kota St. Pölten
  2. Austria Hulu, beribu kota Linz
  3. Burgenland, beribu kota Eisenstadt
  4. Kärnten, beribu kota Klagenfurt
  5. Salzburg, beribu kota Salzburg
  6. Steiermark, beribu kota Graz
  7. Tirol, beribu kota Innsbruck
  8. Vorarlberg, beribu kota Bregenz
  9. Wina, beribu kota Wina

Menurut sejarah, Austria sudah ada sejak tahun 976 (dahulu menjadi markgrafschaft atau zona perbatasan) dan baru memproklamirkan negaranya menjadi negara Republik pada tahun 1918 atau setelah terjadi Perang Dunia I. Pada tahun 1995, negara Austria bergabung dengan Uni Eropa dan resmi menggunakan mata uang Euro di tahun 1999.

Perekonomian Dan Kekayaan Alam Negara Austria

Negara Austria termasuk sebagai negara maju di Eropa dengan pendapatan per kapitanya cukup tinggi sekitar US$47.700. Hal ini tidak terlepas dari adanya tenaga kerja yang terampil dan terlatih dengan sangat baik, tidak heran jika mereka mempunyai standar hidup tinggi di tahun 2018 dan berada di peringkat ke-20 dunia berdasarkan pada Indeks Pembangunan Manusia.

Sektor industri adalah sektor yang memberikan pengaruh amat besar terhadap perekonomian di Austria. Sektor industri bergerak di berbagai bidang seperti mesin, baja, besi, makanan, otomotif beserta komponennya, kertas, peralatan komunikasi hingga pariwisata.

Austria mempunyai beberapa sumber daya alam terutama logam seperti bijih besi, tembaga, seng, antimon, tungsten, dan magnesit. Terdapat pula sumber daya alam berupa minyak bumi, batu bara, dan lignit. Sedangkan sumber daya alam lain yang juga dimiliki oleh Austria berupa hydropower, grafit, garam dan kayu.

Penduduk Negara Austria

Diperkirakan populasi yang berada di Austria ada sekitar 9 juta jiwa dan hampir sebagian besar penduduk negara Austria berasal dari etnis Jerman yakni berkisar antara 85% – 89%. Sedangkan sisanya merupakan etnis pendatang yang berasal dari negara-negara sekitar Austria terutama negara Blok Timur.

Bahasa Jerman menjadi bahasa resmi yang digunakan dalam pemerintahan maupun percakapan sehari-hari penduduk Austria. Meskipun menggunakan bahasa Jerman, penduduk Austria menggunakan dialek Austro-Bavaria dan Alemanik.

Di bidang agama, mayoritas penduduk Austria beragama Katolik Roma. Namun ada pula beberapa penduduk yang memeluk agama lain yakni Kristen Ortodoks, Islam, Protestan, Buddha dan Yahudi namun jumlahnya sedikit.

Fakta-Fakta Menarik Negara Austria

  1. Kematian di Austria menjadi suatu bisnis yang amat besar bahkan industri pemakaman menyumbang pendapatan terbesar di Austria. Orang-orang Austria sangat terbuka dalam merencanakan kematiannya, bahkan mendiskusikan pemesanan kuburan, desain batu nisan hingga bergabung menjadi anggota Sterbeverein (Asosiasi Kematian). Hal ini dilakukan agar seseorang secepatnya membayar tagihan kepada orang yang meninggal nantinya.
  2. Ferdinand Porsche adalah pendiri perusahaan mobil Porsche yang lahir di Mattersdorf, Austria. Dia terkenal sebagai desainer mobil sport Porsche 911 dan menjadi duta bagi perusahaannya. Salah satu mobil yang juga amat terkenal di dunia yakni Volkwagen (VW) adalah designnya atas petunjuk dari Adolf Hitler.
  3. Salah satu musisi terkenal dunia, Wolfgang Amadeus Mozart, lahir di Salzburg, Austria. Dia telah menyusun beberapa komposisi klasik yang abadi seperti Don Giovanni, The Marriage of Figaro, The Magic Flute dan lain sebagainya. Tidak heran jika musik Mozart akan banyak didengar di setiap tempat di Austria.
  4. Jika ingin memberi bunga, sebaiknya berilah dengan jumlah ganjil, kecuali berjumlah 12. Dan tidak diperbolehkan untuk memberi bunga anyelir, bunga chrysanthemum, dan lili.
  5. Penduduk Austria adalah penggemar bir. Mereka meminum bir di segala waktu bahkan saat makan siang sekalipun.
  6. Jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang berada di Eropa, ternyata jam kerja orang Austria adalah paling lama dengan rata-rata 45 jam per minggunya.
  7. Prostitusi yang ada di Austria dianggap legal, bahkan ada banyak rumah bordir di kota-kota. Di Wina terdapat sekolah seks yang di dalamnya terdapat laboratorium untuk mempraktekan pelajarannya.
fbWhatsappTwitterLinkedIn