Negara Luksemburg: Karakteristik – Kekayaan Alam – Ekonomi

Negara Luksemburg dalam Bahasa Indonesia atau bernama asli Luxembourg atau Grand Duchy of Luxembourg merupakan salah satu negara terkecil di dunia dan negara paling jarang penduduknya di antara negara Uni Eropa serta tidak memiliki garis pantai. Meski begitu negara ini adalah salah satu negara terkaya di dunia karena berbagai sektor yang berkembang terutama di benua Eropa.

Karakteristik Negara Luksemburg

Luksemburg menjadi negara merdeka ke-167 dari 194 negara merdeka di dunia dan menjadi salah satu dari enam negara pendiri Masyarakat Ekonomi Eropa atau yang sekarang kita kenal dengan nama Uni Eropa. Beribukotakan di kota Luxembourg, negara yang memiliki kode telepon +352 memiliki luas negara 2.586 kilometer persegi atau hampir sama dengan luas kota Palangkaraya.

Secara letak geografisnya negara Luksemburg berbatasan dengan:

  • Bagian timur: Negara Belgia
  • Bagian barat: Negara Jerman
  • Bagian selatan: Negara Perancis

Selain Luxembourg sebagai ibukotanya, kota besar lainnya ada Esch-sur-Alzette, Dudelange, dan Differdange.

Bentang alamnya didominasi oleh hutan hijau, gunung dan bukit yang rendah. Kneiff yang merupakan bukit di barisan bukit Troisvierges, yang berada di utara Luksemburg dan berbatasan dengan Belgia serta Jerman adalah dataran paling tinggi disana, dengan ketinggian 560 meter. Luksemburg memiliki iklim laut yaitu iklim yang dipengaruhi oleh permukaan air yang luas, memiliki sifat relatif berawan, basah, banyak hujan, dan temperatur harian serta tahunan yang sedang atau sejuk jarang mencapai 35⁰.

Penduduk Negara Luksemburg

Jumlah penduduk Luksemburg menurut data Januari 2019 sekitar 613.894 jiwa dengan sekitar 46% penduduk yang tinggal berkewarganegaraan luar Luksemburg. Penduduk terbanyak yang tinggal dan bekerja disana berasal dari Portugal, Perancis, Italia dan negara tetangga lainnya 

Dengan luas negaranya dan populasi penduduk yang tidak begitu banyak, pemukiman warga tidak ada yang saling berdekatan, mereka bisa memiliki halaman yang luas. Selain itu, karena sepertiga dari negaranya didominasi oleh hutan hijau, harapan hidup penduduk di sini cukup tinggi yaitu 75 tahun untuk pria dan 81 tahun untuk wanita mayoritas penduduk tinggal di selatan yang berbatasan dengan Perancis.

Mayoritas agama yang dianut adalah Kristen, namun negaranya tidak membatasi penduduknya untuk memeluk agama selain Kristen, mereka mengakui berbagai agama lainnya. Pendidikan di Luksemburg menerapkan sistem trilingual sejak sekolah dasar. Bahasa utamanya adalah Jerman, Perancis dan Luksemburg. Namun selain Bahasa tersebut mayoritas penduduknya dapat berbahasa Inggris juga.

Bentuk negaranya adalah Monarki Konstitusional dengan sistem pemerintahan demokrasi parlementer. Kekuasaan eksekutif diselenggarakan oleh Haryapatih atau adipati agung (Grand Duke) dan kepala pemerintahnya adalah Perdana Menteri.

Kondisi Ekonomi dan Kekayaan Alam Negara Luksemburg

Negara yang menggunakan Euro sebagai mata uang resminya, menurut IMF dinobatkan sebagai negara terkaya kedua di dunia setelah Qatar dengan PDB per kapita atas dasar daya beli penduduknya sebesar $80.119. Angka tersebut menjadikan warga Luksemburg sebagai warga terkaya di Uni Eropa sehingga UMR warganya bisa mencapai sekitar 30 juta Rupiah per bulan. Sumber kekayaan Negara Luksemburg didapatkan dari sektor industri baja, perbankan dan pertanian serta perkebunan.

Sumber kekayaan Luksemburg di dapat dari industri besi dan baja, 90% dari perdagangan ekspor didominasi oleh produksi besi dan baja. Namun tidak hanya 2 produk tersebut, ada industri plastik, metal dan kimia. Selain itu ada sektor perbankan dan jasa finansial yang terkenal diseluruh dunia, terdapat hampir 150 bank di Luksemburg yang data nasabahnya mendapat jaminan rahasia dari pemerintah Luksemburg.

Untuk sektor perkebunan dan pertanian, Luksemburg mengekspor produksi minuman anggur, barley, oat, kentang, gandum, buah, produk susu, dan produk daging.

Fakta-Fakta Negara Luksemburg

  1. Luksemburg adalah salah satu negara teraman di dunia sama seperti di Selandia Baru. Menurut survei yang dilakukan oleh PBB, kemungkinan tertembak di negara ini kecil dibandingkan dengan negara lain. Hanya ada sekitar 1.300 orang bekerja sebagai pihak berwajib dan 2 penjara di Luksemburg.
  2. Di Ibukota Luxembourg terdapat restoran Chiggeri yaitu restoran dengan koleksi wine terbanyak di dunia, dengan jumlah lebih dari 2.200 wine yang berbeda-beda.
  3. Satu-satunya negara yang masih menganut sistem Grand Duchy atau negara yang masih dipimpin oleh adipati agung. Setelah kekalahan Napoleon pada tahun 1815, Kongres Wina membuat Luksemburg menjadi Grand Duchy, negara bagian atau wilayah yang diperintah oleh adipati atau adipati agung.
  4. Di Luksemburg terdapat terowongan bawah tanah sepanjang 17 km yang dibentuk dengan menggali struktur bawah tanah yang mayoritas adalah bebatuan tepat di bawah kota Luxembourg. Awalnya dibangun sebagai bagian dari pertahan kota yang menyambungkan penjara Bock dan Pétrusse. Dibangun pada 1644 dan diperbesar setelah 40 tahun kemudian dan dilanjutkan di abad ke-18. Beberapa bagian terowongan mencapai kedalaman 40 m. terowongan ini digunakan sebagai tempat perlindungan bagi 35.00 orang dari serangan udara selama Perang Dunia Kedua. Saat ini diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan terbuka untuk umum.
  5. Secara keseluruhan, Kota Luxembourg adalah Situs Warisan Dunia UNESCO karena bentengnya yang bersejarah dan didominasi oleh bangunan-bangunan yang sudah tua. Kita bisa melihat konstruksi dan bangunan tua yang sudah ada sejak abad ke-16. Mulai dari gebang benteng, bentengnya, tata ruang pada Kawasan kota tua dan bangunan publik yang masih asli dari abad tersebut.
  6. Orang yang memiliki kekuasaan paling terkuat di Uni Eropa berasal dari Negara Luksemburg yaitu Jean-Claude Junker sebagai Presiden Komisi Eropa.
  7. Berdasarkan perjanjian Schengen yang mengizinkan orang Eropa untuk bepergian dengan bebas melintasi perbatasan Eropa ditandatangani di Luxembourg. Perjanjian itu ditandatangani pada tahun 1985 dan 1990 di desa kecil di Schengen tepatnya di Moselle yaitu Kawasan penghasil anggur di Luksemburg.
  8. Luksemburg adalah negara yang memiliki berbagai kastil yang cantik dan megah, beberapa diantaranya sudah dipulihkan seperti sebelumnya dan sangat layak untuk dikunjungi.