Negara Qatar: Karakteristik – Kekayaan Alam Dan Ekonominya

Negara Qatar berada di kawasan Asia Barat yang menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional dan monarki absolut, dipimpin oleh keluarga Al Thani. Negara ini juga dikenal sebagai negara terkaya di dunia, tidak heran jika acara terbesar di dunia yakni Piala Dunia FIFA 2022 untuk pertama kalinya akan diselenggarakan di Qatar.

Meskipun begitu, negara Qatar menjadi musuh bagi beberapanegara di kawasan Timur Tengah. Di tahun 2017, negara Bahrain, Arab Saudi,Mesir dan Uni Emirat Arab melakukan pemutusan diplomatik dengan Qatar sertamenganggap negara tersebut sebagai negara teroris, hingga berakibat munculnyakrisis diplomatik Qatar 2017.

Karakteristik Negara Qatar

Negara Qatar terletak 169 km dari Semenanjung Arab mempunyailuas wilayah mencapai 11.437 km persegi. Beribu kota di Doha yang juga menjadikota paling penting dan paling besar di Qatarr. Meskipun begitu Qatar jugamemiliki kota penting lainnya yakni:

  • Al-Khor
  • Messaied
  • Madinat Al-Shamal
  • Ras Laffan
  • Dukhan
  • Ab Samra

Hampir sebagian besar wilayah Qatar berupa batuan dengantitik tertinggi mencapai 103 km. Ada pula beberapa bukit pasir yang dapatditemukan di sisi barat dan utara Qatar dengan tinggi rata-rata mencapai 40 mdi atas permukaan laut.

Secara astronomis negara Qatar berada di antara 24,27oLU– 26,10oLU dan berada pada 50,45oBT – 51,40oBT.Tidak hanya itu saja, Qatar juga berbatasan dengan:

Tidak heran jika iklim di Qatar tidak jauh berbeda dengan negara-negara lain yang berada di kawasan Asia Barat seperti negara Yaman, negara Kuwait dan negara Oman, yakni beriklim tropis yang panas dan mempunyai 2 musim yaitu musim panas dan musim dingin.

  • Musim panas: bulan Juni – September
  • Musim dingin: bulan Oktober – Mei

Hujan hanya akan turun saat musim dingin tiba, meskipun begitucurah hujan di negara ini hanya sekitar 100 mm per tahun. Perubahan suhu dikedua musim cukup ekstrim, saat musim dingin suhu udara dapat mencapai 7derajat celcius di bulan Januari, dan berubah menjadi 45 derajat celcius saatmusim panas tiba.

Penduduk Negara Qatar

Jumlah penduduk di Qatar tidak sama setiap tahunnya, sebabpopulasinya tergantung dari imigran asing yang datang ke negara ini. Tercatatpada tahun 2017 saja, jumlah polulasi di Qatar mencapai 2,6 juta dan hanyasekitar 300 ribu merupakan warga Qatar, sisanya adalah para ekspatriat.

Penduduk asing yang datang ke Qatar berasal dari beberapanegara di kawasan Asia, seperti:

Mayoritas penduduk Qatar beragama Islam yang juga menjadiagama resmi negara ini dengan aliran Islam Sunni adalah yang terbanyak, sisanyamerupakan Islam Syiah. Selain agama Islam, negara lain yang terdapat di Qatarantara lain Kristen, Hindu, Buddha dan lain sebagainya.

Bahasa Arab adalah bahasa resmi negara Qatar dengan dialekArab Qatar. Selain itu, bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua,terutama untuk kegiatan komersil dan komunikasi dengan orang asing.

Kekayaan Alam dan Ekonomi Negara Qatar

Jauh sebelum Qatar mengandalkan sumber daya alam minyakbuminya, negara ini sangat bergantung pada sektor perikanan dan mutiara. Hinggaakhirnya industri mutiara jatuh setelah negara Jepang mengambil alih pasarmutiara di tahun 1920 – 1930 dan membuat perekonomian Qatar menurun.

Namun perekonomian Qatar menjadi membaik setelahditemukannya sumber minyak bumi di Dukhan pada tahun 1940, dengan cadangan minyakbumi yang dimiliki oleh Qatar diperkirakan ada sekitar 15 milyar barel. Hinggakini negara Qatar memperolah pemasukan dari hasil ekspor minyak bumi dan gassebagai pendapatan utama.

Meskipun Qatar tetap mengandalkan minyak bumi dan gas alamyang dimilikinya, negara ini mulai mencari pemasukan lain dengan mengembangkanteknologi dan ilmu pengetahuan di tahun 2004 yakni Qatar Science $ TechnologyPark. Pembangunan tempat tersebut bertujuan untuk menarik serta melayanibermacam usaha berbasis teknologi yang berasal dari dalam negeri maupun luarnegeri.

Pada tahun 2016, PDB per kapita negera Qatar berada diurutan ke-4 tertinggi di dunia. Negara ini sangat mengandalkan minyak bumi,bahkan tidak menerapkan pajak apapun, namun pemerintah berencana memberikanpajak pada makanan siap saji dan barang mewah.

Fakta Negara Qatar

  1. Negara Qatar memiliki pulau buatan mewah bernama The Pearl berbentuk untaian anggur. Hanya di pulau ini warga negara asing dapat membeli real estate di Qatar.
  2. Harga bahan bakar minyak jauh lebih murah dibandingkan dengan 2 cangkir kopi.
  3. Acara motor balap terbesar di dunia, MotoGP selalu diadakan di Qatar setiap tahunnya, tepatnya di sirkuit Internasional Losail.
  4. Teh karak adalah minuman populer di Qatar dan menjadi minuman yang paling banyak di cari oleh penduduk lokal maupun pendatang.
  5. Qatar Airways adalah maskapai penerbangan terbaik di dunia yang dimiliki oleh Qatar.
  6. Qatar menjadi salah satu negara di dunia dengan tingkat obesitas tertinggi, bahkan berada di atas Amerika. Separuh orang dewasa dan sepertiga anak-anak mengalami obesitas.
  7. Memakai pakaian modis di Doha artinya menghormati tradisi dan budaya lokal. Tidak heran jika pakaian wanita dan pria harus menutupi lutut. Khusus untuk wanita lengan juga harus ditutupi.
fbWhatsappTwitterLinkedIn